x

Hadapi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Myanmar Lakukan Persiapan Serius di UEA

Selasa, 19 April 2022 15:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Myanmar menjalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arat (UEA) jelang SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam. Ini jadi persiapan mereka melawan Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM – Myanmar menjalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arat (UEA) jelang SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam. Ini juga jadi persiapan mereka menghadapi Timnas Indonesia U-23 di ajang tersebut.

Kurang dari sebulan lagi, pesta olahraga se-Asia Tenggara bertajuk SEA Games ke-31 akan dilangsungkan. Turnamen ini akan digelar di Hanoi, Vietnam mulai 12-23 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Sementara itu, cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 dijadwalkan digelar mulai 6-22 Mei 2022 di Vietnam.  Sebanyak 10 negara Asia Tenggara dijadwalkan ambil bagian di cabor ini.

Merujuk ada drawing cabor sepak bola putra, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup A. Grup ini dihuni oleh tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Salah satu pesaing Timnas Garuda Muda, yakni Myanmar melakukan persiapan khusus demi memenangkan medali pada turnamen ini.

Baca Juga

Dilansir dari News Eleven, skuat timnas Myanmar U-22 besutan juru taktik asal Bulgaria, Velizar Popov, saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arab.

Timnas berjulukan Asian Lions tersebut dilaporkan sudah berada di UEA sejak hari Minggu (17/04/22). Sementara pemusatan latihan dilakukan sampai tanggal 4 Mei.

Selama kurang lebih dua minggu berada di UEA, Myanmar tidak hanya menjalani latihan saja namun juga melakoni laga uji coba..

Baca Juga

Ada tiga pertandingan persahabatan yang dijadwalkan Myanmar, yang mana seluruh lawannya adalah klub-klub asal Uni Emirat Arab.

Myanmar sendiri sebelumnya sudah memilih 31 pemain untuk bertanding di SEA Games. Namun hanya 26 pemain saja yang dibawa Coach Popov selama tur UEA.


1. 29 Pemain Dipanggil Timnas Indonesia Jelang SEA Games

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Shin Tae-yong sendiri diketahui memanggil 29 nama untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta yang dilanjutkan ke Korea Selatan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan TC di Korea Selatan sesuai permintaan Shin Tae-yong. Apalagi PSSI memberi target tinggi yakni meraih emas di ajang SEA Games 2021.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih juara SEA Games 2021," kata Iriawan.

"Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," sambungnya.

Baca Selengkapnya: 29 Pemain Dipanggil Shin Tae-yong untuk TC bersama Timnas U-23 Jelang SEA Games 2021


2. Timnas Indonesia Jadi Lawan Berat Myanmar di SEA Games

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dari 31 pemain awal yang dipilih oleh pelatih Popov, delapan merupakan pemain senior dan empat di antaranya ikut dibawa ke tur UEA.

Dengan hanya tiga pemain senior yang diperbolehkan main di turnamen sepak bola SEA Games, maka Popov nantinya harus mencoret lima pemain senior yang dia panggil saat ini.

Baca Juga

Setelah pemusatan latihan di EUA rampung, timnas Myanmar U-22 akan langsung bertolak ke Vietnam untuk berlaga di SEA Games 2021.

Persiapan Myanmar ini memang terlihat sangat serius jika melihat lawan-lawan yang ada di grup A. Termasuk tuan rumah Vietnam dan Timnas Indonesia  yang dianggap Myanmar lawan terberat.

Sama dengan Myanmar, Timnas Indonesia U-23 saat ini juga menjalani pemusatan latihan di negara asal pelatih Shin Tae-yong, yakni Korea Selatan.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri diketahui memanggil 29 nama untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta yang dilanjutkan ke Korea Selatan.

Dalam waktu dekat, Marc Klok dkk dijadwalkan menjalani pertandingan persahabatan melawan

Tim Indonesia akan bermain melawan klub K-League Pohan Steelers pada 23 April. Pada 27 April, mereka akan memainkan pertandingan persahabatan melawan klub K-League Daejeon.

Baca Juga

Di ajang SEA Games 2021 nanti, Myanmar U-22 baru akan dipertemukan dengan Timnas Indonesia U-23 pada tanggal 15 Mei 2022, setelah menghadapi Timor Leste (8 Mei), Filipina (10 Mei), dan Vietnam (13 Mei).

Babak penyisihan grup dan semifinal akan dimainkan di Viet Tri dan Namnh sementara Hanoi akan menjadi tuan rumah pertandingan perebutan medali perunggu dan emas.

SEA GamesMyanmarTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalSepak BolaSEA Games 2021

Berita Terkini