x

Inter Apes, AC Milan Bakal Bangun Stadion Sendiri Usai Kedatangan Investor Baru

Senin, 18 April 2022 18:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga Italia, AC Milan, berencana membangun stadion sendiri, tanpa bersatu dengan Inter, menyusul kedatangan investor baru, Investcorp.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Italia, AC Milan, dikabarkan berencana membangun stadion sendiri, tanpa bersatu dengan Inter, menyusul kedatangan investor baru, Investcorp.

Inter dan Milan telah berbagi stadion yang sama sejak 1947, di mana markas AC Milan dinamai San Siro sedangkan Giuseppe Meazza untuk Inter.

Baca Juga

Dua tahun lalu, dua klub yang tengah berebut puncak klasemen Liga Italia tersebut, menatap ke depan dan menginginkan adanya stadion yang lebih modern.

New San Siro akan dibangun di lokasi yang sama dengan stadion lama dan juga ramah lingkungan, dengan harapan selesai digarap pada 2026 mendatang.

Sayang, proyek pembangunan New San Siro yang dicanangkan sejak 2020 ini terkendala oleh ruwetnya birokrasi.  Alhasil, rencana ini menguap begitu saja sampai sekarang.

Baca Juga

Bukan hanya itu saja, masing-masing klub juga tidak mungkin bisa mewujudkan pembangunan stadion itu sendirian gara-gara situasi keuangan yang berbeda dari kedua klub.

Namun, AC Milan kini berpeluang mewujudkan rencana untuk membangun stadion markas milik sendiri, begitu Elliot menyerahkan kepemilikan klubnya kepada calon pemilik yang baru, yakni Investcorp.

Dipahami, kedatangan Investcorp sebagai investor baru AC Milan diyakini bisa membawa perubahan masif pada kondisi finansial klub raksasa Italia tersebut.

Baca Juga

Salah satu dampaknya, seperti dilansir dari Sempre Milan, I Rossoneri bakal memiliki uang yang cukup untuk mewujudkan pembangunan Stadion San Siro yang baru.


1. AC Milan Bisa Bangun San Siro Milik Sendiri

Bendera AC Milan di depan Stadion San Siro

Tentunya, proyek ini bakal berbeda jauh dengan wacana pembangunan San Siro sebelumnya. Artinya, bukan tidak mungkin AC Milan membangun stadion baru yang tidak bersatu dengan markas Inter Milan.

Tak menutup kemungkinan jika Investcorp memutuskan membangun stadion sendiri, mengingat panjangnya debat publik soal New San Siro yang bakal ditutup pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga

Investcorp sendiri saat ini memang tengah dalam proses negosiasi dengan pemilik AC Milan, Elliott Management, mengenali ambil alih status kepemilikan klub.

Menurut media terkemuka Prancis, L'Equipe, negosiasi antara kedua belah pihak sudah terjalin sejak awal bulan ini.

Investcorp adalah perusahaan dana investasi global yang fokus pada lini bisnis berupa ekuitas swasta, real estate, infrastruktur, manajemen kredit, dan modal strategis.

Baca Juga

Perusahaan asal Bahrain ini dilaporkan siap membeli kepemilikan Rossoneri dari tangan pemilik saat ini, Elliott Management di angka 1,1 miliar euro alias setara dengan Rp15,5 triliun.

Investcorp sendiri kini diketahui mengelola aset dana hingga sebesar 42 miliar dolar atau sekitar Rp600 triliun.

Baca Juga

Dengan akuisisi ini, AC Milan nantinya segera berstatus sebagai klub sultan mengikuti jejak Manchester City, Paris Saint-Germain serta Newcastle United.


2. AC Milan Bakal Jor-joran di Bursa Transfer

Pemain AC Milan, Junior Messias merayakan gol keduanya bersama rekan setim REUTERS-Alberto Lingria

Selain pembangunan stadion baru, kehadiran investcorp berpotensi membuat AC Milan bisa bergerak bebas di bursa transfer pemain musim panas nanti.

Sempre Milan menyebut Investcorp siap membantu AC Milan menghadirkan sejumlah nama besar, dengan menyediakan dana belanja hingga 300 juta euro atau sekitar Rp4,6 triliun.

Setidaknya dengan dana belanja sebesar itu, ada empat nama yang menjadi bidikan di bursa transfer musim panas nanti. 

Keempat nama itu adalah Sebastien Haller (Ajax), Christopher Nkunku (RB Leipzig), Aurelien Tchouameni (Monaco), dan Nicolo Zaniolo (AS Roma).

Baca selengkapnya: Ngeri! Formasi AC Milan dengan 4 Pemain Seharga Rp4,6 Triliun
 

AC MilanInter MilanStadion San SiroLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini