x

Starting XI Pemain Bintang yang Gagal ke Piala Dunia 2022 di Qatar

Kamis, 31 Maret 2022 16:39 WIB
Editor: Juni Adi
Mohamed Salah saat berseragam Timnas Mesir. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.

INDOSPORT.COM Piala Dunia 2022 dipastikan tidak akan dimeriahkan oleh sejumlah pemain bintang ini, lantaran mereka gagal membawa negaranya lolos menuju Qatar.

Pesta sepak bola terakbar, Piala Dunia 2022, kurang dari beberapa bulan lagi akan segera dimulai. Qatar ditunjuk menjadi tuan rumahnya yang akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Edisi kali ini akan terasa berbeda dari Piala Dunia sebelumnya, karena digelar untuk pertama kalinya di musim dingin.

Sempat ditentang sejumlah klub Eropa karena bertepatan di tengah kompetisi, namun akhirnya FIFA tetap memutuskan Piala Dunia 2022 ini digelar akhir tahun.

Dari total 32 negara yang akan berpartisipasi, sejauh ini sudah ada 27 peserta yang memastikan diri akan tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

Baca Juga

Portugal dan Senegal menjadi salah satu tim yang kelolosannya disorot baru-baru ini karena berlangsung dramatis.

Portugal meraih tiket putaran final Piala Dunia 2022 pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB via jalur play-off zona Eropa. 

Selecao das Quinas dipastikan berangkat ke Qatar akhir tahun ini setelah membenamkan Makedonia Utara 2-0 di Estadio do Dragao, Porto. 

Bintang kemenangan Portugal pada pertandingan tersebut adalah Bruno Fernandes. Playmaker Manchester United itu mencetak brace (32', 65'). 

Baca Juga

Selain Portugal, negara Eropa yang juga lolos setelah melewati final playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa adalah Polandia.
 
Polandia mencetak skor kemenangan identik dengan Portugal. Mereka menang 2-0 atas Swedia. 

Dua gol penentu kemenangan timnas Polandia lahir dari Robert Lewandowski (49' pen) dan Piotr Zielinski (72').

Ghana menjadi wakil Afrika pertama yang lolos. The Black Stars unggul agresivitas gol tandang dalam agregat 1-1 melawan Nigeria.

Setelah Ghana, menyusul kemudian Senegal, Maroko, Tunisia, dan Kamerun Senegal lolos ke Qatar dengan menyingkirkan Mesir via adu penalti (3-1).

Pemenang ditentukan lewat adu penalti setelah agregat 1-1 tak berubah sampai babak perpanjangan waktu usai. 

Masih ada lima slot lagi yang akan diperebutkan. Dua dari zona Concacaf, Sedangkan dua tiket sisanya akan ditentukan lewat playoff interkontinental pada bulan Juni mendatang.

Dua laga playoff interkontinental akan mempertemukan pemenang playoff Asia melawan peringkat lima Zona CONMEBOL.

Dan pemenang playoff Oseania melawan peringkat empat zona CONCACAF. Pemenang dua laga itu yang akan berangkat ke Qatar. 

Dengan keterbatasannya jumlah peserta, membuat banyak negara-negara kuat yang mempunyai pemain bintang top di Eropa, harus absen karena mereka gagal lolos tampil ke Piala Dunia 2022.

Salah satunya adalah juara Euro 2020 Italia. Pemain-pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi.

Robert Lewandowski dan Neymar dipastikan akan meramaikan Piala Dunia 2022. Namun, ada juga pemain bintang yang hanya akan jadi penonton saja.

Jika dikumpulkan, bahkan pemain-pemain bintang yang tidak lolos ke Piala Dunia 2022 ini bisa menjadi sebuah tim. Berikut starting XI dengan formasi 4-3-3:


1. Kiper: Gianluigi Donnarumma/Jan Oblak

Kiper Paris Saint-Germain, Gianluigi Donnarumma. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

Dua kiper papan atas Eropa, Gianluigi Donnarumma dan Jan Oblak dipastikan tidak akan bisa tampil membela negaranya masing-masing di Piala Dunia 2022.

Gianluigi Donnarumma yang telah menjadi pahlawan membawa Italia juara Euro 2020, harus menanggung kekecewaan karena tak bisa meloloskan Italia tampil di Qatar.

