x

Berlisensi UEFA Pro, 3 Bintang Timnas Eks Asuhan Bernardo Tavares yang Bisa Dibawa ke PSM

Kamis, 14 April 2022 20:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga bintang Timnas negara Asing mantan anak asuh Bernardo Tavares yang bisa jadi opsi transfer dan dibawa PSM Makassar ke Liga 1 musim depan.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga bintang Timnas negara asing mantan anak asuh Bernardo Tavares yang bisa jadi opsi transfer dan dibawa PSM Makassar ke Liga 1 musim depan.

Jelang bergulirnya kompetisi musim 22/22, Salah satu klub papan atas Liga 1, PSM Makassar baru saja meresmikan sosok pelatih baru mereka bernama Bernardo Tavares.

Baca Juga

Peresmian ini diinformasikan melalui media sosial Instagram klub berjuluk Juku Eja tersebut, Senin (11/04/22) sore waktu setempat.

“Selamat berbuka puasa dari Nakhoda baru PSM, Coach Bernardo Tavares, semoga bisa jadi pelepas dahaga #EwakoPSM,” tulis bunyi unggahan tersebut.

Sedangkan Bernardo Tavares sendiri turut buka suara terkait peresmian ini. Ia hanya mengucapkan selamat berbuka puasa bagi para pendukung PSM.

Baca Juga

Dalam unggahan tersebut, PSM menuliskan bahwa Bernardo Tavares memiliki segudang lisensi profesional dalam dunia kepelatihan.

Diketahui, pria yang baru berusia 41 tahun ini memiliki lisensi UEFA Pro dan lisensi dari Federasi Sepak Bola Portugal atau FPF.

Selain itu, Bernardo Tavares juga memegang lisensi dalam hal Scouting, analis pertandingan, dan juga lisensi profesional dalam melatih penjaga gawang.

Baca Juga

Dengan Resume sementereng tersebut, banyak harapan dari para fans untuk melihat Bernardo Tavares membawa PSM Makassar kembali ke papan atas Liga 1 musim depan.

Sejauh ini belum ada kabar soal calon pemain baru yang ingin didatangkan Bernardo Tavares ke PSM.

Namun berbekal pengalaman serta lisensi Eropa miliknya, pelatih Portugal ini mungkin bisa membawa para mantan anak asuhnya untuk memperkokoh Juku Eja.

Berikut, INDOSPORT coba merangkum serta mengulas 3 bintang Timnas negara asing mantan eks asuhan Bernardo Tavares yang bisa dibawa ke PSM:


1. Willis Plaza

Radanfah Abu Bakr, Eks Liga 1 Bersama Timnas Trinidad and Tobago

Nama pertama adalah Willis Plaza. Penyerang asal Trinidad and Tobago ini bisa jadi opsi buat lini depan PSM yang sepanjang musim lalu memang kurang begitu memuaskan.

Meski sudah mendatangkan pemain asal Australia, Gol-Gol Mebrahtu, namun dari tujuh pertandingan yang dijalani, Gol-Gol tak juga bisa mencetak gol buat Pasukan Ramang.

Baca Juga

Bersama Bernardo Tavares, potensi Willis Plaza berhasil keluar secara maksimal. Di mana Willis Plaza mampu catatkan 8 gol dan memberikan tiga assists dari total 14 pertandingan.

Untuk level Timnas, penyerang berusia 34 tahun ini merupakan bagian Trinidad and Tobago yang telah melakukan debut di skuat senior sejak Januari 2012 silam.

Hingga saat ini, Willis Plaza sudah bermain 30 laga di semua ajang buat Timnas Trinidad and Tobago dan mencetak enam gol.

Baca Juga

Radanfah Abu Bakr
Berikutnya ada Radanfah Abu Bakr. Bek yang juga rekan senegara Willis Plaza di Timnas Trinidad and Tobago ini, juga bisa jadi pilihan PSM jika mereka ingin memperkuat lini pertahanan.

Sama seperti lini depan, barisan belakang PSM sejatinya sudah dihuni oleh pemain asing yakni Adam Mitter dan Serif Hasic.

Namun untuk nama terakhir, bek asal Bosnia itu lebih banyak berada di ruang perawatan akibat cedera kambuhan yang kerap kali muncul.

Baca Juga

Bahkan sepanjang musim 21/22 kemarin, Serif Hasic baru catatkan 11 pertandingan dan harus menepi dari pekan ke-15 hingga akhir kompetisi akibat cedera.

Mengatasi rapuhnya sektor pertahanan, PSM Makassar mungkin bisa mendatangkan Radanfah Abu Bakr yang sempat jadi pilihan utama pelatih Bernardo Tavares.


2. Pulangkan Eks Liga 1

Gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri, berduel udara dengan pemain PSS Sleman dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2021-2022.

Melansir dari Transfermakt, diketahui bahwa Radanfah Abu Bakr tampil sebanyak 14 pertandingan dengan torehan 3 gol saat memperkuat Churchill Brothers FC asuhan Bernardo Tavares.

Untuk level Timnas, Radanfah Abu Bakr punya catatan mentereng saat memperkuat Trinidad and Tobago                senior sejak tahun 2008 silam.

Baca Juga

Tercatat, peraih gelar juara Caribbean Club Championship ini sudah bermain sebanyak 39 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Satu hal lain yang membuat PSM mungkin layak mendatangkan Radanfah Abu Bakr. Yakni pengalaman sang pemain yang pernah mentas di Liga Indonesia bersama Tira-Persikabo tahun 2018 silam.

Dengan catatan tersebut, Radanfah Abu Bakr tak perlu lagi banyak beradaptasi dan mungkin bisa langsung jadi tumpuan buat PSM saat didatangkan musim depan nanti.

Glan Martins
Terakhir adalah Glan Martins. Untuk membantu Wiljan Pluim dan Anco Jansen yang terlihat berjuang keras dalam membangun serangan PSM dari lini tengah, kehadiran Glan Martins bisa jadi pelengkap untuk meringankan tugas kedua pilar penting tersebut.

Berposisi sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah, Glan Martins bisa jadi penghubung sempurna buat Wiljan Pluim dan Anco Jansen di lini depan.

Selain itu, ketangguhannya dalam bertahan, juga bisa membantu barisan bek PSM untuk meredam aliran-aliran bola tim lawan dari sektor tengah permainan.

Masih berusia 27 tahun, nama Glan Martins cukup populer di Liga India. Dirinya bahkan ikut membantu Timnas India menjuarai SAFF Championship atau Piala AFF zona Asia Selatan tahun 2021 silam.

Dibawah asuhan Bernardo Tavares, gelandang yang kini memperkuat FC Goa tersebut tampil sebanyak 14 pertandingan di semua ajang.

PSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini