x

Impresif! Belum Genap 3 Tahun Berdiri, Karo United Langsung Jadi Kampiun Liga 3

Kamis, 31 Maret 2022 13:26 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Subhan Wirawan
Karo United merayakan keberhasilan mereka menjadi kampiun Liga 3 Nasional 2021-2022

INDOSPORT.COM - Kata impresif layaknya disematkan untuk Karo United. Belum genap berusia 3 tahun, klub asal Sumatera Utara (Sumut) ini berhasil keluar sebagai kampiun Liga 3 Putaran Nasional 2021-2022.

Bahkan sepanjang putaran nasional ini, klub berjuluk Laskar Simbisa ini sama sekali belum terkalahkan dan hanya dua kali meriah hasil imbang, selebihnya menang.

Baca Juga

Kepastian itu didapat usia Karo United sukses mengalahkan Putra Jombang alias Putra Delta Sidoarjo di partai puncak yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu (30/3/22).

Skuat asuhan Suharto AD ini mampu mengandaskan lawannya itu lewat drama adu penalti 4-2 usai bermain imbang 3-3 di waktu normal.

Waktu kurang dari 3 tahun pasca berdiri, sudah sangat impresif diraih Karo United pasca meraih satu tiket promosi ke Liga 2 musim depan.

Baca Juga

Manajer Karo United, Yosephine Natalitha Sembiring, mengatakan di tahun pertama pasca berdiri, Karo United langsung sukses menjadi kampiun Liga 3 zona Sumut 2019 silam.

"Berdiri 29 Juli 2019, jadi usia kita belum genap 3 tahun," kata Yosephine, kepada awak media pasca raih tiket promosi ke Liga 2 dan lolos ke semifinal, belum lama ini.

"Di tahun perdana langsung juara Liga 3 Sumut 2019, namun di putaran nasional hanya mencapai babak 16 besar. 2020 covid (kompetisi ditiadakan)," sambungnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Yosephine menyebut, target utama dan impian Karo United sudah tercapai, pasca sukses meriah tiket promosi ke Liga 2.

Bahkan dirinya menyebut juara merupakan bonus tambahan dari kesuksesan mereka meriah tiket promosi tersebut.


1. Juara Hanya Bonus

Skuat Karo United di Liga 3 2021/2022. Foto: Dok. Karo United

"Target utama kita sudah tercapai, Promosi ke Liga 2. Kalau juara itu buat kita itu bonus, karena harapan kita bisa memenangi setiap pertandingan," ucapnya lagi.

"Kalau juara kita persembahkan untuk masyarakat Sumatera Utara umumnya dan masyarakat Karo khususnya," sambungnya kala itu.

Baca Juga

Lika-liku Karo United menjadi juara Liga 3 Nasional cukup banyak. Sebab mereka maju ke putaran nasional hanya berstatus sebagai juara ketiga Liga 3 Sumut 2021 lalu.

Mereka sempat kalah di semifinal Liga 3 Sumut 2021 oleh rivalnya PSDS Deli Serdang 0-3. Namun berhasil meriah tempat ketiga dan raih tiket ke putaran nasional usai mengalahkan PS Harjuna Putra 3-0.

Kala itu Karo United masih diarsiteki mantan pemain Timnas Indonesia, Slamet Riyadi. Namun kemesraan sang arsitek bersama Karo United harus berakhir, sebelum putaran nasional bergulir.

Baca Juga

Pasca itu, Karo United sempat menunjuk mantan pelatih mereka saat 2019 lalu sekaligus mantan pelatih PSMS Medan, Ansyari Lubis.

Meski tak ada pengumuman resmi, Ansyari hanya bertugas beberapa pekan saja dan akhirnya Karo United resmi menunjuk Suharto AD yang akhirnya berhasil menjadi juara.

Selain di tim, ada sedikit lika-liku di manajemen klub. Arya Mahendra Sinulingga yang pasca klub berdiri telah menjadi presiden klub Karo United sebelum akhirnya mundur sebelum Liga 3 Sumut 2021 bergulir.

Baca Juga

Tongkat estafet Arya Sinulingga diambil Theophilus Ginting sebagai presiden klub baru, yang sebelumnya menjabat sebagai manajer tim.


2. Gemilang di Musim Debut, 3 Pemain Asing Liga 1 yang Bisa Dilirik Klub Luar Negeri

Selebrasi Persebaya Surabaya merayakan gol ke gawang Barito Putera

Berhasil tampil gemilang di musim debut, tiga pemain asing Liga 1 berikut ini berpotensi jadi incaran klub-klub luar negeri di bursa transfer mendatang. Siapa sajakah mereka?

Sepanjang gelaran Liga 1 21/22, memang cukup banyak klub peserta yang berani ambil resiko untuk mendatangkan pemain-pemain asing yang belum pernah rasakan atmosfer liga Indonesia.

Persebaya jadi salah satu yang cukup berani tersebut. Tercatat, skuat arahan Aji Santoso itu mengisi empat slot pemain asingnya dengan bintang debutan yang baru pertama kali tampil di Indonesia.

Meski terbilang berani dan nekat, namun perjudian manajemen Persebaya terkait pemain asing debutan tersebut dianggap cukup sukses dalam meningkatkan performa Bajul Ijo musim ini.

Baca selengkapnya: 3 Pemain Asing Liga 1 yang Bisa Dilirik Klub Luar Negeri

Liga IndonesiaLiga 3Bola IndonesiaSada Sumut FC

Berita Terkini