Baca Juga

Gli Azzurri dipastikan tidak akan ikut serta ke Qatar setelah menderita kekalahan dari Makedonia Utara pada babak play-off.

Itu adalah kali kedua Italia tak tampil di Piala Dunia, setelah sebelumnya edisi 2018 di Rusia mereka juga tidak lolos.

Sementara Jan Oblak, tak bisa membawa negaranya Slovenia bersaing di Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, karea mereka hanya finis di peringkat ke-4.

Baca Juga

Belakang: David Alaba, Milan Skriniar, Caglar Soyuncu, Juan Cuadrado

Posisi bek kiri ditempati oleh David Alaba. Pemain baru Real Madrid itu gagal membawa negaranya Austria ke Piala Dunia 2022, setelah menderita kekalahan 2-1 dari Wales pada babak play-off.

Untuk posisi bek tengah, ada Milan Skriniar dan Caglar Soyuncu.

Dua bek ini cukup populer di telingan pecinta sepak bola Eropa, karena keduanya bermain untuk klub papan atas Inter Milan dan Leicester City.

Baca Juga

Milan Skriniar tak bisa membantu negaranya Slovakia lolos ke Piala Dunia 2022, karena kalah bersaing dengan Kroasia dan Rusia di babak penyisihan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Sementara Caglar Soyuncu, tak bisa mebawa Turki ke Piala Dunia 2022 setelah digagalkan oleh Portugal di play-off 3-1.

Sedangkan Juan Cuadrado di posisi bek kanan, Kolombia dipastikan absen dari Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pasalnya, tim asuhan Reinaldo Rueda tersebut menuntaskan kualifikasi zona Amerika Selatan di posisi keenam.


2. Tengah: Jorginho, Franck Kessie, Martin Odegaard

Laga antara Italia vs Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia. Foto: REUTERS-Guglielmo Mangiapane

Untuk posisi tiga gelandang, ditempati oleh Jorginho, Franck Kessie dan Martin Odegaard.

Ketiga saat ini tampil sangat apik bersama klubnya masing-masing. Jorginho bersama Chelsea, Franck Kessie bersama AC Milan dan Martin Odegaard bersama Arsenal.

Baca Juga

Namun penampilan gemilang mereka bersama klub, tak menular ketika bermain untuk negaranya.

Tapi seperti pemain Italia lainnya, Jorginho juga akan melewatkan Piala Dunia tahun ini. Dia adalah tampil sebagai starter saat timnya kalah dari Makedonia Utara pada babak play-off.

Franck Kessi gagal membawa Pantai Gading gagal ke Piala Dunia 2022, setelah kalah dalam pertandingan kualifikasi melawan Kamerun 0-1 pada November lalu.

Baca Juga

Gelandang Arsenal Martin Odegaard harus rela tak bisa berlaga di Piala Dunia 2022. Hal ini terjadi usai Norwegia tersisih di kualifikasi Zona Eropa.

Depan: Erling Haaland, Zlatan Ibrahimovic, Mohamed Salah

Sementara untuk lini depan, dihuni oleh tiga penyerang tertajam dua di antaranya bersinar di Eropa saat ini.

Mereka adalah Erling Haaland, Zlatan Ibrahimovic, dan Mohamed Salah. 

Sama seperti rekan senegaranya Martin Odegaard, Erling Haaland juga tidak akan terlihat di Piala Dunia 2022. Striker Borussia Dortmund tidak mampu membawa negaranya lolos ke turnamen empat tahunan tersebut.

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic harus mengubur mimpinya untuk kembali bermain di Piala Dunia setelah Swedia gagal lolos ke Qatar.

Mereka kalah oleh Polandia 2-0. Padahal Zlatan Ibrahimovic baru saja memutuskan untuk kembali ke tim nasional demi membantu Swedia lolos, meski ia sudah menyatakan pensiun beberap waktu lalu.

Mohamed Salah dipastikan absen pada Piala Dunia 2022. Pemain berusia 29 tahun itu gagal membawa Mesir mentas di Qatar usai kalah 1-3 dari Senegal lewat drama adu penalti pada kualifikasi zona Afrika.

PortugalFIFAPiala DuniaZlatan IbrahimovicMohamed SalahPiala Dunia 2022Gianluigi DonnarummaTRIVIAErling Haland

Berita Terkini