x

Tak Izinkan Saddil Ramdani ke SEA Games, Klub Malaysia Sabotase Timnas Indonesia?

Kamis, 31 Maret 2022 18:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Saddil Ramdani terancam tak bisa perkuat timnas Indonesia di SEA Games 2021 nanti usai Sabah FC enggan melepasnya di periode sibuk.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tampaknya harus mengubur niatan untuk bisa menggunakan tenaga Saddil Ramdani di gelara SEA Games 2021 mendatang.

Pasalnya klub sang pemain yakni Sabah FC yang berlaga di Liga Super Malaysia keberatan untuk memberikan izin untuk sang winger meninggalkan markas mereka.

Baca Juga

Sabah FC bukannya ingin menyabotase timnas Indonesia karena memang mereka berhak menahan Saddil, mengingat mereka masih punya agenda saat SEA Games berlangsung di Vietnam nanti.

Tidak ada keharusan bagi Sabah FC untuk melepas Saddil karena SEA Games bukanlah ajang yang dipayungi oleh FIFA.

Lagipula Saddil Ramdani adalah pemain inti untuk Sabah yang saat ini bertengger di tiga besar Liga Super Malaysia setelah melewati dua pekan.

Baca Juga

Saddil bermain di dua pertandingan liga musim ini dan sudah menyumbangkan satu gol kala Sabah menggebuk Pelitang Jaya FC pada pekan pembuka.

Winger kidal berusia 23 tahun itu baru punya waktu senggang pada 24 Mei 2022 namun saat itu ajang SEA Games sudah rampung sehari sebelumnya.

Hal ini tentunya patut disayangkan karena Saddil diberi info oleh PSSI jika ia bisa masuk dalam skema pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Ada surat panggilan masuk untuk persiapan SEA Games pada 22 Maret lalu. Tapi tahun ini tak bisa ikut SEA Games, Saddil baru diperbolehkan membela timnas pada 24 Mei," beber Saddil lewat siaran langsung Tiktok pada Rabu (30/3/22) lalu.

"Sedangkan SEA Games mulai 6-23 Mei, jadi tak bisa ikut. Saya hanya bisa main di FIFA Match day, tapi kalau untuk SEA Games tidak bisa," tambah eks Persela Lamongan itu lagi.


1. Rindu Bela Merah-Putih

Saddil Ramdani di Sabah FC.

Kendati demikian, Saddil Ramdani berharap jika nanti Sabah FC akan berubah pikiran dan mau memberinya restu berbaju timnas Indonesia.

Jebolan akademi ASIFA binaan Aji Santoso tersebut akan sangat senang jika PSSI bisa membantunya membujuk pelatihnya, Ong Kim Swee, agar menyalakan lampu hijau.

Baca Juga

"Ada 4 sampai 5 pertandingan yang masih penting untuk Sabah, saya tak bisa berbuat apa-apa. Mungkin PSSI bisa bicara langsung dengan pelatih," sambung Saddil lagi.

Tidak heran jika Saddil sangat bernafsu untuk ikut ke SEA Games nanti. Sudah cukup lama tidak lagi mengenakan lambang garuda di dadanya. 

Terakhir kali ia bermain untuk timnas Indonesia adalah pada 2019 lalu kala mengikuti ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 dan sudah dua kali ia tak bisa memenuhi panggilan dari Shin Tae-yong.

Baca Juga

Kualitas pemain di posisi sayap saat ini memang sangat tinggi di timnas Indonesia terutama di era manajerial Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu dapat mengandalkan Irfan Jaya, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri di sektor tersebut.

Maka dari itu Saddil yang punya 9 caps senior itu ingin menempa dirinya lebih keras lagi. Salah satunya dengan menargetkan untuk bermain di luar Asia dalam waktu dekat. 

Baca Juga

"Kalau sekarang tidak ada. Tahun kemarin, ada yang serius untuk ngajak gabung,tapi saya juga harus tanya kepada keluarga," ujar Saddil saat ditanyai apakah ia punya tawaran dari Eropa.

"Saddil mau di liga manapun, yg terpenting Saddil selalu siap dan membanggakan negara dan timnas Indonesuia," pungkasnya kemudian.


2. Shin Tae-yong Belum Puas dengan Timnas U-19

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkap biang kekalahan 1-5 dari Korea Selatan U-19 di DGB Daegu Bank Park Selasa (29/03/22). Pemain skuat Garuda Nusantara belum jalankan instruksi dengan maksimal.

Shin Tae-yong mengatakan, anak asuhnya masih sering salah passing. Pengambilan keputusan yang kurang tepat juga berujung pelanggaran yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Secara terbuka, Shin Tae-yong mengakui permainan Timnas Indonesia U-19 belum sesuai harapan, tapi dia mengapresiasi kemauan dan kerja keras pemainnya di laga kemarin.

"Sebenarnya (permainan) tak banyak seperti yang saya inginkan, tapi saya terima kasih buat pemain karena kemauan mereka sangat tinggi," kata Shin Tae-yong.

"Masih ada salah passing dan lakukan pelanggaran yang tak dibutuhkan dan itu sudah saya kasih tau, tapi mungkin karena tegang di dalam lapangan," imbuhnya.

Baca selengkapnya: Shin Tae-yong Beberkan Kesalahan Dasar Timnas Indonesia U-19 Saat Dibantai Korea Selatan

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaSabah FCLiga Super MalaysiaBola InternasionalSaddil RamdaniLiga MalaysiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini