x

Ternyata Segini Gambaran Gaji Marukawa di PSIS Semarang, Sah Jadi Pemain Termahal Liga 1?

Selasa, 19 April 2022 18:07 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
Jose Wilkson dan Taisei Marukawa sudah bergabung latihan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Penggawa anyar PSIS Semarang berposisi gelandang serang asal Jepang, Taise Marukawa tak sungkan membahas gaji yang dia terima di Liga 1 saat ini.

Sepanjang penampilanya bersama Persebaya Surabaya, Marukawa telah menunjukan penampilan memukau. Bahkan tak tanggung-tanggung pemain berusia 25 tahun itu menyabet gelar pemain terbaik di liga Indonesia.

Baca Juga

Musim kemarin total dia bermain sebanyak 32 kali bersama Bajol Ijo, menorehkan 17 gol dan mencetak 10 assist yang menasbihkan dirinya sebagai salah satu pemain terpenting di pasukan Aji Santoso di Liga 1 musim lalu.

Namun sayang, karier Marukawa di Persebaya hanya bertahan satu musim, pasalnya Taisei dan pihak klub tak menemukan kata sepakat di akhir musim kemarin. Hal itu tak disia-siakan oleh PSIS Semarang.

Laskar Mahesa Jenar, tiba-tiba membuat kejutan di akhir kompetisi, selang sehari setelah pekan ke-34 mentas. PSIS Semarang meresmikan dua pemain baru mereka untuk Liga 1 musim mendatang.

Baca Juga

Marukawa tak sendirian, pasalanya PSIS juga membuat kejutan lain dengan mendatangkan striker menakukan asal Arema FC, Carlos Fortes yang ikut boyongan ke kota Lumpia akhir musim kemarin.

Saat itu, ada spekulasi bahwa Marukawa membelot dari Persebaya Surabaya lantaran sang pemain dan manajemen Persebaya tidak menemukan jalan keluar mengenai kenaikan gaji yang diinginkan Marukawa.

Bahkan sang pemain yang sempat bermain di Malta itu bersama tim Noah Jurmala, hingga dituduh mata duitan oleh sebagain suporter Persebaya, Bonek mania yang terlanjur kesal dengan kepindahan mendadak pemain idolanya.

Baca Juga

Lantaran hal tersebut, Marukawa cepat-cepat membatas semua tuduhan yang terarah pada dirinya. Sang pemain berkilah kepindahanya ke PSIS karena panggilan hati nurani dan kagum dengan Pratama Arhan.

Meski demikian, baru-baru ini Marukawa justru blak-blakan mengenai besaran gaji di Indonesia saat ini. Kesempatan ini dia dapat ketika berbicara di laman Youtube Shunsuke Nakamura mantan pemain gagal Persela Lamongan.


1. Pengakuan Mengejutkan Taisei Marukawa

Taisei Marukawa berhasil membobol gawang Persita menit ke-3

Pada video yang diunggah dalam kanal Youtube eks-pemain Persela Lamongan, Shunsuke Nakamura, Taisei Marukawa telah memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan banyak pihak.

Kedua pemain asal Jepang itu berbicara soal peningkatan gaji Marukawa sejak bermain di Malta kemudian berpindah ke Indonesia dengan Persebaya hingga akhirnya bermain di tahun kedua bersamaa PSIS Semarang.

Baca Juga

Shunsuke Nakamura merupakan pemain yang sangat berpengaruh di karier sepak bola Marukawa. Dia adalah pihak yang ikut mencarikan jalan Taisei bermain di luar negeri sebelum akhirnya bermain di Indonesia.

Kedekatan hubungan antar keduanya dibuktikan saat mereka tak sungkan saling berbicara soal besaran gaji yang mereka dapat ketika bermain sebagai pemain profesional.

Dalam wawancara itu, Marukawa dan Nakamura berbicara 'ngalor-ngidul', banyak hal mulai awal karier sepak bola hingga akhirnya menjadi salah satu pemain asing terbaik di Liga 1 Indonesia saat ini.

Baca Juga

Pada awalnya mereka berdua bericara mengenai gaji ketika bermain di Malta, kemudian lanjut membahas pengalaman bermain di Indonesia di musim lalu, keduanya tampak tak sungkan

"Sedikit sekali gaji di Malta, hanya cukup untuk hidup saja, tabungan pasti tidak bisa," ungkap Marukawa dalam wawancara bersama Shunsuke Nakamura di chanel Youtubenya.

"Akhirnya gaji saya (di Persebaya) lebih banyak dari orang seumuran saya," tambah Markawa mengenai kenaikan gaji yang dia dapat setelah berkarier di Indonesia bersama Bajol Ijo.

Baca Juga

Hingga akhirnya pembicaraan mengarah ke besaran gaji yang dia dapat di klub barunya, PSIS Semarang. Marukawa dengan sedikit malu, menyebut bahwa upahnya sebanding dengan apa yang diterima pemain J1 League.

"Jadi setara dengan gaji pemain J1 (kasta tertinggi sepak bola negeri Sakura, Jepang), menjadi puluhan kali dibanding di Malta," pungkas Marukawa dalam sesi wawancara bersama Nakamura.


2. Taisei Marukawa Tolak Kenaikan Gaji di Persebaya

Taisei Marukawa melakukan selebrasi usai mencetak gol FOTO: Prabowo/INDOSPORT

Secara blak-blakan, agen Taisei Marukawa, Aggy Eka Ressy membongkar tawaran yang menggiurkan Persebaya Surabaya, untuk mempertahankan Taisei di Liga 1 2022.

Menurutnya, pelatih Aji Santoso sudah negosiasi dengannya, bahkan manajemen Persebaya juga langsung negosiasi dengan Marukawa saat perjamuan di Bali. Sayangnya, ia belum berani menjawab tawaran menggiurkan tersebut.

"Jujur saja, manajemen Persebaya saat masih series keempat atau kelima, Coach Aji dan manajemen menelpon saya, prioritas mereka adalah Marukawa (stay)," jelasnya.

"Sampai akhirnya, Marukawa diajak makan langsung oleh manajemen (Persebaya) di Bali, tanpa saya. Dia diajak ngomong baik baik, masih sama, belum bisa (menjawab)," bebernya.

Baca selengkapnya: Bukan Uang, Taisei Marukawa ke PSIS karena Hal Ini

Persebaya SurabayaPersela LamonganPSIS SemarangJ1 LeagueLiga IndonesiaLiga 1Taisei MarukawaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini