x

Ditanya Pelatih Timnas Shin Tae-yong soal Perkembangan Naturalisasi, PSSI: Mau Jawab Apa?

Jumat, 22 April 2022 19:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Kabar perkembangan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sepertinya masih belum menemui titik terang. Bahkan PSSI sampai bingung ditanya akan perkembangan proses naturalisasi keduanya.

PSSI memang terus berupaya mengerahkan segala cara untuk proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh serta Jordi Amat.

Baca Juga

PSSI memang mengalami sedikit hambatan terkait proses naturalisasi keduanya dari Kemenkumham. Dimana dokumen yang dikirimkan PSSI dinilai masih kurang beberapa poin.

PSSI sendiri sejatinya mengerahkan segala cara guna melancarkan proses naturalisasi tersebut.

Diantaranya adalah menugaskan anggotan Exco PSSI, Hasani Abdulgani dan Hamdan Hamedan untuk bertolak ke Belanda untuk mengurus semua dokumen yang dibutuhkan.

Baca Juga

Kini seiring waktu berjalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ingin mengetahui perkembangan naturalisasi keduanya.

Bukan tanpa alasan, sebab memang dia sudah mulai mendata pemain mana yang akan disiapkan untuk Kualifikasi Piala Asia Juni.

Baca Juga

1. Butuh Kejelasan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanyakan progres pemain naturalisasi kepada Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: PSSI

Disinggung akan perkembangan ini, Hasani Abdulgani mengaku bingung menjawab pertanyaan dari tim kepelatihan Shin Tae-yong.

"Bingung mau jawab apa?," tulis Hasani dalam instagram pribadinya.

Baca Juga

"Hai Pak Hasani bolehkah saya bertanya apakah sudah ada update tentang penerbitan passport Indonesia untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat? Kami telah memulai mengerjakan pendaftaran awal pemain untuk kualifikasi Piala Asia AFC yang akan dimainkan di Kuwait awal Juni. Kami berharap mendapat update dari Anda. Terimakasih," jelas Hasani.

Memang Shin Tae-yong membutuhkan kejelasan akan bisa tidaknya para pemain keturunan ini diturunkan di ajang Kualifikasi nanti.

Bila memang tidak cukup waktu, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong akan tidak menggunakan jasa Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Baca Juga

2. Dapatkan Tanda Tangan

Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Sebelumnya Hasani Abdulgani, telah bertemu tiga pemain keturunan yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama. Mereka berdiskusi perihal proses naturalisasi serta meneken sejumlah dokumen.

Hasani belum lama ini terbang ke Eropa karena butuh tanda tangan dari tiga pemain tersebut, yang menyatakan bersedia melepas kewarganegaraan lama dan menjadi WNI. 

Diketahui, proses naturalisasi para pemain keturunan saat ini tengah mandek di Kemenkumham. Mereka meminta dokumen pelengkap yang wajib ditandatangani Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama.

Setelah mendapatkan tanda tangan dan persetujuan, Hasani berharap proses naturalisasi ketiganya berjalan lancar. Pasalnya, mereka diproyeksikan ke Kualifikasi Piala Asia 2023 awal Juni mendatang.

"Tergantung mereka (Kemenkumham). Kalau niat mau bantu, seharusnya lancar ya," jawab Hasani Abdulgani ketika dikonfirmasi kelanjutan proses naturalisasi.

Baca selengkapnya: PSSI Dapatkan Tanda Tangan, Kemenkumham Lancarkan Naturalisasi Sandy Walsh Cs?

PSSITimnas Indonesia U-23NaturalisasiHasani AbdulganiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshShin Tae-yongJordi Amat

Berita Terkini