x

Liga 1: Musim Berganti, Persik Kediri Putuskan Tetap Pakai Jasa Pelatih Chile

Rabu, 6 April 2022 21:15 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Javier Roca, pelatih Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Persik Kediri kemungkinan besar tetap mempertahankan kabinet dalam tim kepelatihan yang dipimpin Javier Roca untuk Liga 1 2022-2023.

Diketahui, kinerja pelatih asal Chile itu dinilai cukup baik selama menangani Persik. Misi perbaikan performa tim tercapai, begitu pula target yang dibebankan.

Baca Juga

Persik Kediri sukses bertahan di Liga 1, meski target lanjutan finis di posisi 10 besar klasemen akhir gagal terlaksana. Manajemen klub memang belum merilis secara pasti perihal status Javier Roca.

Namun, manajemen baru Persik yang berbasis di Jakarta, mengisyaratkan Roca tetap membesut tim kebanggaan Persik Mania itu musim depan.

Baca Juga

"Kami melihat bursa transfer ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan daya saing tim," ungkap Direktur Utama Persik Kediri, Rawindra Ditya, dalam rilisnya, Rabu (6/4/22).

"Tentunya dengan memaksimalkan basis fondasi yang telah ada di musim lalu," tambah pria yang juga berprofesi sebagai bos pemasaran produk olahraga tersebut.

Baca Juga

Sempat cukup lama berkubang di zona degradasi, Persik Kediri sukses mengangkat posisinya sepanjang paruh kedua Liga 1 2021-2022. 

Pelatih Javier Roca kemudian membawa timnya finis di peringkat ke-11 klasemen akhir Liga 1 2021-2022 dengan perolehan 39 poin.


1. Kabinet Masih Sama

Logo klub Liga 1, Persik Kediri.

Sekadar mengingatkan, masuknya Javier Roca sendiri terjadi menjelang tim menutup kiprah di putaran pertama Liga 1 2021-2022.

Eks playmaker Persebaya dan Persija itu membidani Persik, disusul Danilo Fernando sebagai direktur teknik tim yang pindah dari PSS Sleman.

Baca Juga

Jika benar dipertahankan, kabinet kepelatihan Javier Roca kemungkinan besar akan tetap sama. Selain Danilo Fernando, kinerjanya juga dibantu oleh Johan Prasetyo dan Alfiat sebagai asisten pelatih.

Baca Juga

Lalu ada pula Budi Kurnia secara khusus sebagai pelatih fisik, serta Andreas Kristiyanto maupun Wahyudi sebagai pelatih kiper.


2. Persik Kediri Tetap Bangga Meski Target Meleset

Selebrasi para pemain Persik Kediri merayakan kemenangan atas Arema FC di BRI Liga 1. Foto: Media officer Persik Kediri.

Persik Kediri dipastikan gagal mencapai target seusai kekalahan 1-3 dari Bali United pada pekan ke-34 Liga 1 2021-2022, Kamis (31/3/22). Hasil itu tak mengubah posisi Tim Macan Putih di peringkat ke-11 dengan mengoleksi 39 poin.

Jika saja menang atau setidaknya imbang, Persik bisa menggeser Madura United di posisi ke-9 yang mengantongi 41 poin, beserta Tira Persikabo (40 poin).

"Tapi kegagalan kami mempertahankan posisi 10 besar bukan atas kekalahan itu," ujar Javier Roca pada konferensi pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

Baca Juga

"Kegagalan kami ada di pertandingan sebelumnya, dengan melewatkan sejumlah poin penting," Pelatih Persik Kediri itu menambahkan.

Baca Selengkapnya

Persik KediriLiga IndonesiaDanilo FernandoLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022Javier Roca

Berita Terkini