x

Penuh Pemain Kelas Dunia! Ini Starting XI Terbaik Thomas Doll Sebelum Gabung Persija

Sabtu, 23 April 2022 18:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut Starting XI pemain terbaik arahan Thomas Doll selama kariernya melatih yang berisikan pemain kelas dunia, sebelum berlabuh ke Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM – Berikut Starting XI pemain terbaik arahan Thomas Doll selama kariernya melatih yang berisikan pemain kelas dunia, sebelum berlabuh ke Persija Jakarta.

Melalui media sosialnya, Persija Jakarta resmi mengumumkan Thomas Doll sebagai juru taktik baru mereka untuk perhelatan Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Pelatih asal Jerman ini ditunjuk dan diikat dengan kontrak jangka panjang, yakni tiga tahun. Tak cukup sampai di situ, ia akan berstatus manajer Macan Kemayoran.

“Kami sudah sepakat untuk bekerja sama. Thomas Doll siap mengemban tugas sebagai pelatih Persija. Tentu kami sangat berharap dia bisa mengangkat prestasi tim lebih baik lagi,” kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca dilansir dari laman resmi Persija.

Di sisi lain, Thomas Doll merasa senang sekaligus tertantang dengan menukangi tim sekelas Persija dalam karier kepelatihannya.

Baca Juga

“Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat bisa membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya sudah tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta,” ucap Thomas Doll.

Thomas Doll sendiri merupakan pelatih Eropa keempat yang direkrut Persija sejak hengkangnya Stefano Cugurra Teco usia menjuarai Liga 1 2019.

Di balik perjalanannya sebagai pelatih, Thomas Doll pernah mengasuh beberapa pemain top dunia, dari legenda Timnas Belanda, hingga eks pemain Timnas Jerman.

Baca Juga

Lantas, siapa saja pemain top yang masuk dalam Starting XI terbaik Thomas Doll? Berikut rangkumannya.


1. Starting XI Terbaik Thomas Doll

Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi memperkenalkan Thomas Doll sebagai pelatih anyar baru.

Kiper: Roman Weidenfeller

Roman Weidenfeller merupakan kiper terbaik yang pernah diasuh oleh Thomas Doll. Tercatat dirinya juga merupakan bagian Timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014.

Weidenfeller pernah menjadi kiper andalan Thomas Doll di Borussia Dortmund. Tercatat, ia tampil sebanyak 23 kali bagi pelatih asal Jerman itu dengan mencetak enam clean sheets.

Baca Juga

Bek Kanan: Phillip Degen

Di posisi bek kanan, ada nama Phillip Degen. pendukung Liverpool tentu tak asing dengan namanya, karena dia pernah bermain bagi The Reds sejak 2008 hingga 2011.

Sama seperti Weidenfeller, Phillip Degen bermain di bawah arahan Thomas Doll di Dortmund, dengan jumlah penampilan sebanyak 19 kali dengan sumbangsih dua assist.

Bek Tengah: Khalid Bouhlarouz

Bergesed ke bek tengah, ada nama yang tak asing bagi pendukung Chelsea. Sosok itu adalah bek yang terkenal agresif dan brutal, Khalid Bouhlarouz.

Bouhlarouz menjadi andalan Thomas Doll kala membela Hamburg SV dengan total 61 penampilan. Berkat pelatih anyar Persija itu, bek berkebangsaan Belanda ini menarik minat Chelsea yang memboyongnya pada 2006.

Baca Juga

Bek Tengah: Daniel Van Buyten

Masih dari Hamburg SV, Thomas Doll pernah mengasuh bek legendaris Belgia, sekaligus legenda Bayern Munchen, Daniel van Buyten.

Daniel van Buyten menjadi andalan Thomas Doll selama dua musim dengan 71 penampilan. Karena penampilannya itu, ia pun dipinang oleh Bayern Munchen pada 2006 dari Hamburg SV.

