x

Menpora: Cabor Sepak Bola Wajib Medali Emas di SEA Games Vietnam

Kamis, 31 Maret 2022 05:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menargetkan cabang olahraga sepak bola putra wajib meraih medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam.

Target tersebut dikatakan Menpora sudah diketahui oleh ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Nantinya Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong bakal diturunkan di SEA Games Mei mendatang.

Baca Juga

"Target emas dan Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) sudah tahu," kata Menpora Amali, Rabu (30/03/22).

Untuk persiapan SEA Games 2021, Timnas U-23 akan menjalani training camp (TC) di Korea Selatan. Tapi, belum diketahui kapan skuad Garuda Muda akan berangkat.

Baca Juga

"Nah, makanya sekarang mereka, kan sudah akan disiapkan pelatnas. Kabarnya mereka mau dibawa ke Korea Selatan untuk TC," ujar Menpora.

"Tapi, semua (cabor) yang diumumkan berangkat ke SEA Games ini harus mendapatkan target emas," sambungnya.

Baca Juga

Cabor sepak bola SEA Games 2021 dimainkan mulai 6-22 Mei 2022. Timnas Indonesia U-23 berada di pot 2 bersama Malaysia dan masih belum diketahui kapan drawing bakal dilakukan.


1. Bakal Ada Sanksi Bila Gagal Dapatkan Emas?

Bakal Ada Sanksi Bila Gagal Dapatkan Emas di Sea Games Vietnam.

Lebih lanjut, Menpora menjelaskan, akan ada penilaian tersendiri selepas SEA Games 2021. Jika Timnas U-23 maupun cabor lain gagal mendapatkan emas di SEA Games 2021, maka bisa saja ada sanksi atau hukuman.

Baca Juga

"Kami akan hitung, ada Asian Games nanti kalau terlalu anjlok Asian Games berat. Kalau anjlok betul kami akan pertimbangan, makanya kalau ditanya target harus emas, emas, dan emas," pungkas Menpora, Zainudin Amali.

Timnas Indonesia U-23 terakhir kali mendapatkan emas di SEA Games 1991.  Ketika itu, skuad Merah Putih masih diasuh oleh Anatoli Polosin.

Baca Juga

Dalam dua edisi SEA Games terakhir, Timnas U-23 juga gagal meraih emas. Pada 2017, skuad Garuda Muda hanya meraih medali perunggu, sedangkan pada 2019, Evan Dimas dan kolega hanya mampu meraih perak.


2. Shin Tae-yong Rayu Ansan Greeners Agar Lepas Asnawi ke SEA Games

Asnawi Mangkualam tampak lebih kencang larinya dari pemain Singapura untuk merebut bola

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru-baru ini meminta Ansan Greeners untuk melepas Asnawi Mangkualam untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Asnawi memang menjadi andalan Shin Tae-yong sejak menangani timnas Indonesia sejak 2020 lalu.

Salah satunya ketika timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020, Asnawi nyaris selalu turun sebagai bek kanan di skuat arahan Shin Tae-yong.

Kolaborasi keduanya menghasilkan laga final, yang meskipun belum mendapatkan juara, tetapi permainan timnas Indonesia patut diapresiasi.

Baca Juga
PSSISEA GamesTimnas IndonesiaMenporaBola InternasionalSepak BolaZainudin AmaliShin Tae-yong

Berita Terkini