x

Sebelum Gabung Persija, Thomas Doll Pernah Pimpin Dortmund Permalukan Timnas Indonesia

Sabtu, 23 April 2022 17:25 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Prio Hari Kristanto
Resmi melatih Persija Jakarta, Thomas Doll rupanya pernah punya pengalaman di Indonesia setelah memimpin Borussia Dortmund menumbangkan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Resmi melatih Persija Jakarta, Thomas Doll, rupanya pernah punya pengalaman di Indonesia setelah memimpin Borussia Dortmund menumbangkan Timnas Indonesia. 

Thomas Doll telah resmi menjadi pelatih Persija Jakarta untuk menghadapi laga Liga 1 musim depan. Direkrutnya Thomas Doll mengundang banyak perhatian penggemar dan pencinta dunia sepak bola.

Baca Juga

Salah satu tweet dari akun @Mah5Utari kembali mengingatkan mengenai pertandingan Borussia Dortmund dan Timnas Indonesia pada tahun 2007.

Saat itu, Borussia Dortmund dilatih oleh Thomas Doll melawat ke Jakarta pada tanggal 19 Desember 2007 dan bertanding melawan Timnas Indonesia.

Foto yang diposting oleh akun twitter @Mah5Utari juga menunjukkan hasil wawancara salah satu media Indonesia yakni Tabloid BOLA dengan Thomas Doll kala itu.

Baca Juga

Dalam wawancaranya dengan media tersebut, Thomas Doll mengaku bahwa ia sangat menikmati suasana bertanding di Indonesia.

"Sungguh menyenangkan bisa berkunjung ke Jakarta. Terutama cuacanya yang hangat, berbeda dengan negara kami yang sedang dingin," ujar Doll.

"Saya berharap dengan refreshing singkat di Jakarta para pemain kembali bersemangat menghadapi lanjutan kompetisi Bundesliga," lanjutnya.

Baca Juga

Saat itu, Timnas Indonesia dipermalukan oleh Borussia Dortmund karena kalah di kandang sendiri dengan perolehan skor 1-0.

Pada masa itu Timnas Indonesia yang dilatih oleh Benny Dollo tak mampu membendung kekuatan permainan dari Borussia Dortmund.


1. Pertandingan Timnas Indonesia vs Borussia Dortmund

Logo klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Borussia Dortmunt memang berlangsung sengit. Dilansir dari Antara, Borussia Dortmund berhasil menaklukan Timnas Indonesia dengan perolehan skor 1-0.

Gol tunggal tersebut lahir dari titik pinalti oleh Mladen Petric. Pada menit ke 43', tendangan bintang internasional Kroasia itu berhasil menaklukkan kiper Markus Horison lewat tendangan penalti.

Baca Juga

Pada pertandingan yang diguyur hujan sejak awal sampai akhir itu, Rabu (19/12/07) petang WIB, Dortmund menurunkan banyak pemain intinya seperti Delroy Buckley, Nelson Valdez, Diego Klimowicz, kiper Roman Weidenfeller, dan kapten veteran yang juga mantan bek Timnas Jerman, Christian Worns.

Akan tetapi, pada babak pertama tim besutan Thomas Doll itu tampak tidak terlalu ngoyo dalam bermain. Mereka mencoba memainkan permainan efisien, namun tetap dengan mengombinasikan serangan dari sayap maupun lapangan tengah.

Sementara itu Timnas Indonesia -- atau lebih tepatnya 'Liga Indonesia Selection' -- berusaha meladeni lawannya yang punya reputasi tinggi itu dengan melakukan pressing.

Baca Juga

Ketat dalam menyerang, pelatih Benny Dollo tampak tidak menganjurkan anak-anak buahnya melakukan bola-bola lambung ke kotak penalti, karena dipastikan kalah lantaran tubuh para pemain Dortmund jauh lebih tinggi.

Momen cukup menegangkan buat fans Indonesia terjadi di menit 38 ketika Dortmund memperoleh hadiah tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Petric melakukannya dengan baik, tapi tendangan kerasnya dengan kaki kiri menerpa mistar gawang dan bola memantul ke dalam lapangan.

Baca Juga

Perlawanan demi perlawanan terus dilakukan oleh Timnas Indonesia namun tak mampu membendung laju permainan yang dikuasai oleh pemain dari Dortmund.

Berhasil membawa Dortmund memenangkan pertandingan di Indonesia, Doll sendiri memiliki segudang prestasi sampai akhirnya ia mendarat di Persija Jakarta.


2. Resmi Jadi Pelatih Persija Jakarta

Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi memperkenalkan Thomas Doll sebagai pelatih anyar baru.

Teka-teki siapa pelatih anyar Persija Jakarta akhirnya terjawab sudah. Tim Macan Kemayoran menunjuk Thomas Doll untuk membawa Persija mengarungi Liga 1 musim 2022-2023.

Thomas Doll telah sepakat bekerja sama selama tiga musim ke depan. Nantinya, Thomas Doll tak hanya sebagai pelatih saja.

Juru taktik kelahiran Malchin, 9 April 1966 itu juga akan berperan sebagai manajer. Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengatakan sosok Thomas Doll sudah sesuai kriteria yang diharapkan. 

Karier sebagai pemain dan pelatih terbilang mentereng sehingga diharapkan mampu menjaga kejayaan Persija Jakarta.

Baca Selengkapnya: Resmi! Persija Jakarta Datangkan Eks Pelatih Dortmund untuk Liga 1 Musim Depan

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Thomas Doll

Berita Terkini