Bek Kiri: Dede

Di pos bek kiri, ada mantan penggawa Timnas Brasil, Dede, yang juga merupakan andalan dari Thomas Doll selama melatih Borussia Dortmund.

Dede tampil sebanyak 44 kali bagi Thomas Doll dengan melesakkan satu gol dan 14 assist. Diketahui, pemain yang telah pensiun ini merupakan mantan penggawa Timnas Brasil di tahun 2004.


2. Starting XI Terbaik Thomas Doll

Rafael van der Vaart pada laga saat melawan Esbjerg fB.

Gelandang Bertahan: Nigel de Jong

Nama Nigel de Jong dikenal akibat tendangan kung fu-nya ke Xabi Alonso di final Piala Dunia 2010. Tak disangka, dirinya ternyata pernah diasuh oleh Thomas Doll.

Nigel de Jong tampil bagi Thomas Doll sebanyak 31 kali di Hamburg SV yang membuatnya dipinang Manchester City dan membela Timnas Belanda.

Baca Juga

Sayap Kanan: Mehdi Mahdavikia

Thomas Doll tak selamanya mengasuh pemain Eropa dan Amerika Selatan saja. Ada pula pemain Asia yang bersinar di bawah arahannya. Sosok itu adalah Mehdi Mahdavikia.

Mahdavikia merupakan legenda sepak bola Iran, yang pernah jadi andalan Thomas Doll dengan total 88 penampilan dan sumbangan 8 gol serta 11 assist.

Gelandang Serang: Rafael van der Vaart

Salah satu pemain bintang kelas dunia yang pernah ditukangi Thomas Doll adalah eks penggawa Timnas Belanda dan legenda Tottenham Hotspur, Rafael van der Vaart.

Van der Vaart merupakan salah satu playmaker terbaik dunia yang dikembangkan Thomas Doll, dengan jumlah 54 penampilan dan sumbangan 20 gol serta 13 assist. Karena catatan itu, ia pun kemudian dipinang Real Madrid pada 2008 dari Hamburg SV.

Baca Juga

Sayap Kiri: Piotr Trochowski

Weidenfeller bukanlah pemain Timnas Jerman satu-satunya yang pernah diasuh Thomas Doll. Masih ada nama Piotr Trochowski yang juga berkembang di tangannya.

Trochowksi datang dari Bayern Munchen pada 2005, yang kemudian disulap oleh Thomas Doll sehingga masuk Timnas Jerman. Total ia bermain sebanyak 82 kali bagi pelatih anyar Persija itu dengan sumbangan 9 gol dan 15 assist.


3. Starting XI Terbaik Thomas Doll

Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi memperkenalkan Thomas Doll sebagai pelatih anyar baru.

Striker: Alex Frei

Alex Frei merupakan salah satu penyerang yang ditakuti pada masanya. Ketajamannya di depan gawang sendiri tak lepas dari peran Thomas Doll.

Thomas Doll melatihnya semasa di Dortmund. Dalam 24 laga, Alex Frei mampu mencetak 11 gol dan 6 assist, sehingga dirinya menjadi andalan Die Borussen hingga era Jurgen Klopp.

Baca Juga

Striker: Mladen Petric

Pendukung Timnas Inggris tak akan pernah lupa Mladen Petric. Dirinya lah yang mengubur mimpi The Three Lions tampil di Euro 2008 usai tumbang di babak kualifikasi dari Kroasia.

Mladen Petric menjadi andalan Thomas Doll di Hamburg SV di Dortmund, dengan total 35 penampilan dan 18 gol serta 4 assist.

Uniknya, nama penyerang Kroasia ini pula yang membobol gawang Timnas Indonesia saat beruji coba dengan Die Borussen di bawah arahan Thomas Doll.

Real MadridLiverpoolChelseaPersija JakartaBayern MunchenHamburg SVTottenham HotspurRafael van der VaartBorussia DortmundNigel de JongRoman WeidenfellerBola InternasionalSepak BolaThomas Doll

Berita Terkini