x

Fakta Unik Pelatih Persija, Thomas Doll: Pernah Buat Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp Bertekuk Lutut

Minggu, 24 April 2022 15:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi mendatangkan Thomas Doll yang pernah punya ‘cerita’ dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi mendatangkan pelatih anyar, Thomas Doll, yang pernah punya ‘cerita’ dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

Ya, sebagai pelatih yang sudah lama malang melintang di dunia sepak bola, Thomas Doll pastinya telah berjumpa banyak sosok penting dalam kariernya.

Baca Juga

Apalagi, ia adalah juru taktik yang pernah berkecimpung sebagai pemain aktif. Sederet klub Eropa pun pernah dibelanya, seperti Lazio, Eintracht Frankfurt, dan Hamburger SV.

Ketika terjun ke dunia kepelatihan, pengalamannya juga otomatis bertambah, termasuk menukangi salah satu raksasa Bundesliga Jerman saat ini, Borussia Dortmund.

Meski begitu, ada beberapa momen penting dalam kariernya yang mungkin cukup menarik untuk dibahas, salah satunya pernah menaklukkan dua pelatih papan atas Eropa saat ini, Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

Baca Juga

Seperti diketahui, Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp dipandang sebagai dua figur hebat yang menangani klub raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Liverpool.

Bahkan, keduanya sudah bersaing musim ini sebelum nanti Manchester United sah dipegang Erik ten Hag pada 2022-2023.

Namun di balik nama besar itu, mereka ternyata pernah takluk di tangan Thomas Doll setidaknya sekali seumur hidup.

Baca Juga

Pertemuan Thomas Doll dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp sendiri, bisa terwujud lantaran sang juru taktik Persija punya catatan kepelatihan yang cukup panjang dan beragam dalam CV-nya.

Mulai dari klub Jerman, Cyprus, Hungaria, bahkan Arab, pernah dibesutnya sebelum mendarat di Liga 1 Indonesia.


1. Permalukan Ralf Rangnick

Pelatih anyar Persija, Thomas Doll, pernah menang melawan Ralf Rangnick. Foto: Jan Woitas/picture alliance via Getty Images.

Dari pengalaman melatih yang beragam itu, alhasil membawanya berjumpa klub asuhan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp di masa lampau.

Berdasarkan data Transfermarkt, Thomas Doll tercatat pernah lima kali berhadapan dengan Ralf Rangnick dengan klub yang berbeda.

Baca Juga

Dari lima kesempatan tersebut, Thomas Doll mencatatkan tiga kemenangan, masing-masing ia raih saat membesut Hamburger SV dan Borussia Dortmund.

Kemenangan pertama atas Ralf Rangnick (FC Schalke) diperoleh Thomas Doll di Hamburger SV pada musim April 2005 di ajang Bundesliga Jerman dengan skor 2-1.

Kemudian musim selanjutnya, hasil serupa kembali terulang, di mana Hamburger SV menang 1-0 atas FC Schalke pada bulan Oktober 2005, juga di Bundesliga Jerman.

Baca Juga

Kemudian, kemenangan ketiga terjadi saat Thomas Doll membesut Borussia Dortmund pada musim 2007-2008.

Saat itu pula ia lagi-lagi berjumpa Ralf Rangnick (1899 Hoffenheim) di perempat final DFB-Pokal dan mengalahkannya dengan skor 3-1.

Hasil ini kemudian membawa Borussia Dortmund ke semifinal, di mana mereka mengalahkan FC Carl Zeiss Jena tiga gol tanpa balas.

Baca Juga

Namun sayangnya, langkah mulus tersebut terjegal juga di partai puncak setelah Bayern Munchen tampil sebagai pemenang setelah perpanjangan waktu.

Gelar runner-up DFB-Pokal 2007-2008 ini pun jadi satu-satunya prestasi terbaik Thomas Doll selama menangani Borussia Dortmund.

 

2. Kalahkan Jurgen Klopp

Jurgen Klopp juga sempat bertekuk lutut dari pelatih anyar Persija, Thomas Doll. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

Selain berhadapan lima kali dengan Ralf Rangnick, Thomas Doll juga pernah berjumpa Jurgen Klopp dan mengalahkannya di tiga pertandingan.

Menurut data, pelatih yang menggantikan Sudirman di Persija itu tercatat empat kali bersua juru taktik Liverpool di ajang Bundesliga Jerman.

Baca Juga

Thomas Doll pada waktu itu tercatat sebagai pelatih Hamburger SV, sedangkan Jurgen Klopp masih membesut Mainz 05.

Kemenangan pertama atas Jurgen Klopp diraih Thomas Doll pada musim 2004-2005 dengan skor tipis 2-1 pada bulan Januari.

Selanjutnya, ia bahkan kembali mempermalukan rekan sejawatnya itu pada musim 2005-2006 dengan mengukir dua kemenangan di liga.

Baca Juga

Pada September 2005, Hamburger SV memenangkan laga kontra Mainz 05 dengan skor 3-1, dilanjut Februari 2006 dengan skor 1-0.

Walaupun sukses membuat Jurgen Klopp bertekuk lutut tiga kali dari empat pertemuan, Thomas Doll ternyata tidak mampu bicara banyak ketika menangani Hamburger SV di Bundesliga Jerman.

Hanya saja, ia berhasil membawa klub asal Hamburg tersebut menjuarai kompetisi UEFA Intertoto Cup 2005.

Baca Juga

Kini, Thomas Doll akan memulai lembaran baru bersama Persija di Liga Indonesia, kompetisi yang belum pernah ia jajal sebelumnya.

Dikontrak selama tiga tahun, ia juga mendapat jabatan ganda sebagai pelatih dan manajer. Mari kita nanti sepak terjang pelatih bernama lengkap Thomas Jens Uwe Doll ini di kancah Liga 1.

Persija JakartaJurgen KloppLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Ralf RangnickThomas Doll

Berita Terkini