x

Pengakuan Wonderkid Persija Saat Ikut TC Timnas U-19 di Korea Selatan

Selasa, 29 Maret 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pemain muda Persija Jakarta, Alfriyanto Nico, mengaku belum menampilkan permainan terbaik dalam laga uji coba bersama timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan Korea Selatan.

Meski berkontribusi membantu timnas U-19 meraih kemenangan atas Daegu Unversity, Nico belum puas. Masih ada banyak kekurangan yang harus ia perbaiki.

Baca Juga

“Di laga kemarin (vs Daegu University), saya belum merasa puas. Masih banyak kekurangan sehingga harus lebih kerja keras lagi,” ucap Nico.

Pemain berusia 18 tahun itu mengaku harus lebih tenang dan rajin berkomunikasi dengan rekan yang lain di timnas Indonesia U-19 agar semakin kompak.

Baca Juga

Apalagi, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, juga mengatakan organisasi permainan skuat Merah Putih belum sesuai yang diharapkan.

"Hal yang harus diperbaiki dari saya adalah harus lebih tenang, lebih banyak berkomunikasi dan selalu melihat situasi terlebih dulu sebelum mengambil keputusan di lapangan," ujar Alfriyanto Nico.

Baca Juga

Terkait adaptasi dengan skema permainan yang diterapkan di timnas U-19, Nico merasa tak ada hambatan. Dia sudah hafal keinginan Shin Tae-yong karena sudah dipanggil beberapa kali, bahkan di era Elkan Baggott dkk.

“Kesulitan tidak ada karena coach (Shin Tae-yong) selalu memberikan arahan cara bermain dan formasi bukan hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan,” tutur Nico.


1. Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Korsel

TC Timnas U-19 di Korea Selatan. Foto: PSSI

Selain Nico, Persija juga mengirimkan enam pemain lain ke timnas U-19. Mereka adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Radzky Syawal Ginting, Raka Cahyana Rizky, Razzaa Fachrezi Aziz, dan Resa Aditya Nugraha.

Sebenarnya masih ada satu nama yakni Syukran Arabia Samual. Tapi, dia belum bisa berangkat ke Korea Selatan akibat visa yang belum rampung.

Baca Juga

Sementara itu, timnas Indonesia U-19 sudah melakoni tiga laga uji coba. Hasilnya, skuad Garuda Nusantara dua kali kalah dan sekali menang.

Tim Merah Putih kalah dari Universitas Yeungnam 1-5, lalu kalah 0-7 dari Korea Selatan U-19 dan terakhir menang 2-1 atas Universita Daegu.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan dengan tujuan meningkatkan kekuatan fisik dan mental pemain. Pasalnya, tim ini akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. 


2. Shin Tae-yong Semprot Pemain Timnas U-19

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Pelatih Shin Tae-yong baru-baru ini menyoroti ukuran sepatu pemain timnas Indonesia U-19 yang dinilai kebesaran. Dia merasa kecewa

Timnas Indonesia U-19 diketahui sedang menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan pada 13 Maret hingga 24 April mendatang. Agenda ini sebagai bentuk persiapan mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Selama melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, Shin Tae-yong selaku pelatih sangat memperhatikan hal-hal detail tentang pemain.

Baca Juga

Bahkan dia sampai memperhatikan hingga ukuran sepatu yang digunakan para anak asuhnya. Shin Tae-yong merasa ukurannya kebesaran.

Baca Selengkapnya

Persija JakartaKorea SelatanTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongAlfriyanto Nico Saputro

Berita Terkini