x

Dulu Tersia-sia, Xavi Simons sang 'Anak Hilang' Barcelona Siap Kembali?

Selasa, 12 April 2022 15:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wonderkid PSG, Xavi Simons, akan kembali ke Barcelona? Foto: REUTERS/Benoit Tessier.

INDOSPORT.COM - Sempat digadang-gadang sebagai wonderkid super berbakat milik Barcelona, Xavi Simons justru dibajak oleh Paris Saint-Germain (PSG).

Jika bicara sepanjang sejarah sepak bola, Barcelona dan PSG memang kerap memiliki benang merah soal transfer pemain.

Baca Juga

Yang paling fantastis tentunya kepergian Neymar pada 2017 lalu. Kemudian, disusul kepindahan yang tidak kalah bombastis, Lionel Messi pada 2021.

Namun selain dua megabintang tersebut, ada sosok Xavi Simons, yang sangat disayangkan, talentanya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Barcelona.

Padahal, ia dulu sempat dianggap sebagai mutiara berharga di jajaran pemain La Masia. Sayangnya, ia dan Barcelona gagal menyepakati kontrak baru pada Juli 2019.

Baca Juga

Xavi Simons yang saat itu juga diincar banyak klub papan atas termasuk Real Madrid, pada akhirnya memilih PSG sebagai pelabuhan selanjutnya.

Hanya saja, musim 2019-2020 pun kebanyakan dihabiskan Xavi Simons dengan bermain untuk tim muda PSG yang berpartisipasi di UEFA Youth League.

Baru pada Februari 2021, ia melakoni debut profesional bersama Les Parisiens dengan masuk sebagai pengganti Julian Draxler di pertandingan Coupe de France melawan Caen.

Baca Juga

Meski mendarat di Paris sebagai pemain muda berbakat lulusan La Masia, sepak terjang Xavi Simons di liga kasta pertama Prancis, Ligue 1, ternyata tidak terlalu mentereng.

Sangat jarang dipakai, ia hanya mencatatkan lima penampilan saja di kancah Ligue 1 sepanjang musim 2020-2021 dan 2021-2022.


1. Nasib Masih Tanda Tanya di PSG

Wonderkid PSG, Xavi Simons, akan kembali ke Barcelona? Foto: REUTERS/Benoit Tessier.

Sekarang, masa depan Xavi Simons di PSG bisa dibilang masih di awang-awang karena kontraknya akan segera berakhir musim panas ini.

Pihak klub tentu bisa membujuk sang pemain untuk tetap tinggal dan memperpanjang masa bakti di Parc des Princes.

Baca Juga

Namun untuk mewujudkannya mereka wajib memberi jaminan menit bermain bagi remaja berusia 18 tahun tersebut, mengingat selama ini sangat jarang diberi kesempatan untuk unjuk gigi.

Usia yang masih sangat muda ditambah persaingan ketat di skuat bertabur bintang nampaknya sebuah masalah tersendiri bagi Xavi Simons.

Lantas, apakah ini saatnya sang anak hilang kembali saja ke Barcelona, klub yang telah mendidiknya sejak kecil?

Baca Juga

Tentu skenario tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Apalagi dengan status Xavi Simons yang bakal free agent musim panas nanti.

Barcelona mungkin pernah sekali kehilangan mutiara berharganya itu, namun kini mereka punya kans membawanya pulang dan ‘merawatnya’ lagi seperti dulu.

Kembali ke Barcelona mungkin langkah yang bisa diambil Xavi Simons apabila tidak memperpanjang kontrak dengan PSG.

Baca Juga

Berkaca dari penampilan Pedri, Ronald Araujo, Gavi, dan kawan-kawannya yang lain, Xavi Simons bisa berharap pada Barcelona sekarang yang skuatnya juga diisi para pemain muda.

Menurut laporan Sport.es yang dimuat laman Goal Internasional, Barcelona ingin memberi penawaran kepada mantan wonderkid-nya itu untuk ‘pulang’ ke rumah.

 

2. Harus Siap Berpisah dengan Neymar

Wonderkid PSG, Xavi Simons, akan kembali ke Barcelona? Foto: REUTERS/Benoit Tessier.

Hanya saja, yang bersangkutan kabarnya masih menimbang-nimbang sejumlah tawaran dari klub lain sebelum membuat keputusan terkait masa depannya.

Walaupun tidak memiliki karier yang cemerlang bersama PSG, Xavi Simons masih bisa berbahagia lantaran berada di klub yang sama lagi dengan sang senior Neymar.

Baca Juga

Bahkan, pemain asal Brasil tersebut dinilai bisa berperan sebagai sosok kakak sekaligus ayah bagi para pemain muda termasuk dirinya.

“Saya rasa dia melihat saya seperti adiknya. Dia melihat saya tumbuh di Barca, saya juga pernah syuting iklan dengannya,” ucao Xavi Simons seperti dikutip dari laman resmi Ligue 1 Prancis.

“Saya juga melihatnya sebagai sosok ayah. Dia yang paling sering menghampiri saya, bertanya apa saya butuh sesuatu atau ada hal yang ingin saya ketahui,” ucapnya lagi.

Baca Juga

Rasa nyaman yang dirasakan Xavi Simons terhadap Neymar itu pun bukan tanpa alasan. Semua berkat koneksi yang mereka miliki sejak berseragam Barcelona dulu.

Namun nampaknya kini Xavi Simons harus rela berpisah dengan idolanya tersebut jika memilih pergi dari PSG.

Bukan tidak mungkin pula kepergiannya dari Les Parisiens akan membuka jalan yang lebih terang untuk kelanjutan kariernya kelak.

Baca Juga

Melihat sedikit ke belakang, ada beberapa pemain yang justru bersinar setelah memutuskan pergi dari klub kaya raya Paris tersebut.

Sebut saja Christophern Nkunku (RB Leipzig) atau Moussa Diaby (Bayer Leverkusen) yang kini sukses di Jerman, bahkan sampai menarik minat sejumlah klub top Eropa untuk merekrutnya.

Bursa TransferBarcelonaParis Saint-GermainPSGXavi SimonsBerita TransferBerita Bursa Transfer

Berita Terkini