x

Liga 1: Terasing di Arema FC, Persik Kediri Berdayakan Eks Timnas U-23

Jumat, 15 April 2022 08:55 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Kiper Arema FC Kurniawan Kartika Ajie. Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persik Kediri baru saja menambah kekuatan di sektor penjaga gawang dengan merekrut Kurniawan Kartika Ajie dalam persiapan menyambut Liga 1 2022-2023.

Sebelumnya, sektor ini sudah dihuni Dikri Yusron Afafa yang belakangan mendapatkan perpanjangan kontrak lantaran dianggap tampil meyakinkan musim lalu.

Baca Juga

Satu lagi kiper yang tetap berseragam Persik Kediri adalah Adi Satryo. Dia kini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-23 menjelang SEA Games 2021.

"Kami juga harus mengantisipasi, karena kemungkinan Adi Satryo akan fokus di timnas Indonesia," kata pelatih Persik Kediri, Javier Roca, dalam rilisnya, Kamis (14/4/22).

Baca Juga

Adi Satryo tercatat sudah dua kali ini memenuhi panggilan timnas Indonesia U-23 proyeksi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. 

Kiper yang direkrut Persik dari PSS Sleman itu dinilai tampil mengilap sepanjang paruh kedua Liga 1 2021-2022, sehingga timnas U-23 kepincut memakai jasanya.

Baca Juga

Praktis, stok penjaga gawang tinggal menyisakan Dikri Yusron saja. Alasan ini membuat Persik Kediri memberdayakan Kurniawan Kartika Ajie yang notabene eks kiper andalan timnas Indonesia U-23.

"Tak mungkin juga hanya mengandalkan satu pemain saja di posisi kiper," cetus pelatih yang pernah membela Persija Jakarta semasa aktif bermain era 2000-an tersebut.


1. Tak Tertampung Arema FC

Duel antara kiper Kartika Ajie dengan Egy Maulana Vikri. Herry Ibrahim

Berlabuhnya Kurniawan Kartika Ajie ke Persik Kediri besar kemungkinan juga merupakan opsi paling baik bagi kelanjutan karier sang pemain sendiri.

Pasalnya, dia sudah tak tertampung lagi untuk mengisi slot kiper di Arema FC menyusul kepastian bertahannya Adilson Maringa (Brasil) dan Teguh Amiruddin.

Baca Juga

Hal serupa dialami Kartika Ajie edisi 2021-2022. Dia terpaksa menjalani masa peminjaman ke Rans Cilegon FC dan berlanjut ke Barito Putera.

Baca Juga

"Jadi, masuknya Kurniawan Kartika Ajie ini memang sudah sesuai dengan kebutuhan tim di Persik Kediri," tuntas Javier Roca.


2. Arema FC Obral Pemain

Selebrasi gol striker Arema FC, Carlos Fortes di laga melawan PSM Makassar dalam ajang Liga 1.

Arema FC mengambil kebijakan penting dengan melepas separuh anggota skuat tim menatap bergulirnya Liga 1 2022-2023. Mereka melakukan obral dengan melepas hingga 10 pemain.

Arema FC tidak memberikan opsi perpanjangan kontrak. Masa bakti mereka rata-rata berakhir pada Maret hingga April tahun ini.

"Manajemen mengucapkan terima kasih atas kontribusinya membela tim," kata Media Officer Arema FC, Sudarmaji, melalui rilis, Selasa (12/4/22).

Barisan pertama adalah mereka yang memang tak mendapat opsi perpanjangan kontrak, yakni Ridwan Tawainela, Didik Aryanto, dan Ryan Kurnia yang datang di paruh kedua Liga 1 2021-2022.

Baca Selengkapnya

Persik KediriTimnas Indonesia U-23KiperLiga IndonesiaArema FCLiga 1Kurniawan Kartika AdjieBola IndonesiaBerita Liga 1Adilson MaringaJavier RocaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini