x

Sebulan di Korea, Jebolan Garuda Select Beberkan Perkembangan Timnas Indonesia U-19

Sabtu, 9 April 2022 03:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Duo penggawa Garuda Select, Edgar Amping dan Arsa Ramadan Ahmad ditemui usai latihan.

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia U-19, Arsa Ramadan Ahmad turut menyumbang satu gol saat uji coba lawan Kyungil Universitypada  Kamis (07/04/22) lalu.

Arsa Ramadan Ahmad mencetak gol pada menit ke-38 dan membantu skuad Garuda Nusantara menang tipis 2-1. Sedangkan satu gol Timnas Indonesia U-19 lainnya dilesakan Rabbani Tasnim Siddiq di menit ke-81 lewat titik penalti.

Baca Juga

Setelah pertandingan selesai, Arsa Ramadan Ahmad langsung buka suara. Ia menjelaskan kalau kemenangan ini berkat kerjasama tim dan taktik yang diberikan oleh Shin Tae-yong.

"Ini semua juga karena kerja keras tim selama pertandingan, termasuk saat saya bisa cetak gol," kata Arsa Ramadan Ahmad.

Baca Juga

Setelah hampir sebulan jalani pemusatan latihan di Korea Selatan, Arsa mengaku Timnas Indonesia U-19 semakin kompak. Terbukti mereka sukses mencatatkan dua kemenangan beruntun atas Pohang Steelers FC dan Kyungil University.

Mental dan fisik para pemain skuat asuhan Shin Tae-yong pun dikatakan makin meningkat. Mereka tidak takut melawan dengan tim-tim Korea yang punya kualitas lebih baik.

Baca Juga

"Kami sejauh ini semakin kompak, fisik teman-teman juga sudah meningkat, passing-passing juga membaik," tutur Arsa Ramadan Ahmad.

"Mental akan terus kami tingkatkan, karena itu merupakan salah satu pesan penting dari pelatih," imbuh jebolan Garuda Select 2 itu.


1. Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia U-19 Maju Pesat

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong juga  mengatakan ada kemajuan pesan yang ditunjukan anak asuhnya terutama sisi mental dan agresivitas. Dari tujuh laga uji coba, tim Merah Putih raih tiga kemenangan, tiga kalah dan sekali imbang.

"Sejauh ini, selama pemusatan latihan di Korea, peningkatan yang paling signifikan terlihat dari para pemain adalah di sisi mental dan agresivitas permainan,serta usaha pemain untuk selalu bisa memenangkan pertandingan," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga

Bagi Shin Tae-yong, progres para pemain sangat krusial. Apalagi dalam enam laga sebelumnya, skuad Merah Putih telan tiga kekalahan dan kebobolan 20 gol.

Baca Juga

Setelah lawan Kyungil University, Timnas Indonesia U-19 rencananya akan kembali menggelar satu uji coba terakhir, melawan Pohang Steelers FC pada Sabtu, tanggal 9 April 2022 mendatang.

Baca Juga

Pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 2023. Hal ini sangat penting karena Indonesia tampil sebagai tuan rumah.


2. Shin Tae-yong Bakal Beralih Fokus ke Timnas U-23

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Undian fase grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 di Vietnam sudah beres. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A.

Timnas Indonesia akan bersaing dengan tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Hal ini cukup menarik karena skuat Garuda Muda dan Vietnam adalah final SEA Games edisi sebelumnya.

Hasil undian itu pun sudah diketahui pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Dia mengatakan persaingan akan sengit karena Vietnam adalah salah satu kandidat juara.

"Terkait pengundian SEA Games, memang ada Vietnam di sana dan mereka mungkin calon juara juga," kata Shin Tae-yong, Kamis (7/4/22) lalu.

Baca Juga
Korea SelatanBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Garuda SelectShin Tae-yong

Berita Terkini