x

Pelatih Bali United Bicara soal Liga 1, Piala AFC dan Piala Walikota Solo

Sabtu, 23 April 2022 11:36 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menyambut positif pemilihan 27 Juli 2022 mendatangf sebagai waktu kick off kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Semakin cepat jadwal dibuat maka klub-klub Liga 1 lebih mudah menyusun program ke depan. PSSI punya keinginan memulai kompetisi pada 27 Juli mendatang.

Baca Juga

Keinginan ini disampaikan sang ketua umum, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, ketika acara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 19 April lalu.

Iwan Bule memastikan kompetisi akan digelar dengan format kandang dan tandang. Sebelum kompetisi digulirkan, 18 klub Liga 1 lebih dahulu bertarung dalam ajang pramusim.

Baca Juga

Pengumuman ini banyak diragukan para pecinta sepak bola nasional, bila berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yang selalu molor dari rencana awal.

Namun, pengumuman ini tetap disambut gembira klub Liga 1, termasuk sang juawa bertahan Bali United. Sebelum tampil di Liga 1, mereka akan mewakili Indonesia pada ajang Piala AFC 2022.

Untuk itu, ketika tanggal dimulainya kompetisi telah ditetapkan jauh-jauh hari, skuat Serdadu Tridatu bisa membuat rancangan kerja semusim kedepan lebih tepat.

"Bagus. Ketika semua tim sudah tahu jadwal dari pertandingan pertama akhir, ini akan membantu persiapan dari semua tim. Lebih mudah juga buat bikin program latihan," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, Jumat (22/4/22) malam.

Pemilihan tanggal 27 Juli 2022 juga dirasa Teco sebagai waktu yang ideal memulai kompetisi. Ada jarak hampir empat bulan dari kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Baca Juga

Satu bulan digunakan untuk istirahat, sekaligus evaluasi tim serta berburu pemain baru. Lalu 2,5 bulan digunakan untuk latihan sekaligus uji coba.

"Semua tim punya waktu cukup untuk melakukan masa persiapan yang bagus," tutur pelatih asal Brasil ini.


1. Bali United Butuh Laga Uji Coba

Perayaan Gelar Juara Liga 1 Bali United

Teco memastikan Bali United tak sekadar latihan internal menuju Piala AFC dan Liga 1 2022. Bali United akan melakukan sederet pertandingan pemanasan.

Baca Juga

Piala Walikota Solo 2022 menjadi ajang yang pasti diikuti Bali United. Turnamen pemanasan ini akan digelar di Stadion Manahan Solo dengan melibatkan tim-tim Liga 1, termasuk tuan rumah Persis Solo.

Baca Juga

Sementara untuk waktu penyelenggaraan, ada kabar ajang ini akan berlangsung pada awal Juni mendatang, atau mundur dari perkiraan awal pada akhir Mei.

Baca Juga

Teco menyebut waktu perhelatan Piala Walikota Solo masih cocok dengan jadwal Piala AFC yang akan digelar pada 24-30 Juni 2022.

"(Awal Juni) tidak ada masalah. Kita butuh pertandingan uji coba," papar Teco.


2. Pantau Lawan di Piala AFC

Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pada Piala AFC 2022, Bali United tergabung di grup G bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Kaya FC Iloilo (Filipina) dan Visakha FC (Kamboja.

Teco mengaku sudah mempelajari kekuatan Kedah Darul Aman. Kekuatan itu teramati ketika Marc Vales dkk. bermain di Liga Malaysia.

"Saya baru saja lihat saat Kedah melawan Selangor. Mungkin kedepan ada beberapa pertandingan yang bisa saya lihat sebagai persiapan tim menghadapi AFC," kata Teco.

Liga Malaysia bisa teramati dengan mudah karena disiarkan secara langsung melalui televisi kabel. Begitu pula dengan turnamen Filipina yang disiarkan di channel youtube Philippines Football League.

Kini, Teco punya pekerjaan rumah untuk mempelajari kekuatan Visakha FC. Pelatih asal Brasil ini mengaku buta dengan kekuatan wakil Kamboja.

"Saya belum pernah menonton mereka bermain, tapi info dari Privat (Mbarga), mereka tim bagus dari Kamboja," tutur Teco.

Baca Juga
Piala AFCBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1

Berita Terkini