x

Kabar Terkini Jaycee John, Striker Naturalisasi yang Pernah Dikaitkan dengan Persib dan Arema FC

Sabtu, 30 April 2022 22:14 WIB
Editor: Juni Adi
Striker asing naturalisasi, Jaycee John Okwunwanne yang bisa didatangkan Persib Bandung untuk Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Nama Jaycee John pernah membuat heboh bursa transfer Liga 1, setelah dikaitkan dengan Persib Bandung. Bagaimana nasibnya sekarang?

Jelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini, pergerakan klub peserta Liga 1 di bursa transfer mulai sedikit melambat.

Baca Juga

Hal itu karena banyak pemain memilih fokus untuk meluangkan waktunya dengan keluarga untuk menikmati hari raya Idul Fitri tahun ini, setelah dua tahun dilarang mudik.

Kendati demikian, ada beberapa klub yang mampu bergerak dan langsung mengamankan pemain barunya. 

Sambil menunggu transfer kejutan, kami ingin membawa pembaca INDOSPORT.COM flash back ke bursa transfer Liga 1 musim sebelummnya, tepatnya pada musim 2019.

Baca Juga

Ketika itu ada satu rumor yang sangat hangat yakni Persib Bandung tertarik mendatangkan striker naturalisasi bernama Jaycee John Okwunwanne.

Kala itu jelang kompetisi Liga 1 2019 sebelum bergulir, Persib menjalani rutinitas mencari pemain baru untuk mengarungi skuad musim depan.

Hal itu karena Maung Bandung masih membutuhkan satu pemain asing Asia. Sejumlah nama banyak dikaitkan dengan Persib.

Baca Juga

Hingga Persib sendiri pada saa itu sebelumnya dikabarkan sedang menjalin komunikasi dengan pemain berkebangsaan Korea Selatan. Isu yang muncul, nama pemain tersebut adalah Park Chu Young.

Namun, kabar Persib mengincar Park Chu Young tak kunjung menemui kejelasan. Oleh karena itu, Jaycee John diyakini akan menjadi tambahan berharga untuk Persib Bandung di Liga 1 2019.

Sebelum Persib Bandung, Arema FC rupanya sudah memantau baka Jaycee John setahun sebelumnya tepatnya pada bursa transfer 2018.

Pada saat itu Arema FC terus menyusun kekuatan untuk mengarungi persaingan di putaran kedua Liga 1 2018. 

Setelah memboyong Makan Konate, Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, dan Srdjan Ostojic, Arema kini dikaitkan dengan pemain asal Bahrain bernama Jaycee John Okwunwanne.

Jaycee ingin dijadikan sebagai pengganti Ahmet Atayev. Ia bakal diposisikan sebagai pemain asing asal Asia di skuad Singo Edan.


1. Kabar Terkini Jaycee John

Striker asing naturalisasi, Jaycee John Okwunwanne yang bisa didatangkan Persib Bandung untuk Liga 1 2019.

Namun hingga jelang kompetisi Liga 1 2019 bergulir, Jaycee John yang kala itu bermain untuk klub Liga Malaysia dan Thailand, tak kunjung datang memperkuat Persib.

Namun hingga jelang kompetisi Liga 1 2019 bergulir, Jaycee John yang kala itu bermain untuk klub Liga Malaysia dan Thailand, tak kunjung datang memperkuat Persib.

Baca Juga

Nama Artur Gevorkyan yang akhirnya diperkenalkan oleh Persib dalam mengumumkan perekrutan pemain asing untuk slot Asia.

Artur Gevorkyan didatangkan Persib Bandung dari klub Uzbekistan, FC Qizilqum. Akan tetapi pertarungan itu kurang bernanti. Namun sayang, Artur Gevorkyan tidak mampu bermain apik.

Ia kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Indonesia, sehingga hanya mencatatkan 9 penampilan dan mencetak 3 gol, sebelum akhirnya dilepas Persib di paruh musim.

Baca Juga

Lantas, bagaimana kabar terbaru Jaycee John kini? 

Dilansir dari Transfermark, Jaycee John, saat ini tengah menganggur alias tak punya klub sejak bulan Mei 2021 lalu.

Terakhir kali Jaycee John bermain sepak bola membela salah satu klub Liga Thailand, Chonburi FC.

Di usia yang sudah berumur pada saat membela Chonburi FC yakni 35 tahun, membuat dirinya tak banyak kesempatan bermain. Selama setengah musim, ia hanya mencatatkan 11 penampilan dan mencetak 3 gol.

Baca Juga

Di akhir musim Jaycee John kemudian dilepas dan saat ini tak mempunyai klub.

Namanya sempat melambung di ranah sepak bola Liga Thailand. Jaycee John merupakan salah satu striker yang ditakuti saat membela True Bangkok United pada musim 2015 dan 2020 lalu.

Total ia menorehkan 43 gol dan 5 assist dalam 64 penampilan untuk True Bangkok United pada dua kali kesempatan itu. Tidak heran jika Persib pernah kepincut dengannya.


2. Pemain Naturalisasi

Striker asing naturalisasi, Jaycee John Okwunwanne yang bisa didatangkan Persib Bandung untuk Liga 1 2019.

Jaycee John merupakan pemain naturalisasi kelahiran Nigeria yang pindah kewarganegaraan untuk membela Timnas Bahrain pada 2006 silam.

Sejak proses naturalisasinya selesai, Jaycee pun cukup rutin membela Timnas Bahrain di berbagai ajang, mulai dari laga persahabatan hingga kualifikasi Piala Dunia 2010 pada tahun 2007 silam.

Baca Juga

Menurut catatan dari National Football Teams, Jaycee John terakhir kali membela Timnas Bahrain pada tahun 2016 lalu, saat mereka menang 3-1 atas Filipina di pertandingan persahabatan.

Selalu Bermain di Kasta Tertinggi

Fakta kedua adalah Jaycee John ternyata punya pengalaman yang sangat berarti untuk Persib Bandung mengarungi persaingan ketat di Liga 1 2019 pada saat itu jika mereka berhasil merekrutnya.

Baca Juga

Ya, Jaycee lebih sering bermain di kasta tertinggi sepak bola di setiap negara yang dia singgahi untuk bermain. 

Beberapa negara telah dia singgahi, dari Bahrain, Belgia, Kuwait, Qatar hingga terakhir di Thailand.

Dia pernah main di Belgia bersama klub bernama Excelsior Mouscron yang main di kasta tertinggi liga Belgia.

Lalu terakhir di Thailand, dia membela Bangkok United dan Air Force Central FC yang juga main di Thail League 1.

Bursa TransferPersib BandungNaturalisasiLiga Primer ThailandLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini