x

Siapa Bilang Aman, Nasib David de Gea Bisa Suram di Bawah Erik ten Hag

Jumat, 22 April 2022 15:49 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Erik ten Hag resmi diperkenalkan sebagai nakhoda anyar Manchester United per akhir musim ini dan penunjukkan Ten Hag bisa mengancam David de Gea.

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag resmi diperkenalkan sebagai nakhoda anyar Raksasa Liga Inggris, Manchester United per akhir musim ini. Penunjukkan Ten Hag ternyata bisa mengancam keberadaan David de Gea. Bagaimana bisa?

Melansir dari Manchester Evening News, hal tersebut berkaitan dengan penampilan David de Gea yang dinilai tidak sesuai dengan gaya permainan Ten Hag.

Baca Juga

Statistik mencatat jika De Gea menjadi salah satu kiper dengan rerata jumlah kebobolan paling sedikit. Tercatat hingga musim 2021-2022 berjalan De Gea hanya kebobolan 41 gol di luar dari gol bunuh diri yang dilakukan rekannya.

Ia pun diganjar sebagai kiper yang sulit dibobol. Catatan apiknya hanya mampu dilampaui oleh kiper Wolveshamton Wanderers, Jose Sa.

Meski demikian jika ditelaah lebih jauh, eks penjaga gawang Atletico Madrid tersebut punya kelemahan, termasuk tidak sigap mengantisipasi umpan silang dari lawan.

Baca Juga

"Sejauh musim ini, dia hanya menghentikan 3,3 persen umpan silang ke kotak penalti yang dia hadapi, menempatkannya di urutan ke-22 di antara 23 rekan-rekannya, di depan hanya Daniel Bachmann di Watford," tulis Manchester Evening News.

Lebih menghawatirkannya lagi, De Gea tak mampu menjadi sosok yang bisa diandalakan dalam memulai serangan Manchester United.

Dalam sepak bola ofensif yang dipergakan oleh Erik ten Hag, penjaga gawang punya peranan penting dalam mengatur serangan.

Baca Juga

"De Gea telah mengalami kesulitan ketika membangun dari belakang dalam beberapa bulan terakhir, menunjukkan kecenderungan untuk panik ketika di bawah tekanan dari lawan," tambah laporan tersebut.

"Jika Ten Hag ingin memasang gaya permainan yang mencakup pembangunan melalui sepertiga lapangan, De Gea bisa menghadapi masalah,"


1. Nasib Suram De Gea

David De Gea, kiper Manchester United.

Selain itu, persoalan yang tak kalah pelik yang bakal dihadapi De Gea saat diasuh Ten Hag adalah kemampuannya untuk melakukan umpan panjang. Tercatat, separuh dari umpan De Gea berada di angak 40 yard.

Manchester Evening News meyakini, hal tersebut menjadi titik kelemahan De Gea. Hampir pasti ia bakal digembleng habis demi menyesuaikan taktik Ten Hag.

Baca Juga

"Ten Hag ingin benar-benar mengubah United di lapangan, penjaga gawangnya mungkin harus mulai memelajari keterampilan baru lebih cepat daripada nanti,"

De Gea sendiri saat ini masih aman-aman saja mengingat Rangnick tak terlalu menekankan gaya permainan tertentu khususnya untuk penjaga gawang.

Bahkan pelatih asal Jerman tersebut menyebut jika De Gea tampil impresif. Rangnick pun mengakui jika De Gea menjadi sosok yang bakal selamat dari agenda cuci gudang klub.

Baca Juga

“Saya pikir selain penjaga gawang, kami perlu memastikan bahwa kami meningkatkan skuat di semua area,” katanya kepada Sky Sports baru-baru ini.

"Bagi saya, David [de Gea] luar biasa sejak saya tiba," tambah Rangnick.

Meski masa depan De Gea jauh dari agenda bersih-bersih klub namun bukan berarti Manchester United bakal terus memercayainya di bawah mistar.

Baca Juga

Fakta bahwa usia Dea Gea tidak muda lagi membuat The Red Devils mulai berpikir untuk mencari penggantinya.

Menurut rumor yang berkembang, Manchester United kepergok memantau Philipp Kohn yang kini merumput bersama RB Salzburg.

Perwakilan Setan Merah bahkan diisukan blusukan ke Jerman untuk melihat langsung perkembangan Philipp Kohn. Andai De Gea tampil melempem atau tidak sesuai dengan ekspektasi Ten Hag, hampir pasti dia bakal digantikan oleh Kohn.


2. De Gea Ogah Oper Bola ke Maguire, Lebih Pilih Dibuang

David De Gea, kiper Manchester United.

Pertandingan Liga Inggris antara Manchester United vs Norwich City kembali membuat viral dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Pasalnya terdapat momen di mana David de Gea lebih memilih membuang bola ke kiri dibandingkan harus passing ke Harry Maguire.

Alhasil, laga antara Manchester United vs Norwich City dalam pekan ke-33 Liga Inggris di Stadion Trafford pada Sabtu (16/04/22) ramai diperbincangkan.

Terdapat beberapa rentetan momen yang menarik perhatian penggemar dan netizen di media sosial. Mulai dari kemenangan pertama Manchester United setelah empat laga terakhir menelan kekalahan.

Hat-trick Ronaldo hingga tendangan 'kalajengking' Harry Maguire kepada rekan satu timnya Paul Pogba.

Kini, The Red Devil kembali menjadi sorotan karena keputusan kiper David de Gea yang menolak mengoper ke sisi kanan dan memilih membuang bola ke sisi kiri.

Baca Selengkapnya: Liga Inggris: Viral! De Gea Ogah Oper Bola ke Maguire, Lebih Pilih Dibuang

Manchester UnitedDavid de GeaLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini