x

Kontrak Thomas Doll, Persija Langsung Jadi Sorotan Media Transfer Jerman

Sabtu, 23 April 2022 15:40 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Prio Hari Kristanto
Thomas Doll telah resmi menjadi pelatih baru Persija untuk Liga 1 musim depan dan mendapat sorotan dari media transfer kenamaan Jerman.

INDOSPORT.COM - Thomas Doll telah resmi menjadi pelatih baru Persija untuk Liga 1 musim depan. Berita ini disampaikan langsung oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca, pada Sabtu (23/04/22).

Hadirnya pelatih berkebangsaan Jerman ini menarik perhatian berbagai media Indonesia. Tapi, tak hanya media Indonesia, media transfer kenamaan Jerman juga menyoroti masuknya Thomas Doll sebagai pelatih Persija.

Baca Juga

Media transfer Jerman, Transfermarkt, mengunggah berita di akun Twitter resmi mereka terkait berita pekerjaan baru Thomas Doll di Indonesia.

Thomas Doll sendiri merupakan pelatih dengan banyak prestasi di pentas Eropa, baik sebagai pemain atau sebagai pelatih.

Sebagai pemain sepak bola, Doll pertama kali meraih prestasi di musim 1986/1987 bersama dengan klub asal Jerman Timur yakni Berliner FC Dynamo.

Baca Juga

Ketika Jerman Timur dan Jerman Barat bersatu, Doll merupakan salah satu pemain sepak bola yang dipanggil untuk membela Timnas Jerman.

Setelah bergabung dengan Timnas Jerman, salah satu perncapaian terbaik Doll adalah melaju ke babak final di Piala Eropa 1992.

Sayangnya, klubnya gagal menorehkan gelar juara setelah Jerman ditaklukan oleh Denmark dengan skor 0-2 di laga puncak.

Baca Juga

Setelah itu, pada tahu 2001 Doll berhenti menjadi pemain sepak bola dan beralih ke dunia kepelatihan. Tim pertama yang dilatihnya adalah Hamburger SV U-19.

Dengan kemampuan kepelatihan yang semakin meningkat, pelatih yang satu ini menjadi pelatih tim utama Hamburger SV pada tahun 2004.


1. Prestasi Thomas Doll Sebagai Pelatih

Pemain baru Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi. Foto: Persija

Kemampuan kepelatihannya dibuktikan dengan membawa tim senior Hamburger SV menyabet gelar Piala Intertoto setelah mengalahkan Valencia di babak final.

Pada tahun 2007 Thomas Doll juga pernah melatih klub lokal yakni Borussia Dortmund. Ia melatih klub lokal ini selama kurang lebih satu tahun.

Baca Juga

Prestasi sebagai pelatih yang selanjutnya ia torehkan adalah ketika melatih Ferencvarosi TC pada tahun 2013. Saat itu Doll mencoba peruntungannya di Hungaria.

Datang sebagai pelatih asing, Doll justru terkenal di Hungaria. Selama melatih Ferencvarosi TC, dirinya berhasil mempersembahkan empat trofi.

Gelar juara yang diraih oleh Ferencvarosi TC di bawah kepemimpinan Doll adalah Liga Hungaria (2015-2016) dan 3 Piala Hungaria, yang diraih secara beruntun pada musim 2015 sampai 2017.

Baca Juga

Selanjutnya pada Agustus 2019, dia melatih APOEL. Doll memberikan gelar Super Cup dan lolos ke 32 Besar Liga Europa. Namun, Doll dan klub kemudian sepakat berpisah pada Desember 2019.

Dan Persija Jakarta merupakan pekerjaan pertamanya sebagai pelatih setelah dua tahun tak terjun di dunia kepelatihan.

Sebelum mendayangkan Thomas Doll, Persija Jakarta sudah menyusun ulang daftar pemainnya untuk persiapan Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Ada beberapa nama pemain Persija Jakarta yang baru-baru ini mengakhiri kontraknya dengan klub tersebut. Ketiga pemain yang dilepas ialah Novri Setiawan, Yoewanto Beny dan Adixi Lenzivio.

Selain melepaskan beberapa pemain, Persija juga sudah mendatangkan beberapa pemain untuk memperkuat permainan tim. Pemain-pemain tersebut adalah Hanif Sjahbandi, Firza Andika, dan Hansamu Yama Pranata.


2. Resmi Datangkan Thomas Doll

Resmi, Persija Jakarta Datangkan eks Pelatih Dortmund, Thomas Doll

Setelah banyak mendatangkan dan mengeluarkan pemain untuk persiapan Liga 1 musim depan, kini secara resmi teka-teki terkait siapa pelatih Persija sudah terjawab.

Tim Macan Kemayoran menunjuk Thomas Doll untuk membawa Persija mengarungi Liga 1 musim 2022-2023.

Thomas Doll telah sepakat bekerja sama selama tiga musim ke depan. Nantinya, Thomas Doll tak hanya sebagai pelatih saja.

Juru taktik kelahiran Malchin, 9 April 1966 itu juga akan berperan sebagai manajer. Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengatakan sosok Thomas Doll sudah sesuai kriteria yang diharapkan.

Karier sebagai pemain dan pelatih terbilang mentereng sehingga Thomas Doll diharapkan mampu menjaga kejayaan Persija Jakarta di Liga 1.

Baca Selengkapnya: Resmi! Persija Jakarta Datangkan Eks Pelatih Dortmund untuk Liga 1 Musim Depan

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Thomas Doll

Berita Terkini