x

Bima Sakti Ungkap Kekurangan dan Kelebihan Pasca Timnas U-16 Menang Telak vs Bandung Pro United

Minggu, 24 April 2022 15:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan Eduardo Perez. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 menang 4-2 atas Bandung Pro United pada laga uji coba di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (23/04/22). Hasil tersebut sesuai ekspetasi tim pelatih skuad Garuda Asia. 

Laga uji coba Timnas U-16 vs Bandung Pro United belangsung tiga babak (30x3). Timnas U-16 juga menurunkan pemain yang berbeda di setiap babak karena ada 34 pemain yang ada di TC. 

Baca Juga

Pada babak pertama, Timnas U-16 menang 2-1, lalu menang 1-0 di babak kedua dan bermain imbang 1-1 di babak ketiga. 

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti cukup puas dengan permainan anak asuhnya. Ini adalah uji coba pertama mereka dengan tim dari luar dan pemain menunjukan progres yang bagus. 

Baca Juga

"Tujuannya adalah saya ingin memberikan kesempatan kepada semua pemain, tim pertama kedua dan ketiga," kata Bima Sakti.

"Tidak ada yang spesial, artinya mereka semua tetap sama cuma waktu kesempatannya yang berbeda-beda. Agar mereka bisa mencicipi bertanding dengan tim dari luar." 

Baca Juga

"Secara progres fisik, anak-anak ini sudah meningkat," lanjutnya. 


1. Mental Pemain Timnas Indonesia U-16 Masih Menjadi PR

Internal game Timnas Indonesia U-16. Foto: PSSI

Meski menang telak, Bima Sakti mengatakan masih ada kekurangan. Beberapa pemain yang bekerja lebih keras agar bisa keluarkan kemampuan terbaik. 

Masalah mental jadi hal krusial karena pemain masih berusia remaja. Kontrol bola dan transisi permainan juga harus dibenahi. 

"Ada beberapa pemain yang harus kami perbaiki, terutama masalah mental mereka," tutur Bima Sakti.

"Lalu kadang mereka masih sering kehilangan bola dan saat bertahan, jangan terlalu sering membuat pelanggaran yang tidak penting," imbuhnya. 

"Tetapi secara progres dari segi fisik, permainan, kemudian taktik, semuanya sudah meningkat," sambung mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Setelah uji coba kemarin, Timnas U-16 akan mengakhiri TC pada hari ini, Minggu (24/04/22). Mereka masih akan berlatih sore ini dan dipulangkan esok hari. 
 


2. Persiapan untuk Piala AFF U-16 2022

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Foto: PSSI

"Hari Minggu kami masih ada latihan, dan Senin pemain dipulangkan untuk libur TC, kami rencananya akan mulai lagi TC di bulan Mei,” tutup Bima Sakti. 

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 ini adalah sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia juga akan tampoil di Kualifikasi Piala AFC U-17 tahun ini.
 

Timnas Indonesia U-16Bima SaktiLiga IndonesiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini