x

Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23, Marc Klok Tulis Curhatan Menyentuh

Kamis, 7 April 2022 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Persib Bandung, Marc Klok langsung mengungkapkan perasaan suka citanya usai dipanggil coach Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM – Pemain Persib Bandung, Marc Klok langsung mengungkapkan perasaan suka citanya usai dipanggil coach Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23.

Sebanyak 29 pemain telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti training camp di Korea Selatan sebagai persiapan menghadapi SEA Games di Vietnam.

Baca Juga

Dalam daftar pemain yang dipaanggil, enam di antaranya pemain yang berkarier di luar negeri yakno Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Selain itu, ada sedikitnya empat pemain senior yang dipanggil. Nantinya salah satu dari keempat nama ini akan dicoret karena aturan SEA Games hanya mengizinkan keberadaan 3 pemain senior.

Marc Klok merupakan salah satu nama pemain senior yang berkesembatan menjalan TC bersama Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan nantinya.

Baca Juga

Pemanggilan ini membuat bintang kelahiran Belanda tersebut sangat bahagia. Pasalnya, ini merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan dalam hidupnya.

Kebahagiaannya diungkapkan gelandang Persib Bandung tersebut melalui unggahan di akun resmi Instagram-nya pada Kamis (07/04/22).

Akhirnya setelah semua penantian dan proses ini. Saya selalu terus percaya dan menempatkan tujuan saya untuk menjadi pemain Timnas (Indonesia),” tulis Marc Klok.

“Hari ini, hari telah tiba untuk panggilan resmi saya dan saya tidak sabar untuk mengenakan jersey Garuda dan membuat bangsa bangga!” sambungnya.

Baca Juga

Tak mengherankan bila Marc Klok merasa bahagia dengan namanya terpampang di daftar pemain yang berpeluang membela Timnas Garuda Muda di SEA Games bulan depan.

Pasalnya, dirinya sudah menanti cukup lama untuk dapat memperkuat skuat Garusa pasca resmi berpindah status sebagai WNI pada 12 November 2020 lalu.


1. Marc Klok Dipanggil usai Tampil Apik di Persib

Gelandang Persib, Marc Klok saat memimpin viking clap seusai latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (16/11/21).

Marc Klok harus menghadapi penantian panjang saat dinaturalisasi karena administrasinya sempat bermasalah dan dia tidak bisa menunjukkan garis keturunan Indonesia.

Alhasil, mantan bintang PSM Makassar tersebut harus menunggu waktu sampai masa tinggalnya di Indonesia mencapai lima tahun.

Baca Juga

Marc Klok sendiri mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bisa memberikan yang terbaik kepada Timnas Indonesia di turnamen nanti.

“Saya tahu bahwa saya memiliki tanggung jawab besar, dan saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Saya ingin memberikan 100 persen diri saya. Selalu,” lanjut Marc Klok.

“Anda tahu, ketika Anda datang ke sana, dengan seragam Garuda, Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan momen yang akan diingat orang selamanya. Anda mewakili lebih dari 200 juta orang dan Anda adalah bagian dari mimpi anak-anak di Indonesia,” pungkas Marc Klok.

Baca Juga

Kehadiran Marc Klok dapat tentunya bisa menjadi opsi Shin Tae-yong dalam memilih jendral lapangan tengah di timnas U-23 Indonesia.

Hal ini berkaca pada penampilan Marc Klok yang gemilang bersama Persib Bandung selama turnamen Liga 1 2021-2022 kemarin.

Baca Juga

Merujuk pada Transfermarkt, Klok mencatatkan penampilan sebanyak 27 laga atau melahap 2.343 menit bermain. Selain itu, dia juga mengukit tiga gol atau empat assist.

Catatannya tersebut turut membantu Persib Bandung untuk finish pada Liga 1 2021 dengan bercokol di urutan kedua, dibelakang sang jawara Bali United.


2. Timnas Indonesia U-23 Jalani TC di Korea

Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Para pemain yang dipanggil Shin Tae-yong lebih dulu berkumpul di Jakarta, sebelum berangkat ke Korea Selatan pada tengah pekan ini.

Timnas IndonesiA U-23 sendiri nantinya akan menghadapi kompetisi yang cukup berat. Pasalnya, Garuda Muda berada di grup yang sama dengan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Di sisi lain, target tinggi pun dipasang oleh timnas yang mengincar medali emas. Demi mewujudkan target itu, skuat pun diisi oleh nama-nama terbaik.

Sejumlah pemain senior ikut dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 kali ini. Selain itu, ada pula sejumlah pemain yang saat ini tengah berkarier di luar negeri.

Baca Selengkapnya: Timnas Indonesia U-23 Satu Grup dengan Vietnam di SEA Games 2021, Begini Respons Shin Tae-yong

Persib BandungTimnas Indonesia U-23NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaMarc KlokBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini