x

Liga Inggris: Tak Tahan Digantung, Erik ten Hag Pilih Menjauh dari Manchester United

Selasa, 29 Maret 2022 12:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Erik ten Hag kabarnya kecewa dengan lamanya pengambilan keputusan Manchester United untuk menunjuknya sebagai bos baru dan bisa pergi ke klub Liga Inggris lain.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Manchester United, kabarnya terancam kehilangan Erik ten Hag yang merupakan salah satu kandidat terdepan untuk menjadi manajer tetap mereka musim depan.

Lambannya pengambilan keputusan dari sang raksasa Liga Inggris membuat juru taktik asal Belanda tersebut mungkin kini lebih tertarik pada klub lain.

Baca Juga

Jurnalis lepas Inggris, Jonathan Shrager, mengumumkan jika United tidak sendirian dalam perburuan tanda tangan Ten Hag.

Sukses pria berkepala plontos tersebut bersama Ajax Amsterdam selama kurang lebih lima tahun terakhir membuatnya amat wajar jika punya banyak peminat.

Bocoran dari Shrager menyatakan jika ada masing-masing satu klub asal Inggris, selain United, dan Jerman yang kini mengejar Ten Hag.

Baca Juga

Belum ada laporan lanjutan mengenai rumor ini namun sebagian percaya jika kedua kesebelasan tersebut adalah Leicester City dan Borussia Dortmund.

Usai melakukan wawancara beberapa waktu lalu, United memang merasa cocok dengan Ten Hag yang menjanjikan akan membawa identitas kuat ke Old Trafford.

Hanya saja The Red Devils juga butuh untuk menemui calon-calon lain seperti Mauricio Pochettino, Luis Enrique, ataupun Julen Lopetegui.

Baca Juga

Pochettino diberitakan sudah ditemui oleh perwakilan Man United namun belum ada bocoran apapun soal kontak ini.

Sementara itu, wawancara bersama Enrique sudah dijadwalkan. United memang kurang berkenan padanya karena ia masih punya tanggung jawab bersama Timnas Spanyol setidaknya hingga Desember nanti namun seleksi pada eks bos Barcelona tersebut tetap akan dilakoni.


1. Diingatkan Keras oleh Van Gaal

Louis Van Gaal, mantan pelatih Manchester United

Sebenarnya bukan lamanya pengambilan keputusan Manchester United saja yang saat ini bisa membuat Erik ten Hag batal mendarat ke kota pelabuhan.

Salah satu mantan manajer Setan Merah yang juga berasal dari Belanda, Louis van Gaal, rupanya tidak berkenan melihat sang junior terjun ke Liga Inggris dengan mengikuti jejaknya.

Baca Juga

Van Gaal tidak ingin melihat Ten Hag yang punya bakat justru mengotori CV-nya dengan menangani United.

Bagi Van Gaal, United memang klub besar namun tidak dijalankan oleh manajemen yang bagus. Para petinggi klub terlalu banyak memikirkan uang ketimbang prestasi.

"Manchester United adalah klub komersil yang mana itu membuat pelatih manapun kesulitan. Dia (Ten Hag) sebaiknya pergi melatih di klub sepak bola," ujar Van Gaal pada Senin (28/03/22).

Baca Juga

Bukan kali ini saja Van Gaal menyindir cara United bekerja di balik layar. Bahkan di awal kedatangannya pun di Manchester, sosok yang kini menjadi nakhoda Timnas Belanda itu juga sudah melontarkan komentar pedas.

"Klub ini adalah klub terbesar di dunia. Hanya dalam dua hari, aku juga langsung tahu betapa besarnya Manchester United dan tahu betapa pentingnya sponsor di sini," cetus Van Gaal pada 2014 silam.

Van Gaal memang berhak kecewa pada United yang memecatnya pada 2016 meski baru saja menghantarkan timnya memutus puasa gelar Piala FA yang berlangsung selama satu dekade.

Baca Juga

Padahal jika diizinkan untuk menjalani sisa masa kontraknya, Van Gaal mungkin bisa membawakan trofi yang lebih besar lagi. Liga Inggris misalnya.

Mendengar komentar dari Louis van Gaal yang sangat berpengaruh di sepak bola Belanda, Erik ten Hag mungkin saat ini benar-benar berpikir untuk menolak Manchester United.


2. Ten Hag Ingin Punya Asisten Belanda di Man United

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag. Foto: REUTERS/Pedro Nunes

Erik ten Hag dilaporkan sudah punya gambaran seperti apa revolusi yang akan ia galakkan jika jadi manajer baru Manchester United musim depan.

Salah satu kunci sukses yang ia butuhkan adalah satu asisten pelatih yang berasal dari negara yang sama dengannya, Belanda, tapi punya bekal pengalaman di Old Trafford agar adaptasinya dengan Liga Inggris lebih cepat tuntas.

Laporan ini datang dari The Times pada Kamis (24/03/22). Kontan saja sejumlah spekulasi soal siapa nanti yang akan jadi pemandu Ten Hag di United pun merebak.

Jika mau asisten dengan pengalaman melatih yang sudah cukup panjang, maka Ten Hag mungkin akan terpaku ke dua nama. Yang pertama adalah Rene Meulensteen.

Ia adalah mantan asisten terakhir Sir Alex Ferguson sebelum pensiun pada 2013 lalu.

Baca selengkapnya: Termasuk Legenda AC Milan, Ini Daftar Calon Asisten Ten Hag di Manchester United

Manchester UnitedLouis van GaalLiga InggrisBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini