x

Hasil Liga 1 Arema FC vs PSM Makassar: Singo Edan Tutup Musim Ini dengan 3 Poin

Rabu, 30 Maret 2022 20:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan antara Arema FC vs PSM Makassar (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan Liga 1 2021-2022 pekan ke-34 antara Arema FC vs PSM Makassar, Rabu (30/3/22). Skor akhir 1-0 untuk Singo Edan.

Bertanding di Stadion I Wayan Dipta, Arema FC dan PSM Makassar saling berbalas serangan. Namun, gol tunggal dari Carlos Fortes baru tercipta di pengujung babak kedua.

Baca Juga

Jalannya babak pertama memang cukup sulit, baik bagi kubu Arema FC yang tidak mengandalkan Fabiano Beltrame, juga PSM Makassar yang kehilangan Wiljan Pluim.

Striker garang Arema FC, Carlos Fortes dibuat tak berkutik oleh Hasyim Kipuw, ditambah dengan Erwin Gutawa yang disiplin mengawal lini pertahanan Juku Eja.

Di sisi lain, Ferdinand Sinaga juga tak pernah mendapat umpan yang berarti, sehingga lini serang PSM Makassar seolah buntu dan tak ada gol yang tercipta.

Baca Juga

Sejatinya, Arema FC memiliki dua peluang di sepuluh menit awal, tapi sundulan Dedik Setiawan melambung, dan freekick dari Bagas Adi masih melenceng tipis dari gawang.

Sedangkan PSM Makassar juga mendapat satu peluang dari tendangan bebas Zulkifli Syukur, namun bola masih bisa dibaca oleh kiper Singo Edan, Adilson Marnga.

Kemelut di depan gawang PSM Makassar dimanfaatkan oleh Bagas Adi. Sayang, bola crossing masih membentur mistar gawang yang dikawal Syaiful Syamsuddin.

Baca Juga

Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama. Tidak ada pergerakan di papan klasemen sementara Liga 1 2021-2022.


1. Jalannya Babak Kedua

Pertandingan antara Arema FC vs PSM Makassar (BRI Liga 1).

Jalannya awal babak kedua sedikit berpihak pada PSM Makassar. Muhammad Arfan bisa melaju ke depan, walau akhirnya harus terjatuh di depan gawang Arema FC.

Serangan berlanjut oleh Abdul Rachman, kemudian eksekusi langsung dari striker muda, Patrick Kallon. Beruntung, Adilson Maringa sigap menangkap bola akurat itu.

Baca Juga

Memasuki menit ke-58, peluang dari Arema FC gagal dikonversi menjadi gol, lantaran sundulan dari Carlos Fortes masih melenceng dari gawang PSM Makassar.

Di tengah perjuangan kedua tim untuk mencetak gol, PSM harus kehilangan Patrick Kallon yang cedera otot, lalu digantikan Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri.

Penyerang andalan Singo Edan, Dedik Setiawan juga ditarik keluar, digantikan Muhammad Rafli dan Hanif Sjahbandi. Lini serang Arema mulai mendapat penyegaran.

Baca Juga

Peluang terbaik tercatat dari Delfin Rumbino kepada Yakob Sayuri di menit ke-70, sayangnya bola masih bisa diamankan oleh palang pintu Arema FC, Adilson Maringa.

Tendangan bebas dari Abdul Rachman disambut Rizky Eka Pratama, bola langsung diangkat ke tiang jauh, namun masih membentur mistar gawang Arema FC.

Serangan balik dari Arema FC, peluang emas dari Carlos Fortes mash bisa dibaca oleh kiper PSM, Syaiful Syamsuddin, walau harus jatuh bangun di pertahanan.

Baca Juga

Lima menit jelang peluit akhir berbunyi, Carlos Fortes memecah kebuntuan dengan satu sentuhan kecil, memanfaatkan situasi sepak pojok. Skor 1-0 untuk Arema FC.

Gol ke-20 bagi Carlos Fortes menutup perjuangan Arema FC di Liga 1 2021-22. Singo Edan mengunci posisi lima besar, sedang Juku Eja gagal menanjak ke sepuluh besar.


2. Susunan Pemain

Pertandingan antara Arema FC vs PSM Makassar (BRI Liga 1).

Arema FC (4-4-2): Adilson Maringa (GK); Johan Alfarizi, Bagas Adi Nugroho, Sergio Silva, Rizky Dwi Febrianto; Ryan Kurnia, Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, Dendi Santoso; Dedik Setiawan, Carlos Fortes | Pelatih: Eduardo Almeida

PSM Makassar (4-3-3): Syaiful Syamsuddin (GK); Abdul Rachman, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Zulkifli Syukur; Muhammad Arfan, Manda Cingi, Rasyid Bakri; Ferdinand Sinaga, Patrick Kallon, Friska Womsiwor | Pelatih: Joop Gall.

PSM MakassarHasil PertandinganLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini