x

Pandemi Covid-19 Mulai Reda, Menpora Berharap Liga 1 Musim Depan Bisa Dihadiri Suporter

Jumat, 15 April 2022 05:34 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Juni Adi
Pandemi Covid-19 Mulai Reda, Menpora Berharap Liga 1 Musim Depan Bisa Dihadiri Suporter.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali berharap Liga 1 musim depan bisa dihadiri suporter. Harapan itu diungkapkan oleh Menpora seiring dengan meredanya pandemi Covid-19.

Zainudin Amali berharap Liga 1 Indonesia musim depan sudah bisa dihadiri langsung oleh suporter di stadion.

Baca Juga

"Mudah-mudahan musim kompetisi 2022/2023 sudah ada kehadiran penonton. Untuk kemeriahan berkompetisi," ujar Amali pada acara Markas Suporter: Apresiasi Suporter #Dukung Dari Rumah dilansir dari Antara.

"Saya sampai tanya pemain bagaimana situasi bertanding tidak ada suporter. 'Pak, kehadiran suporter menyemangati kami', jawabnya. Ya, kalau tidak ada (suporter), semangat berkurang," sambungnya lagi.

Baca Juga

Menpora merasa ketidakhadiran suporter membuat sebuah perbedaan besar dalam sebuah atmosfer pertandingan di stadion.

Memang jika menonton lewat televisi tidak merasakan karena ada efek suara yang disajikan, tetapi bagi yang ada di stadion jelas merasakan keheningan saat pertandingan.

Meski demikian, situasi semacam itu tidak hanya dirasakan sepak bola, tetapi juga pertandingan-pertandingan olahraga lainnya yang memang membutuhkan kehadiran suporter.

Baca Juga

Lebih lanjut Menpora tetap mengapresiasi Liga 1 musim 2021/2022 yang digelar tanpa suporter di stadion karena kondisi pandemi COVID-19 sebagai suksses.

Kesuksesan yang diawali dari kesuksesan Piala Menpora 2021 ini tidak lepas dari kepatuhan suporter dalam mendukung timnya dari rumah.


1. Bursa Transfer Liga 1

Logo Liga 1 BRI 2021

"Suporter patuh untuk tidak datang ke stadion, patuh untuk tidak berkerumun di sekitar stadion, dan patuh juga untuk tidak nobar (nonton bareng)," kata Zainudin Amali.

Baca Juga

Menurut Amali, kepatuhan suporter ini tidak lepas dari peran klub dalam memberikan pengertian kepada pendukung, termasuk lewat kampanye internal.

"Ini menunjukkan bahwa suporter bukan sekadar konsumen, bukan sekadar pembeli tiket, tetapi benar-benar menjadi bagian dari sepak bola," pungkasnya.

Baca Juga

Menyambut Liga 1 musim depan, sejumlah klub mulai bergeliat dalam bursa transfer untuk menambah amunisi. Persik Kediri ikut memanaskan bursa transfer Liga 1 musim 2022-2023 dengan dikabarkan mendatangkan pemain top untuk mengisi lini depan mereka.

Persik Kediri memang memburu sosok striker untuk  mengisi pos yang ditinggalkan oleh Youssef Ezzejjari. Sementara itu, RANS Cilegon FC melakukan cuci gudang dengan melepas 18 pemain mereka.


2. Bursa Transfer Liga 1

Pandemi Covid-19 Mulai Reda, Menpora Berharap Liga 1 Musim Depan Bisa Dihadiri Suporter

Barito Putera boleh dikatakan mengalami krisis bek. Dimulai dari pemecatan Dandi Maulana di tengah-tengah kompetisi Liga 1.

Kemudian, dua bek kiri andalan musim lalu, Rifqy Suryawan dan Miftah Anwar Sani juga telah menyampaikan kata-kata perpisahan.

Baca Selengkapnya Berlisensi UEFA Pro, 3 Bintang Timnas Eks Asuhan Bernardo Tavares yang Bisa Dibawa ke PSM

MenporaLiga IndonesiaLiga 1Zainudin Amali

Berita Terkini