x

Gemilang di Musim Debut, 3 Pemain Asing Liga 1 yang Bisa Dilirik Klub Luar Negeri

Kamis, 31 Maret 2022 08:49 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Berhasil tampil gemilang di musim debut, tiga pemain asing Liga 1 berikut ini berpotensi jadi incaran klub-klub luar negeri di bursa transfer mendatang.

INDOSPORT.COM – Berhasil tampil gemilang di musim debut, tiga pemain asing Liga 1 berikut ini berpotensi jadi incaran klub-klub luar negeri di bursa transfer mendatang. Siapa sajakah mereka?

Sepanjang gelaran Liga 1 21/22, memang cukup banyak klub peserta yang berani ambil resiko untuk mendatangkan pemain-pemain asing yang belum pernah rasakan atmosfer liga Indonesia.

Baca Juga

Persebaya jadi salah satu yang cukup berani tersebut. Tercatat, skuat arahan Aji Santoso itu mengisi empat slot pemain asingnya dengan bintang debutan yang baru pertama kali tampil di Indonesia.

Meski terbilang berani dan nekat, namun perjudian manajemen Persebaya terkait pemain asing debutan tersebut dianggap cukup sukses dalam meningkatkan performa Bajul Ijo musim ini.

Terbukti, Persebaya saat ini berhasil bertengger dan memastikan diri finish di peringkat kelima klasemen Liga 1 dengan raihan 63 poin.

Baca Juga

Bahkan, salah satu pemain asingnya Bruno Moreira dikabarkan sudah dilirik tim Eropa dan berpotensi besar bakal hengkang dari Persebaya akhir musim nanti.

Menurut pemaparan Aji Santoso, mantan penggawa Ansan Greeners tersebut tengah mempelajari tawaran dari klub Yunani dan mungkin akan menerimanya untuk mencari tantangan baru.

Selama memperkuat Persebaya, Bruno Moreira memang terbilang tampil impresif lewat torehan 7 gol dan memberikan 3 assists dari total 29 pertandingan di Liga 1.

Baca Juga

Tak cuma Bruno Moreira bersama Persebaya, sejatinya ada beberapa pemain asing debutan Liga 1 lain yang juga mampu tampil gemilang dan berpotensi dilirik klub luar negeri musim depan.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Taisei Marukawa

Taisei Marukawa melakukan selebrasi usai mencetak gol FOTO: Prabowo/INDOSPORT

Nama pertama adalah Taisei Marukawa. Rekan setim Bruno Moreira di Persebaya ini juga berhasil tampil gemilang dan jadi salah satu kunci keberhasilan Bajul Ijo bertengger di lima besar klasemen.

Tercatat dari 32 pertandingan yang dijalani Taisei Marukawa musim ini, dirinya mampu menorehkan 17 gol serta memberikan 10 assists buat Persebaya.

Baca Juga

Catatan tersebut membuat Taisei Marukawa bertengger di daftar teratas pencetak gol terbanyak buat Persebaya, serta jadi top assists di Liga 1 mengalahkan sejumlah nama senior seperti Ciro Alves atau Stefano Lilipaly.

Dengan statistik tersebut, sangat besar kemungkinannya Taisei Marukawa akan dilirik klub luar negeri musim depan, terutama tim-tim dari Liga Thailand atau klub di level top ASEAN lainnya.

Sebelum memperkuat Persebaya, Taisei Marukawa lebih banyak memperkuat tim-tim Eropa seperti Senglea Athletic (Malta), Valletta (Malta), serta Noah Jurmala (Latvia).

Baca Juga

Carlos Fortes
Berikutnya ada Carlos Fortes. Penyerang asal Portugal ini sukses jadi sorotan berkat penampilan impresifnya bersama Arema FC.

Meski sempat mandul dalam empat pertandingan awal, namun Carlos Fortes berhasil tunjukkan ketajaman dengan cetak lima gol dalam empat laga beruntun Liga 1.

Total hingga pekan ke-34 atau penutupan kompetisi Liga 1 21/22, Carlos Fortes mampu mencetak 20 dan memberikan 3 assists dari 31 pertandingan yang dimainkan.

Baca Juga

Catan tersebut membuat Carlos Fortes di urutan kedua daftar top skor Liga 1 dan hanya berjarak dua gol dari ilija Spasojevic sebagai pencetak gol terbanyak.

Berbekal postur tubuh yang kokoh serta pengalaman tampil di Eropa, tampaknya Carlos Fortes bakal mudah menarik minat klub asing musim depan terutama di kompetisi Timur Tengah yang banyak mengandalkan kekuatan fisik.


2. Youssef Ezzejjari

Penyerang Persik Kediri, Youssef Ezzejjari. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Terakhir adalah Youssef Ezzejjari. Sama dengan dua nama sebelumnya, pemain kelahiran Spanyol tersebut juga mampu menggila di musim debut Liga 1 dan bertengger di daftar top skor.

Meski belum bisa membawa Persik finish di urutan lima besar, namun ketajaman Youssef Ezzejjari mampu membantu skuat Macan Kemayoran terhindar dari zona degradasi.

Total dari 31 pertandingan, penyerang berusia 28 tahun itu mampu mencetak 18 gol dan memberikan dua assists buat Persik.

Berkaca pada rekam jejak karier Youssef Ezzejjari yang hanya bisa bertahan semusim bersama satu klub, tampaknya striker berkepala plontos ini juga berpotensi besar hengkang dari Persik akhir musim nanti.

Memiliki darah Maroko dalam dirinya, Youssef Ezzejjari mungkin akan mencoba kompetisi di kawasan Timur Tengah jika ada tawaran yang datang.

Bursa TransferLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABola IndonesiaBerita TransferBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini