x

Super Agen Muly Munial: Siapa yang Siap Main di Real Madrid, Kita Berangkat!

Selasa, 29 Maret 2022 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Agen evan Dimas Muly Munial bersama Presiden Arema. Foto: Dokumen Muly Munial

INDOSPORT.COM - Super agen Muly Munial, menantang pesepak bola di Tanah Air. Siapa yang siap bermain di Real Madrid, maka Muly akan membantunya ke Spanyol.

Sebagaimana diketahui, Muly Munial adalah salah satu agen pemain sepak bola yang cukup punya nama di Tanah Air. Ia juga founder dari Munial Sport Group (MSG).

Baca Juga

Profesi ini cukup jarang ditekuni, padahal seorang agen sepak bola memiliki peran sangat penting dalam industri olahraga.

"Seorang agen tugasnya ialah membimbing karier pemain, bagaimana membuat kontrak yang tepat, mencari klub yang tepat," jelas Muly Munial dalam Youtube Capt Hamka.

"Tapi karena situasi sepak bola di Indonesia belum kondusif, saya juga menyediakan training, ada yang saya bantu soal nutrisi, kadang soal sepatu aja mereka ini susah," cetusnya.

Baca Juga

Dalam skala besar, seorang agen seperti Muly Munial juga membantu pemain bola untuk melebarkan sayap ke luar negeri.

Sayangnya, banyak yang meremehkan pemain Indonesia untuk bisa berkarier di tim luar negeri. Bahkan, sebagian besar menolak untuk ikut trial terlebih dahulu.

"Kalau bisa, saya beri tantangan ke pemain, kalau mereka sanggup, saya akan bawa mereka ke luar negeri, trial dulu," ucap Muly Munial pada pesepak bola senior Hamka Hamzah.

Baca Juga

"Kadang ada yang komentar, kenapa trial terus. Saya jawab, memang kita ini siapa, pemain luar negeri aja pasti trial dulu main di negara mereka sendiri," ungkap Muly.

"Mereka nggak sadar orang-orang Korea Selatan sendiri di sana banyak yang ikut trial juga, kenapa kita merasa kalau diri kita harus dipanggil," jelas pria berkacamata itu.


1. Upaya Membawa Pemain Indonesia ke Luar Negeri

Press Conference prematch Arema FC vs Rans Cilegon FC.

Sebagai seorang agen yang menaungi banyak pesepak bola Indonesia, Muly Munial mengaku sudah berupaya untuk mengirim pemain Indonesia ke luar negeri.

Sayangnya, ada beberapa kasus di mana pemain tidak sepakat dengan nilai kontrak yang ditawarkan, dan ada pula pemain yang gagal ketika ia mengikuti seleksi di timnya.

Baca Juga

"Jujur, dilemanya, saya pernah bawa Andik Vermansyah ke Jepang, ke Amerika. Hanif Sjahbandi pernah saya bawa ke Jepang."

"Hanif saya bawa ke Jepang, tapi ke Liga tujuhnya. Tapi jangan anggap remeh, dia sudah suka sama Hanif, tapi liga saat itu sangat kompetitif, Hanif nggak diterima."

Namun, perjuangan tidak putus sampai di sana. Menurut Muly Munial, seorang agen harus memiliki banyak relasi, termasuk ia yang punya koneksi hingga ke Real Madrid.

Baca Juga

"Saya bilang ke anak-anak, kalau kamu mampu main di Real Madrid, minggu depan kita berangkat. CEO-nya Manchester City itu juga teman saya," ujar Muly blak-blakan.

Namun, relasi antar agen sepak bola juga tak selamanya mulus. Muly Munial sendiri mengaku pernah berselisih dengan agen asal Thailand karena suatu perbedaan.

"Saya pernah berantem sama agen dari Thailand, waktu itu pemain saya ditawar dengan harga sangat minimalis," jelas Muly.

Baca Juga

"Dia bilang, untuk apa saya bayar pemain kamu sama dengan Thailand, pemain dari Indonesia itu lebih rendah dari Thailand. Saya marah, saya banting teleponnya."


2. Sekilas Muly Munial

Muly Munial bersama para pemainnya.

Sekadar mengingatkan, Muly Munial merupakan 'super agen' pesepak bola dari Indonesia. Dia juga menjadi CEO Munial Sport Group (MSG).

Bersama Muly, banyak pemain-pemain besar yang ditanganinya, mulai dari Andik Vermansah, Evan Dimas Darmono, Gavin Kwan Adsit sampai pemain-pemain muda.

Sebut saja Rendy Juliansyah, Muhammad Iqbal, Muhammad Kanu, dll. Bahkan, Muly juga menaungi atlet selain sepak bola, misalnya pebulutangkis Jonatan Christie.

Hamka HamzahIn Depth SportsHanif Abdurrauf SjahbandiMuly MunialHanif SjahbandiAgen Sepak Bola

Berita Terkini