x

CEO Dortmund Ungkap Manchester United Bisa Resmikan Kedatangan Erling Haaland

Sabtu, 30 April 2022 13:44 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Isman Fadil
Jadon Sancho (kiri) dan Erling Haaland, dua bintang klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

INDOSPORT.COM - Borussia Dortmund akan kehilangan permatanya Erling Haaland musim depan. Hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh CEO klub, Hans-Joachim Watzke.

Masalah Haaland telah ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan 19:09 Talk. Sang Bos mengatakan bahwa Haaland akan cabut jika ada klub yang menebus klausul pelepasan.

Baca Juga

Beberapa klub peminat pria Norwegia adalah Manchester City, Manchester United, Barcelona, Real Madrid, Chelsea dan Bayern Munchen.

Manchester City dan Barcelona menjadi klub yang paling berhasrat untuk mendatangkannya. Bahkan pihak dari kedua klub tersebut secara terang-terangan menginginkan sang predator muda.

Uniknya CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke malah menyeret nama Manchester United yang sempat punya peluang membeli Erling Haaland.

Pada Januari 2020, Manchester United dan Dortmund sama-sama tertarik datengin Haaland.

Bahkan pelatih Manchester United saat itu, Ole Gunnar Solskjaer dikabarkan sampai terbang buat ketemu Haaland di Austria saat jeda internasional.

Cuma akhirnya Manchester United 'ditikung' oleh Dortmund, karena klub Jerman berani memberikan release clause dalam kontrak Erling Haaland.

Baca Juga

"Kami memberikan Erling Haaland release clause dalam kontraknya, karena jika tidak, ia bisa saja akan memilih untuk datang ke Manchester United saat itu," ujar Hans-Joachim Watzke kepada 19:09 Talk.

Erling Haaland sendiri memiliki klausul pelepasan senilai Rp1,1 triliun. Angka tersebut terbilang sangat murah untuk pemain berbakat sepertinya.

Namun musim ini kariernya tak seperti biasanya, karena ia sempat diterpa cedera panjang dan harus menepi selama beberapa minggu.

Baca Juga

Masalah tersebut yang membuat Haaland gagal mendekati puncak top skor Liga Jerman yang saat ini dikuasai oleh Robert Lewandowski.

Meskipun sempat terganggu dengan cedera Haaland tetap mencatatkan penampilan yang impresif. Dalam 27 penampilannya bersama Die Borussen ia telah mencatatkan 25 gol serta 8 assist. 


1. Manchester United dan Borussia Dortmund Sering Terlibat Jual-Beli Pemain

Jadon Sancho dan Erling Haaland, pemain Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund dan Manchester United tecatatat beberapa kali melakukan transfer. Jadon Sancho merupakan nama terbaru dalam kerjasama dua klub tersebut.

The Reds Devils menebus winger Inggris tersebut dengan biaya Rp1,4 triliun dari Signal Iduna Park. Tak mengherankan pasalnya performa Sancho memang luar biasa selam empat musim.

Baca Juga

Dalam 137 penampilannya bersama Die Borussen Sancho telah menyumbang 50 gol dan 64 assist. Ia juga mempersembahkan dua trofi selam kariernya di Jerman.

Shinji Kagawa merupakan salah satu nama populer yang ditransfer Man United dari Borussia Dortmund. Bersama Sir Alex Ferguson, pria Jepang sukses meraih satu gelar Liga Inggris.

Hal sebaliknya terjadi ketika Kagawa akhirnya kembali ke Dortmund pada musim 2014/2015, karena performanya yang sangat menurun setelah era Fergie berakhir. 

Baca Juga

Berikutnya ada sosok Henrikh Mkhitaryan, seorang gelandang serang berkebangsaan Armenia. Ia dipinang Man United pada musim 2016/2017. Setan Merah harus mengeluarkan dana sebesar Rp715 miliar untuk pembelian itu.

Di Old Trafford, Mkhitaryan berkiprah selama satu setengah musim. Ia melakoni 63 laga di semua ajang dengan mengantongi 13 gol dan 11 assist.

Ia juga sukses menggondol beberapa gelar seperti Piala Carling, Piala Community Shield, dan Liga Europa sebelum akhirnya hengkang ke AS Roma.

Baca Juga

Terakhir ada Jovan Kirovski yang merupakan pemain asal Amerika Serikat yang memulai karier bersama San Diego Nomads. Kemudian Manchester United membelinya pada musim 1991/1992.

Sayangnya, permasalahan izin kerja membuat pemain yang berposisi winger ini gagal tampil di skuad utama The Red Devils. Dortmund kemudian meminangnya pada musim 1996/1997.


2. Ralf Rangnick dan Louis Saha Yakin Haaland Gabung Man United

Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick.

Ralf Rangnick meyakini jika The Red Devils masih cukup menggoda di mata para pemain bintang, maka mendekati Haaland memang harus mereka lakukan.

Eks striker Manchester United asal Prancis, Louis Saha, juga diliputi optimisme yang sama. Memang benar jika bekas klubnya memang tengah menurun namun daya tarik itu masih tetap ada.

"Ya, mereka masih akan percaya bahwa Manchester United adalah klub besar, dan (United) akan mendapatkan rasa hormat yang pantas didapatkan," kata Saha.

"Haaland masih muda dan siap naik level, saat ini memang ada destinasi lain yang lebih bagus di mana  Liga Champions sudah terjamin.

Tempat di mana mungkin trofi lebih mungkin didapat," "Tetapi kurasa (Haaland) cukup pintar untuk mengerti bahwa Manchester United akan kembali ke puncak. Itu pasti. Haaland cocok di Old Trafford,"


Baca selengkapnya: Man United Masih Punya Daya Tarik, Rangnick Kian Serius Kejar Haaland

 

Bursa TransferManchester UnitedBorussia DortmundBerita TransferErling Braut HaalandBerita Bursa TransferRalf Rangnick

Berita Terkini