x

Asing vs Lokal, Persaingan Pelatih di Meiji Yasuda J1 League 2022

Minggu, 10 April 2022 22:49 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Meiji Yasuda J1 League 2022 menampilkan persaingan sengit antara pelatih asing dan pelatih lokal Jepang.

INDOSPORT.COM - Meiji Yasuda J1 League 2022 menampilkan persaingan sengit antara pelatih asing dan pelatih lokal Jepang.

Dari 18 tim yang menghuni kasta teratas Liga Jepang musim ini, rasio pelatih lokal dan asing sama banyaknya. Ada sembilan pelatih lokal yang bersaing dengan sembilan pelatih asing dari luar Jepang saat ini.

Baca Juga

Hal tersebut sebenarnya tak terjadi sejak awal musim, dengan pelatih lokal awalnya lebih banyak dengan perbandingan 10 pelatih lokal dan delapan pelatih asing.

Semua berubah pada 20 Maret 2022 saat Vissel Kobe memecat pelatih mereka, Atsuhiro Miura, usai hasil kurang memuaskan awal musim ini.

Baca Juga

Sehari berselang, posisinya kemudian diisi oleh pelatih sementara asal Spanyol, Lluis Planaguma. Pergantian ini membuat perbandingan pelatih asing dan lokal di J1 League menjadi sama banyaknya.

Dari sisi pelatih lokal, ada empat pelatih yang baru menangani tim awal musim ini, dengan lima sisanya sudah melatih tim sejak musim lalu.

Baca Juga

Empat pelatih anyar yang mulai jadi nakhoda awal musim ini adalah Tomohiro Katanosaka (Gamba Osaka), Kenta Hasegawa (Nagoya Grampus), Kenta Kawai (Sagan Tosu), dan Akira Ito (Jubilo Iwata).

Sedangkan lima sisanya adalah pelatih juara bertahan Toru Oniki (Kawasaki Frontale), Satoshi Yamaguchi (Shonan Bellmare), Hiroaki Hiraoka (Shimizu S-Pulse), Akio Kogiku (Cerezo Osaka), dan Shigetoshi Hasebe (Avispa Fukuoka).


1. Paling Lama

Meiji Yasuda J1 League 2022 menampilkan persaingan sengit antara pelatih asing dan pelatih lokal Jepang.

Dari lima pelatih ini, Toru Oniki jadi yang paling lama menukangi timnya yang sekarang.

Oniki yang merupakan mantan pemain Kawasaki Frontale sudah menukangi bekas klubnya tersebut sejak 2017 lalu setelah sebelumnya menjabat sebagai pelatih tim muda lalu asisten pelatih di klub yang sama.

Selama lima musim, Oniki membawa Frontale menguasai Jepang dengan empat kali jadi juara J1 League, sekali Piala Kaisar, satu trofi J.League Cup, dan dua gelar Piala Super Jepang.

Baca Juga

Sedangkan dari sisi pelatih asing, Spanyol paling mendominasi dengan punya tiga wakil di Liga Jepang saat ini: Ricardo Rodriguez (Urawa Red Diamonds), Albert Puig (F.C.Tokyo), dan Lluis Planaguma (Vissel Kobe).

Enam pelatih asing sisanya berasal dari negara-negara yang berbeda.
Mereka adalah Mihailo Petrovic dari Serbia (Hokkaido Consadole Sapporo), Rene Weiler dari Swiss (Kashima Antlers), Nelsinho Baptista dari Brasil (Kashiwa Reysol), Kevin Muscat dari Australia (Yokohama F. Marinos), Cho Kwi-jae dari Korea Selatan (Kyoto Sanga), dan Michael Skibbe dari Jerman (Sanfrecce Hiroshima).

Baca Juga

Weiler, Puig, dan Skibbe ditunjuk awal musim ini, sedangkan Planaguma jadi pelatih Vissel Kobe sejak 21 Maret 2022.

Sedangkan yang terlama melatih tim sekarang adalah Mihailo Petrovic, ia sudah melatih Consadole sejak awal tahun 2018 setelah sebelumnya sudah di Jepang sejak 2006 melatih Sanfrecce Hiroshima (2006-2012) dan Urawa Reds (2012-2017).


2. Daftar Pelatih Klub Meiji Yasuda J1 League 2022

Meiji Yasuda J1 League 2022 menampilkan persaingan sengit antara pelatih asing dan pelatih lokal Jepang.

Pelatih Lokal:

Tomohiro Katanosaka (Gamba Osaka)
Kenta Hasegawa (Nagoya Grampus)
Kenta Kawai (Sagan Tosu)
Akira Ito (Jubilo Iwata)
Toru Oniki (Kawasaki Frontale)
Satoshi Yamaguchi (Shonan Bellmare)
Hiroaki Hiraoka (Shimizu S-Pulse)
Akio Kogiku (Cerezo Osaka)
Shigetoshi Hasebe (Avispa Fukuoka).

Pelatih Asing:

Ricardo Rodriguez (Urawa Red Diamonds) - Spanyol
Albert Puig (F.C.Tokyo) - Spanyol
Lluis Planaguma (Vissel Kobe) - Spanyol
Mihailo Petrovic (Hokkaido Consadole Sapporo) - Serbia
Rene Weiler (Kashima Antlers) - Swiss
Nelsinho Baptista (Kashiwa Reysol) - Brasil
Kevin Muscat (Yokohama F. Marinos) - Australia
Cho Kwi-jae (Kyoto Sanga) - Korea Selatan
Michael Skibbe (Sanfrecce Hiroshima) - Jerman.

J1 LeagueJ-LeagueBola InternasionalLiga JepangJ2 LeaguePratama Arhan

Berita Terkini