x

Profil Ryutaro Karube, Gelandang asal Jepang yang Jadi Rebutan Persija dan Persib

Kamis, 21 April 2022 14:47 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Profil Ryutaro Karube, Gelandang asal Jepang yang Jadi Rebutan Persija Jakarta dan Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Berikut profil gelandang asal Jepang bernama Ryutaro Karube yang sedang membuat heboh para pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung di media sosial.

Seperti diketahui, pada bursa transfer jelang bergulirnya Liga 1 2022-2023 mendatang, Persija Jakarta sedang mencari pemain asing dari Asia.

Baca Juga

Hal itu setelah manajemen Persija Jakarta dilaporkan akan melepas hampir semua pemain asingnya termasuk bintang Timnas Nepal bernama Rohit Chand.

Manajemen klub berjulukan Macan Kemayoran dikabarkan hanya mempertahankan satu pemain asingnya untuk mengarungi kompetisi musim depan yaitu Makan Konate.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Persija Jakarta langsung membidik sejumah nama termasuk gelandang asal Jepang, Ryutaro Karube untuk mengisi slot pemain asing dari Asia.

Kabar mengenai Ryutaro Karube menjadi incaran Persija pertama kali dibocorkan oleh akun rumor bursa transfer @igball.ina lewat story instagram pada Rabu (20/04/22) lalu.

Baca Juga

Sementara itu, ternyata tidak hanya Persija saja yang tertarik kepada Ryutaro Karube. Rival abadi mereka yaitu Persib Bandung juga diklaim memasukan sang pemain ke dalam daftar belanja di bursa transfer jelang Liga 1 2022-2023.

Lantas siapa sosok Ryutaro Karube yang mampu membuat Persija Jakarta dan Persib Bandung saling sikut-sikutan?


1. Profil Ryutaro Karube

Ryutaro Karube saat masih berseragam FC Gifu.

Ryutaro Karube merupakan pemain kelahiran Tokyo, Jepang pada 19 Desember 1992 silam. Dilansir dari Transfermarkt, ia merupakan jebolan dari akademi klub raksasa Jepang bernama Kawasaki Frontale.

Setelah mengenyam pendidikan di Kawasaki Frontale, Ryutaro Karube kemudian bermain bersama tim lokal, Meiji University.

Baca Juga

Setelah itu, ia dilirik oleh klub kasta kedua Liga Jepang atau J-League 2, FC Gifu. Klub ini menjadi awal sang gelandang dalam berkarier sebagai pemain profesional.

Hanya semusim membela FC Gifu, ia vakum selama hampir satu tahun dan belum diketahui alasan mengenai persoalan tersebut.

Baca Juga

Setelah vakum, pada Agustus 2017 lalu dirinya tiba-tiba dikontrak oleh klub Liga 1, Perseru Serui (yang kini berubah nama menjadi Badak Lampung FC).

Bersama Perseru Serui, Ryutaro Karube bermain cukup apik dengan mencatatkan 14 pertandingan dengan mengemas 6 gol. Ia mencatatkan waktu bermain sebanyak 1255 menit.

Setelah Liga 1 2017 selesai, gelandang bertahan berusia 29 tahun tersebut memutuskan pindah ke klub kasta tertinggi Liga Vietnam, FLC Thanh Hoa.

Dari FLC Thanh Hoa, ia sempat memperkuat klub Thailand yaitu Chainat FC, selajutnya ke Malaysia bersama Kuala Lumpur FC.

Baca Juga

Dari Malaysia, Ryutaro Karube kembali mentas di kompetisi Thailand bersama Chainat FC, Suphanburi FC, dan terakhir balik ke Vietnam dengan memperkuat Sai Gon FC.

Dalam data yang ditulis situs Transfermarkt, Sai Gon FC menjadi klub terakhir yang ia bela. Kontranya sudah habis pada Oktober 2021 lalu dan kini berstatus tanpa klub.


2. Kapan Tanggal Kick Off Liga 1 2022-2023?

Logo Liga 1 BRI 2021

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan membeberkan rencana kick off Liga 1 2022-2023. Di mana PSSI menjadwalkan kick off Liga 1 musim baru pada 27 Juli 2022 mendatang.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memang terus berupaya bisa segera kembali menggelar kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

PSSI pun memang tidak mau kompetisi strata teratas di Indonesia terlalu lama untuk libur pasca usai beberapa waktu lalu.

"Liga 1 mudah-mudahan 27 Juli sudah Kick off," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di sela-sela acara HUT PSSI di Stadion GBK.

Baca Juga
Bursa TransferJepangPerseru SeruiPersib BandungPersija JakartaLiga 1

Berita Terkini