x

Tak Segrup dengan Indonesia, Media Malaysia Sesumbar Harimau Malaya Bisa Raih Emas SEA Games

Rabu, 6 April 2022 19:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Malaysia digadang-gadang bakal mampu memenangkan medali emas cabor sepak bola di ajang SEA Games karena mereka tidak segrup dengan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Timnas Malaysia digadang-gadang bakal mampu memenangkan medali emas cabor sepak bola di ajang SEA Games 2021 karena mereka tidak segrup dengan Timnas Indonesia.

Undian fase grup cabang olahraga sepak bola pada ajang SEA Games 2022 baru saja berlangsung hari ini, Rabu (06/04/22).

Baca Juga

Timnas Malaysia U-23 terpilih masuk di grup B untuk turnamen yang dijadwalkan berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada 6-22 Mei mendatang.

Tim asuhan pelatih asal Australia, Brad Maloney, tersebut terpilih bersama 16 peraih medali emas, yakni Thailand, Kamboja, Singapura, dan Laos.

Media asal Negeri Jiran, VocketFC, mengklaim bahwa undian ini sedikit menguntungkan Harimau Malaya muda.

Baca Juga

Undian ini juga membuka peluang mereka untuk memenangkan medali di edisi kali ini.

“Undian kali ini terlihat berimbang dan timnas di bawah bimbingan Brad Maloney tampaknya memiliki peluang bagus untuk melaju ke semifinal dan berusaha merebut medali di edisi kali ini,” tulis media tersebut.

Bisa dipahami. Dalam grup B, satu-satunya lawan terberat yang harus dihadapi Malaysia adalah Thailand.

Baca Juga

Thailand merupakan pemegang rekor juara 16 kali dan salah satu dari dua unggulan teratas turnamen tersebut.

Meski demikian, Singapura pun juga tak boleh diremehkan begitu saja mengingat penampila terbaik The Lions adalah tiga kali finis sebagai runner-up di tahun 1983, 1985, dan 1989.


1. Rekam Jejak Timnas Malaysia di SEA Games

Logo Sea Games Vietnam.

Sebaliknya, persaingan panas justru bakal terjadi di Grup A yang dihuni oleh dua finalis pada SEA Games 2019, yakni pemenang Vietnam dan Indonesia, serta Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Tentunya, Malaysia bertekad memperbaiki hasil mengecewakan yang diraihnya pada edisi Filipina tiga tahun lalu. Saat itu, Malaysia asuhan Datuk Ong Kim Swee gagal lolos dari fase grup.

Baca Juga

Harimau Malaya muda hanya mampu meraih satu kemenangan, satu imbang dan dua kekalahan. Hasil tersebut membawa Myanmar dan Kamboja lolos ke semifinal.

Terakhir kali timnas meraih medali di ajang sepak bola Sea Games adalah pada edisi 2017 saat Malaysia menjadi tuan rumah. Mereka melaju ke final dan dikalahkan Thailand dengan skor 1-0 dan meraih medali perak.

Baca Juga

Ajang SEA Games sendiri diikuti oleh skuat timnas level usia U-23, namun setiap negara berhak membaw dua pemain di atas batas usia 23 tahun untuk memperkuat tim.

Pertandingan Grup A akan berlangsung di Viet Tri Stadium, tak jauh dari Proinsi Phu Tho. Sedangkan Grup B akan dimainkan di Thien Truong Stadium di Nam Dinh.

Baca Juga

Partai final turnamen sepak bola akan dilangsungkan di My Dinh National Stadium yang berkapasitas 40 ribu kursi, di Hanoi, pada 22 Mei mendatang.


2. Timnas Indonesia Jumpa Vietnam di SEA Games

TC Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan

SEA Games 2021 akan digelar di Hanoi pada bulan Mei mendatang. Pada cabang sepak bola, Timnas Indonesia langsung bertemu Vietnam di babak grup.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A di SEA Games 2021 bersama dengan empat negara lainnya. Negara lain yang tergabung dalam Grup A adalah Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Timor Leste.

Pertemuan Timnas Indonesia dengan Vietnam di fase grup bukanlah hal yang pertama terjadi.

Sama seperti pada SEA Games 2019, Timnas Indonesia juga pernah bertanding melawan Vietnam di fase grup.

Saat SEA Games 2019, Timnas Indonesia mengakhiri turnamen dengan meraih medali perak sebagai runner-up.

Emas terakhir yang diraih Timnas Indonesia di ajang SEA Games adalah pada tahun 1991.

Baca selengkapnya: Hasil Undian Sepak Bola SEA Games 2021: Panas! Timnas Indonesia Langsung Jumpa Vietnam

SEA GamesTimnas Malaysia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaSepak BolaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini