x

Sikap Rasisme dan Seksisme Cemari IYC 2021, Pihak Penyelenggara Ambil Sikap Tegas

Senin, 18 April 2022 17:01 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
International Youth Championship (IYC) 2021 sempat diwarnai oleh sikap rasisme dan seksisme.

INDOSPORT.COM - International Youth Championship (IYC) 2021 sempat diwarnai oleh sikap rasisme dan seksisme. Pihak penyelenggara berjanji akan segera mengambil sikap tegas.

Pihak penyelenggara dari Pancoran Soccer Field (PSF) I Gede Widiade menyebut bahwa sikap tegas itu berupa teguran, pengusiran atau penghentian pertandingan jika diperlukan.

Baca Juga

“Sampai saat ini, sudah ada penonton yang ditegur. Kami terus menginformasikan soal rasisme dan seksisme ini baik melalui pengumuman di stadion dan iklan elektronik di lapangan,” ujar Gede dilansir dari Antara.

I Gede Widiade pun menyesalkan terjadinya praktik seksisme dan rasialisme oleh para penonton di Stadion Internasional Jakarta (JIS) saat IYC 2021 berlangsung. 

Baca Juga

Sebagai informasi, para penonton IYC 2021 merupakan para undangan. Dalam ajang tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang sekitar 2.500 penonton untuk hadir JIS pada setiap laga IYC 2021.

Menurut Gede, karena berstatus undangan, banyak dari penonton tersebut yang sebelumnya tidak pernah menyaksikan pertandingan sepak bola. 

Hal itu membuat mereka belum terbiasa dengan etika menyaksikan laga, apalagi di turnamen internasional seperti IYC.

Baca Juga

“Banyak warga yang tak pernah menonton sepak bola diikutkan oleh pemerintah daerah untuk menikmati pertunjukan turnamen internasional,” tutur pria yang pernah menjadi CEO Persebaya dan Direktur Utama Persija tersebut.

"Jadi kami terus memberikan peringatan dan antisipasi baik melalui pengumuman di stadion maupun meminta bantuan dari para pemandu masyarakat untuk menginformasikan tindakan apa yang tak boleh dilakukan saat melihat pertandingan sepak bola."


1. Peringatan Keras Terhadap Rasisme

Indonesia All Star dikalahkan Atletico Madrid U-18 dengan skor 1-2 pada laga ketiga turnamen International Youth Championship (IYC) 2022 di Stadion JIS, Minggu (17/04/22). Foto: Official Photo IYC 2022

Berdasarkan pantauan langsung di JIS pada IYC 2021, penyeru di dalam stadion akan memberikan peringatan langsung melalui pelantang ketika ada terdengar suara bertendensi seksisme atau rasisme dari tribun penonton.

Baca Juga

Penonton diingatkan untuk tidak mengulangi tindakannya atau akan dikeluarkan dari stadion jika tetap melakukan hal serupa.

Selain itu, peringatan juga tercantum di iklan elektronik yang tampil secara bergantian di pinggir lapangan. Iklan tersebut bertuliskan pesan seperti “Berantas tindakan seksisme”, “No room for racism” dan “Katakan tidak pada rasisme”.

Baca Juga

International Youth Championship sudah memasuki babak akhir. Tim Indonesia All Star U-20 ingin mengakhiri kiprah di International Youth Championship (IYC) 2021 dengan kemenangan. 

Mereka akan mengadapi Bali United U-18 pada laga perebutan tempat ketiga di Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta, Selasa (19/04/22).


2. Jadwal International Youth Championship (IYC):

Indonesia All Star dikalahkan Atletico Madrid U-18 dengan skor 1-2 pada laga ketiga turnamen International Youth Championship (IYC) 2022 di Stadion JIS, Minggu (17/04/22). Foto: Official Photo IYC 2022

Selasa, 19 April 2022

15:00 WIB Bali United U-18 vs Indonesia All Star U-20 (RCTI, iNews TV)

21:45 WIB Barcelona U-18 vs Atletico Madrid U-18 (MNCTV).

Baca Selengkapnya: (GALERI FOTO) Dikalahkan Atletico Madrid, Indonesia All Star Gagal ke Final IYC 2022

Gede WidiadeLiga IndonesiaJakarta International Stadium (JIS)International Youth Championship

Berita Terkini