x

Menpora Mau Timnas Raih Emas Sepak bola di SEA Games 2022, Pengamat: Persiapannya Mana?

Kamis, 7 April 2022 21:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yosef Bayu Anangga
Menpora Zainudin Amali berharap Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2022. Pengamat sepak bola, Akmal Marhali akhirnya buka suara. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali berharap Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2022. Pengamat sepak bola, Akmal Marhali akhirnya buka suara.

Menurut Zainudin Amali, permintaannya itu sudah disampaikan pada Ketua Umum PSSI, Moch Iriawan. Maka dari itu, Timnas akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea.

Baca Juga

"Ya emas, target emas dan Ketua Umum PSSI (Moch Iriawan) sudah tahu. Makanya mereka sudah di Pelatnas kan, mau dibawa ke Korea Selatan," tegas Zainudin Amali.

Skuad Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan bertolak ke Korea Selatan pada April mendatang. Padahal, SEA Games 2022 ini akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022.

Hal ini menjadi perhatian khusus pengamat sepak bola, Akmal Marhali. Menurutnya, jadwal TC terlalu mepet dengan kick off.

Baca Juga

Kalau memang menargetkan medali emas, harusnya TC dipersiapkan sebaik mungkin, tidak dengan waktu mepet seperti saat ini.

"Ini bukan tugas mudah, persiapan akan menentukan hasil di lapangan, dan ini salah satu problem yang dihadapi Asnawi Cs."

"Timnas baru akan melakukan TC pada 8-29 April di Korea Selatan, dengan lawan uji coba yang belum jelas, praktis tidak sampai sebulan," jelas Akmal Marhali via Instagram.

Baca Juga

Padahal, Timnas Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Vietnam, yang notabene ialah tim kuat dan sama-sama menargetkan medali emas di SEA Games.

"Bandingkan dengan rival perburuan medali emas seperti Vietnam dan Thailand yang sudah mempersiapkan diri dengan matang," jelas pengamat sepak bola, Akmal Marhali.


1. Persiapan Minim, Target Timnas Sulit Tercapai

Akmal Marhali

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memang baru merilis nama-nama pemain yang akan tampil di SEA Games 2022 dan mengikuti pemusatan latihan di Korea.

Padahal, Timnas Vietnam dan Thailand sudah memiliki persiapan matang, dimulai dengan turnamen Piala AFF U-23 2022 lalu.

Baca Juga

Kala itu, Timnas Indonesia U-23 memang tidak ambil bagian karena sejumlah pemain terpapar Covid-19 dan harus dikarantina.

Timnas Vietnam dan Thailand juga baru saja ambil bagian di Dubai Cup U-23. Persiapan yang sangat matang menuju SEA Games.

Meski begitu, Timnas Indonesia setidaknya juga punya modal karena pernah menjadi runner up di SEA Games 2019 Filipina lalu.

Baca Juga

Sebanyak delapan pemain yang membawa Timnas menjadi runner up SEA Games 2019, kini kembali dipanggil untuk menjadi tulang punggung Timnas untuk SEA Games 2022.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga memanggil empat pemain senior, yaitu Fachruddin Aryanto, Irfan Jaya, Marc Klok, dan Richardo Salampessy ke Timnas U-23.

Baca Juga

Kehadiran mereka diharapkan dapat menjadi penutup minimnya persiapan Timnas Indonesia menuju SEA Games, walau target sangat muluk, medali emas.

"Mampukah Timnas U-23 meraih medali emas, atau minimal menjajaki prestasi dua tahun silam? Jawaban simpelnya, persiapan akan menentukan hasil di lapangan," tuntas Akmal.

 

2. Skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022:

Para pemain Timnas Indonesia U-23 dan pelatih Indra Sjafri harus puas meraih medali perak di SEA Games 2019

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
2. Amiruddin Bagas, Barito Putera
3. Muhamad Riyandi, Barito Putera
4. Irfan Jaya, Bali United
5. Egy Maulana, FK Senica
6. Witan Sulaeman, FK Senica
7. Elkan Baggott, Ipswich Town
8. Fachruddin Aryanto, Madura United
9. Ronaldo Joybera RJ, Madura United
10. Ernando Ari, Persebaya
11. Andhika Ramadhani, Persebaya
12. Rizky Ridho, Persebaya
13. Koko Ari, Persbaya
14. Rachmat Irianto, Persib
15. Marselino Ferdinan, Persebaya
16. Ricky Kambuaya, Persib
17. Marc Klok, Persib
18. Syahrian Abimanyu, Persija
19. Rio Fahmi, Persija
20. Irfan Jauhari, Persis
21. Braif Fatari, Persija
22. Muhammad Adisatryo, Persik
23. Muhamad Ridwan, Persik
24. Ramai Rumakiek, Persipura
25. Firza Andika, Persija
26. Hanis Saghara, Persikabo
27. Alfeandra Dewangga, PSIS
28. Saddil Ramdani, Sabah FC
29. Pratama Arhan, Tokyo Verdy

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaMenporaBola InternasionalAkmal MarhaliZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini