x

Rematch Lawan Pohang Steelers, TImnas Indonesia U-19 Dibantai Telak

Sabtu, 9 April 2022 16:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-19 harus menelan kekalahan telak 1-5 saat melakoni laga uji coba melawan Pohang Steelers. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 harus menelan kekalahan telak 1-5 saat melakoni laga uji coba melawan Pohang Steelers. 

Timnas Indonesia U-19 menghadapi Pohang Steelers di Stadion Gyeongsang, Daegu, Korea Selatan, Sabtu (09/04/22/) siang.

Baca Juga

Dalam laga uji coba ini, Timnas Indonesia U-19 langsung menurunkan skuat terbaiknya. Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan diturunkan Shin Tae-yong sejak menit awal.

Sayang, menghadapi Pohang Steelers, Timnas Indonesia U-19 tidak bisa berbuat banyak. Bahkan pada babak pertama, Skuat Garuda Nusantara sudah tertinggal 0-3.

Berlanjut ke babak kedua, Timnas Indonesia U-19 masih belum mampu berbuat banyak. Bahkan tim lawan, Pohang Steelers mampu menambah dua gol.

Baca Juga

Sementara Timnas Indonesia U-19 cuma bisa mencetak satu gol di pertandingan ini sekaligus menyudahi laga dengan skor 1-5 untuk kemenangan Pohang Steelers.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi Indonesia U-19 vs Pohang Steelers. Pada pertemuan pertama, Rabu (06/04/22), Timnas Indonesia U-19 sempat menang dengan skor 2-0.

Adapun pertandingan ketika itu berlangsung dalam tiga babak. Gol dicetak oleh Ronaldo Kwateh dan Razza Fachrezi Aziz.

Kekalahan ini menambah rapor merah dalam beberapa laga uji coba Timnas Indonesia U-19. Timnas Indonesia -19 meraih hasil-hasil melawan Kyungil University (2-1), Pohang Steelers (2-0), Gimcheon Sangmu (2-2). Korea Selatan U-19 (0-7 dan 1-5), Daegu University (2-1), dan Yeungnam University (1-5).

Baca Juga

Adapun uji coba dan training camp (TC) di Korea Selatan menjadi bagian dari persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023. Seperti diketahui Indonesia menjadi tuan rumah.
 


1. 2 Hal Ini Bikin Shin Tae-yong Semringah

Perjuangan uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan U-20. Foto: PSSI

Sebelum dibantai Pohang Steelers, Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan saat uji coba lawan Kyungil University. 

Skuad Garuda Nusantara menang tipis 2-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Auxiliary Mini, Daegu, Korea Selatan, Kamis (07/04/22).

Baca Juga

Sebenarnya, Timnas U-19 dijadwalkan lawan Daegu FC, tapi hal itu urung dilakukan karena banyak dari pemain lawan positif covid-19. Karenanya Kyungil University pun jadi lawan pengganti.

Pada laga kontra Kyungil University, dua gol Timnas U-19 dilesakan Arsa Ramadan Ahmad (‘38) dan Rabbani Tasnim Siddiq di menit ke-81 lewat titik penalti. 

Sementara itu, satu-satunya gol Kyungil University dicetak oleh Gyeong Il Uni menit ke-90+1'.

Hasil laga sore tadi membuat pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong semringah. Dia mengatakan ada kemajuan pesan yang ditunjukkan anak asuhnya terutama sisi mental dan agresivitas.

Baca Juga

"Saya sangat senang dengan hasil ini, karena pemain semakin hari terus meningkat kemampuannya dan membaik. Pastinya ada progres,” ujar Shin Tae-yong.

“Sejauh ini, selama pemusatan latihan di Korea, peningkatan yang paling signifikan terlihat dari para pemain adalah di sisi mental dan agresivitas permainan,serta usaha pemain untuk selalu bisa memenangkan pertandingan,” imbuhnya.

Baca Juga

Bagi Shin Tae-yong, progres para pemain sangat krusial. Apalagi dalam enam laga sebelumnya, skuad Merah Putih telan tiga kekalahan dan kebobolan 20 gol.


2. Jebolan Garuda Select Beberkan Perkembangan Timnas Indonesia U-19

Skuat Timnas Indonesia U-19. Foto: PSSI

Striker Timnas Indonesia U-19, Arsa Ramadan Ahmad turut menyumbang satu gol saat uji coba lawan Kyungil Universitypada  Kamis (07/04/22) lalu.

Arsa Ramadan Ahmad mencetak gol pada menit ke-38 dan membantu skuad Garuda Nusantara menang tipis 2-1. Sedangkan satu gol Timnas Indonesia U-19 lainnya dilesakan Rabbani Tasnim Siddiq di menit ke-81 lewat titik penalti.

Setelah pertandingan selesai, Arsa Ramadan Ahmad langsung buka suara. Ia menjelaskan kalau kemenangan ini berkat kerjasama tim dan taktik yang diberikan oleh Shin Tae-yong.

"Ini semua juga karena kerja keras tim selama pertandingan, termasuk saat saya bisa cetak gol," kata Arsa Ramadan Ahmad.

Setelah hampir sebulan jalani pemusatan latihan di Korea Selatan, Arsa mengaku Timnas Indonesia U-19 semakin kompak. Terbukti mereka sukses mencatatkan dua kemenangan beruntun atas Pohang Steelers FC dan Kyungil University.

Baca Selengkapnya: Sebulan di Korea, Jebolan Garuda Select Beberkan Perkembangan Timnas Indonesia U-19

Korea SelatanTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini