x

Bedah Formasi Manchester United dengan Kehadiran Erik ten Hag dan 10 Pemain Baru: Revolusi Total

Jumat, 22 April 2022 10:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Seiring kedatangan Erik ten Hag, Manchester United diklaim bakal boyong 10 pemain baru. Bakal seperti apa revolusi line up Setan Merah musim depan? Foto: Instagram@manchesterunited

INDOSPORT.COM – Seiring kedatangan Erik ten Hag, Manchester United diklaim bakal boyong 10 pemain baru. Bakal seperti apa revolusi line up Setan Merah musim depan?

Kabar gembira datang dari Manchester United. Raksasa Liga Inggris itu akhirnya berhasil mengakhiri perburuan panjang manajer baru.

Baca Juga

Adalah Erik ten Hag yang dipercaya untuk memimpin Bruno Fernandes musim depan. Pria Belanda itu diboyong dari Ajax dan diikat kontrak 3 tahun hingga Juni 2025 dengan opsi perpanjangan 1 tahun.

Manchester United sendiri memang menunjukkan kinerja buruk sepanjang musim ini, meski kursi kepelatihan sudah beralih dari Ole Gunnar Solskjaer ke Ralf Rangnick.

Bahkan, hanya beberapa hari sebelum penunjukkan ten Hag, Setan Merah dipermalukan 0-4 oleh rival berat mereka, Liverpool, di lanjutan Liga Inggris.

Baca Juga

Kehadiran ten Hag pun diharapkan mampu membangkitkan performa Man United, dan menghadirkan identitas permainan yang stabil.

Seperti diketahui, kinerja ten Hag bersama Ajax memang terbilang apik. Tak hanya menyuguhkan pola atraktif, ten Hag juga 2 kali menghadirkan gelar ganda Piala KNVB dan Liga Belanda pada 2018/2019 dan 2020/2021.

Revolusi besar pun diyakini bakal terjadi di tubuh skuat United. Sebelumnya, Ralf Rangnick menyebut MU berpeluang mendatangkan 10 pemain baru.

Baca Juga

Di sisi lain, sejumlah laporan menyebut ada setidaknya 12 pemain yang bakal didepak di bursa transfer musim panas.

Sementara itu, The Sun menyebut Erik ten Hag bakal dibekali dana belanja 200 juta pounds (Rp3,7 triliun) ditambah dana hasil penjualan sejumlah pemain. Lantas, bakal seperti apa formasi Manchester United musim depan jika ten Hag sukses memboyong 10 pemain baru? Berikut ulasannya:


1. 3 Nama Baru di Lini Belakang

Antonio Rudiger (kanan), calon wajah baru di lini belakang Manchester United.

Selama membesut Ajax, Erik ten Hag diketahui kerap menggunakan sejumlah pola berbeda mulai dari 4-2-3-1 hingga 4-3-3.

Namun, dengan para pemain MU lebih familier dengan 4-2-3-1, kemungkinan besar pola itulah yang akan digunakan.

Baca Juga

Di sektor kiper, kedatangan ten Hag diyakini tidak akan mengubah banyak hal dengan David de Gea tetap menjadi andalan, dilapis oleh Dean Henderson.

Maju ke sektor 4 bek, perubahan besar berpeluang terjadi di sektor bek tengah dengan potensi kedatangan dua nama baru yakni Jurrien Timber dan Antonio Rudiger.

Seperti diketahui, Rudiger bisa diboyong gratis seiring kontraknya di Chelsea yang segera berakhir, sedangkan Timber adalah andalan ten Hag di Ajax yang berpeluang ikut dibawa ke Old Trafford.

Baca Juga

Duet Antonio Rudiger-Jurrien Timber ini berpeluang menjadi andalan baru MU, menggusur Harry Maguire dan Raphael Varane yang tampil buruk.

Di bek kiri, Luke Shaw yang punya kemampuan bagus dalam membantu serangan dengan sudah mencetak 5 assist akan tetap menjadi andalan, seiring kegemaran ten Hag pada bek sayap agresif.

Sementara itu, Alex Telles yang punya kemampuan tak kalah baik akan berperan sebagai pelapisnya.

Baca Juga

Di kanan, nama baru diyakini akan datang guna memenuhi kebutuhan ten Hag akan bek sayap agresif, dengan kandidat terkuat adalah anak buah sang juru taktik di Ajax, Noussair Mazraoui. Meski demikian, MU harus bersaing ketat dengan Bayern Munchen yang meminatinya.

Sementara itu, salah satu dari Aaron Wan-Bissaka dan Diogo Dalot yang sama-sama tampil mengecewakan musim ini diyakini bakal terdepak.

 

2. 7 Nama Baru di Lini Tengah dan Depan

Darwin Nunez, penyerang Benfica (Reuters/Matthew Childs)

Di lini tengah, perubahan besar kembali akan terjadi yakni di sektor double pivot. Tidak tanggung-tanggung, MU berpeluang memboyong 3 nama sekaligus untuk mengisi sektor ini.

Mahalnya harga Declan Rice membuat Manchester United disebut beralih pada 2 bintang Liga Inggris lain yang lebih murah yakni Ruben Neves (Wolves) dan Youri Tielemans (Leicester).

Baca Juga

Tielemans bahkan sudah hampir bisa dipastikan hengkang seiring kontraknya yang hanya tersisa 1 tahun, dengan The Foxes memberinya banderol 25 juta pounds.

Sementara itu, nama ketiga adalah bintang muda asal Argentina yang Enzo Fernandez, yang tampil gemilang musim ini bersama River Plate. Fernandez diklaim punya klausul tebus 16 juta pounds dan bisa berperan sebagai pelapis Neves dan Tielemans, sembari beradaptasi dengan permainan di Inggris.

Maju ke lini serang, wajah baru berpeluang hadir di sektor sayap. Di kanan, salah satu andalan ten Hag di Ajax yakni Antony juga santer disebut bakal menyusul ke Old Trafford. Bintang muda Brasil itu tampil memukau musim ini dengan 12 gol dan 10 assist dari 33 laga.

Baca Juga

Di kiri, nama baru juga berpotensi hadir dalam diri Christopher Nkunku. Bintang RB Leipzig itu santer dikaitkan dengan MU dalam beberapa hari terakhir. Piawai bermain di sejumlah posisi, Nkunku bisa dimainkan di kiri menggantikan Marcus Rashford yang jeblok musim ini.

Sementara itu, Jadon Sancho yang mulai membaik setelah jeblok di awal musim bisa berperan menjadi pelapis keduanya, seiring kemampuannya bermain di kedua sisi.

Di sektor gelandang serang, Bruno Fernandes akan tetap jadi pilihan utama. Namun, MU disebut tertarik memboyong Christian Eriksen yang kontraknya habis Juni nanti, dengan bintang Denmark itu diproyeksikan melapis Fernandes.

Baca Juga

Di pos penyerang tengah, sulitnya memboyong Harry Kane membuat Setan Merah bisa beralih kepada Darwin Nunez. Bomber Benfica itu merupakan sosok finisher mumpuni yang sudah mencetak 33 gol dari 38 laga musim ini.

Manchester United XI (4-2-3-1): De Gea; Mazraoui, Timber, Rudiger, Shaw; Neves, Tielemans/Fernandez; Antony, Bruno/Eriksen, Nkunku; Nunez.

Bursa TransferManchester UnitedChristian EriksenRuben NevesYouri TielemansLiga InggrisAntonio RudigerEnzo FernandezBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferErik ten HagDarwin NunezChristopher Nkunku

Berita Terkini