x

SEA Games 2021: Para Bintang Liga Eropa yang Bakal Sulitkan Timnas Indonesia di Grup A

Jumat, 22 April 2022 12:23 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat para bintang Liga Eropa yang bakal sulitkan langkah Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 mendatang.

INDOSPORT.COM – Melihat para bintang Liga Eropa yang bakal sulitkan langkah Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 mendatang.

Jelang melakoni laga perdana penyisihan Grup A SEA Games 2021 pada bulan Mei 2022 mendatang, Timnas Indonesia U-23 kian mematangkan persiapan dengan melakukan sejumlah uji coba.

Baca Juga

Teranyar, Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Andong University di laga uji coba perdana selama pemusatan latihan di Korea Selatan.

Skuad Garuda Muda menang 4-2 dalam laga yang berlangsung di di Haemaji Football Field, Kamis (21/04/22) waktu Korea. 

Timnas U-23 langsung menurunkan sejumlah pemain senior andalan dalam laga tadi. Marc Klok, Irfan Jaya, Ricky Kambuaya dan Fachruddin Aryanto jadi starter.

Baca Juga

Di babak pertama, tim asuhan Shin Tae-yong berhasil unggul 2-1. Dua gol Indonesia dilesakkan Irfan Jaya menit ke-7 dan Muhamad Ridwan (21’) lewat tendangan penalti. Sedangkan satu gol Andong terjadi di menit ke-33.

Di babak kedua, Indonesia kembali menambah dua gol melalui aksi Ronaldo Kwateh (88’) dan Irfan Jauhari (90’). Tim Andong juga menambah satu gol menit ke-56.

Setelah lawan Andong University, Timnas U-23 dijadwalkan melawan Pohang Steelers pada 23 April mendatang.

Baca Juga

Selanjutnya, ada Daejon Hana Citizen yang bakal jadi penantang pada 27 April, sebelum akhirnya Timnas Indonesia bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games 2021.

Meski gemilang di uji coba, namun Timnas Indonesia U-23 tetap wajib waspadai tim-tim rival di Grup A SEA Games 2022 nanti.

Pasalnya, ada beberapa kontestan yang diperkuat bintang Liga Eropa dan mungkin bisa mempersulit langkah Timnas Indonesia meraih kemenangan.

Lantas negara mana sajakah yang diperkuat bintang Liga Eropa tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Myanmar

Laga pertandingan antara Indonesia U-23 vs Myanmar U-23, babak semifil SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

Negara pertama adalah Myanmar. Melansir dari laman federasi Myanmar, diketahui bahwa skuat arahan Velizar Popov tersebut membawa 21 pemain untuk gelaran SEA Games 2021.

Dari 21 nama, ada satu sosok yang wajib diwaspadai terutama buat Timnas Indonesia yakni Arthur Pha.

Baca Juga

Tercatat, gelandang berusia 18 tahun itu merupakan pemain dari akademi Liga Spanyol, Leganes U-23.

Meski lahir di Myanmar, namun Arthur Pha sempat berpindah ke Thailand hingga akhirnya memperkuat klub lokal, Narkhun Chiang Mai.

Pada tahun 2017, bakat Arthur Pha mampu menarik perhatian salah satu pelatih asal Inggris dan langsung merekomendasikannya untuk mengikuti trial di Leganes.

Baca Juga

Berhasil lolos dan menimba ilmu di Leganes junior, pada tahun 2019 Arthur Pha resmi meneken kontrak profesional dengan klub Segunda Division itu dan kini bermain untuk tim U-23.

Dengan pengalaman Arthur Pha di Eropa, ditambah kehadiran para pemain Myanmar yang sempat cicipi level senior seperti Ye Min Thu, Myat Kaung Khant dan Htet Phyo Wai, skuat Timnas Indonesia wajib mewaspadai permainan The Chinthe di SEA Games 2021 nanti.

Apalagi di pertemuan terakhir kontra Myanmar di SEA Games, anak asuh Velizar Popov ini sukses mempersulit kemenangan Timnas Indonesia bahkan harus memaksa laga berjalan hingga babak perpanjangan.

Baca Juga

Dalam duel terakhir Myanmar vs Timnas Indonesia di SEA Games, skuat Merah Putih bisa menang 2-4 namun harus melewati babak extra time pada babak semifinal tahun 2019 lalu.


2. Filipina

Laga pertandingan antara Indonesia U-23 vs Laos U-23 SEA Games Filipina 2019, Kamis (05/12/19).

Berikutnya ada Timnas Filipina. Sudah bukan rahasia umum lagi jika Filipina memang sering diperkuat pemain keturunan yang mentas di kompetisi Eropa.

Bahkan untuk kelompok umur pun tampaknya federasi Timnas Filipina ingin menggunakan jasa para bintang keturunan mereka yang ada di Eropa untuk raih hasil maksimal di SEA Games 2021.

Baca Juga

Melansir dari laman resmi federasi Timnas Filipina, tercatat ada tiga pemain Liga Eropa yang memperkuat skuat The Young Azkals dan mungkin bakal mentas di SEA Games 2021.

Mereka adalah David Setters yang berposisi sebagai bek, Nathan Rilloraza sebagai gelandang serang serta Antoine Ortega di pos winger.

Liga Spanyol jadi penyumbang terbanyak pemain keturunan di skuat Filipina U-23 kali ini. Yakni Nathan Rilloraza yang memperkuat klub akademi Malaga, serta Antoine Ortega di klub CF Badalona yang mentas di kasta keempat.

Sementara David Setters berasal dari klub Liga Inggris, tepatnya dari akademi Portsmouth FC.

Sama seperti Myanmar, kekuatan Filipina juga wajib diwaspadai Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup SEA Games 2021 nanti.

Selain diperkuat pemain jebolan Liga Eropa, skuat Filipina juga dihuni para penggawa keturunan benua biru seperti Dennis Chung (Jerman), Griffin McDaniel (Amerika Serikat) serta Kieran Hayes (Inggris).

Berbekal postur tubuh yang lebih tangguh serta pengalaman tampil di Eropa, Filipina diprediksi bakal jadi kuda hitam yang mungkin bisa lolos dari penyisihan grup SEA Games.

SEA GamesTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini