x

Tebal Muka Meski Gagal ke Piala Dunia 2022, Roberto Mancini Enggan Mundur dari Timnas Italia

Selasa, 29 Maret 2022 21:43 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
Roberto Mancini memutuskan jika ia tak akan mundur dari posisi pelatih Italia usai kegagalan memalukan ke Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Ketidaksuksesannya untuk mengantarkan tim nasional Italia ke putaran final Piala Dunia 2022 rupanya tidak membuat Roberto Mancini berniat untuk mundur dari posisinya.

Pelatih kepala Gli Azzurri tersebut siap untuk melanjutkan kontraknya dan berusaha mengevaluasi kegagalan di play-off lalu.

Baca Juga

Olef federasi sepak bola Italia, FIGC, Mancini memang masih punya kontrak hingga Juli 2026. Banyak agenda yang belum terlaksanakan oleh allenatore 57 tahun tersebut.

Begitu Italia dipastikan tak bisa ikut terbang ke Qatar bersama negara-negara besar Eropa lain ke Qatar usai digebuk Makedonia Utara, sempat ada isu jika Mancini akan didepak.

Mancini bahkan menolak untuk bicara tentang masa depannya usai laga namun mantan bos Manchester City dan Inter Milan itu kini sudah mantap untuk meneruskan komitmennya.

Baca Juga

Mancini sadar jika Italia butuh regenerasi pemain dan kini mengisyaratkan untuk semakin menggalakkan pemanggilan bibit-bibit muda.

"Aku sudah bicara dengan presiden federasi dan kami sepakat dalam banyak hal. Italia harus belajar dan kembali berjuang," beber Mancini seperti yang dirangkum dari Sky Sports.

Baca Juga

"Usiaku masih muda dan aku punya ambisi menjadi juara Eropa juga dunia meski yang kedua harus ditunda untuk sementara waktu. Aku suka dengan pekerjaanku dan meski baru saja gagal, semuanya harus tetap bergerak ke depan,"

"Italia harus memulai siklus baru dan banyak pertandingan penting semakin dekat. Para pemain muda sudah digunakan sejak Nations League dan semoga saja ke depannya mereka bisa berkembang," tambahnya lagi.


1. Masih Punya Dukungan

Roberto Mancini, pelatih Timnas Italia.

Sejak mengambil tampuk kepemimpinan Italia dari tangan Gian Piero Ventura pada 2018 lalu, Roberto Mancini sebenarnya punya prestasi besar.

Sebelum menjuarai EURO 2020, pria yang akrab disapa sebagai Mancio itu tentu saja lebih dulu membentuk tim yang solid.

Baca Juga

Italia sempat merasakan 37 laga beruntun tanpa sekalipun kalah sebelum ditumbangkan Spanyol di final Nations League tahun lalu.

Hanya saja Italia jadi terlena. Si Biru berulangkali menggunakan pemain-pemain yang itu-itu saja kendati tampak menunjukkan penurunan.

Jika memang siap melakukan perubahan, maka Mancini berhak mendapat kesempatan kedua. Toh ia belum kehilangan dukungan dari para pemainnya.

Baca Juga

Salah satu yang masih menginginkan Mancini untuk tetap bersama Italia adalah bek senior, Leonardo Bonucci.

Bonucci beranggapan jika kegagalan di play-off Piala Dunia tidak seharusnya membuat publik melupakan kapabilitas Mancini yang sebelumnya telah terbukti.

"Dalam tiga tahun terakhir Mancini sudah menciptakan atmosfer unik untuk Italia. Sebelumnya hal ini belum pernah aku rasakan," tutur Bonucci.

Baca Juga

"Tidak memecatnya adalah keputusan yang benar. Ide dan nilai-nilai yang ia tanamkan harusnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi,"

"Memang satu hasil buruk saja bisa merusak segalanya namun menurutku kami hanya harus cepat move on," pungkas defender milik Juventus tersebut.

 

2. Tiga Bintang Italia Siap Pensiun?

Italia (Foto: Claudio Villa/Getty Images)

Kegagalan Italia lolos dari play-off Piala Dunia 2022 zona UEFA kuat diyakini membuat sejumlah penggawanya terpukul.

Bahkan Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Jorginho yang merupakan langganan starting XI sampai berencana untuk tak lagi mengenakan jersey Gli Azzurri.

Isu akan pensiunnya ketiga bintang tersebut dari sepak bola internasional dibeberkan oleh Corriere dello Sport.

Usai kekalahan dari Makedonia Utara di play-off pada Jumat (25/03/22) lalu, diketahui trio Insigne, Immobile, dan Jorginho dipersilakan untuk meninggalkan pemusatan latihan Italia.

Padahal agenda Si Biru di jeda internasional kali ini masih belum selesai kendati tujuan utama mereka untuk mencari tiket ke Qatar akhir tahun ini buyar.

Baca selengkapnya: Bikin Malu di Play-off Piala Dunia 2022, 3 Bintang Senior Italia Segera Pensiun?

ItaliaRoberto ManciniLeonardo BonucciPiala Dunia 2022Bola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini