x

Shin Tae-yong Bicara Soal Pencoretan Irfan Jaya dan Kondisi Jelang SEA Games 2021

Minggu, 1 Mei 2022 17:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kondisi terkini Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021 dan juga alasan pencoretan Irfan Jaya dikemukakan oleh Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Kondisi terkini Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021 dan juga alasan pencoretan Irfan Jaya dikemukakan oleh Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan kondisi tim dalam keadaan baik jelang SEA Games 2021. Hanya saja, waktu keberangkatan dinilai terlalu mepet.

Baca Juga

Awalnya, Shin Tae-yong ingin Timnas U-23 berangkat lebih awal agar beradaptasi dengan lingkungan di Vietnam yang jadi tuan rumah SEA Games 2021.

Tapi, hal tersebut batal terlaksana karena Timnas U-23 harus ikut kontingen Indonesia cabor olahraga lain yang juga mengikuti SEA Games 2021.

Baca Juga

"Jadi begitu selesai training di Korea Selatan, kami libur 2 hari sebelum berangkat ke Jakarta, tutur Shin Tae-yong pasca latihan di Lapangan C Senayan, Sabtu (30/04/22).

"Di hari ini (kemarin-red) kami ambil program latihan intensitas tinggi dan dua hari ini akan intensitas tinggi, setelah di Vietnam akan fokus condition," lanjutnya.

"Memang saya awalnya ingin berangkat dari Korea ke Vietnam. Tetapi ada masalah admistrasi, mau tidak mau harus ke Jakarta," imbuhnya.

Baca Juga

"Jadi ini salah satu persiapan dari kami, dan harus dijalankan untuk mendapatkan kemenangan," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Untuk SEA Games 2021, Shin Tae-yong membawa 20 pemain. Tiga di antaranya adalah pemain senior yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok dan Fachruddin Aryanto.

Shin Tae-yong harus mencoret satu pemain senior yakni Irfan Jaya karena regulasi dari pihak SEA Games hanya memperbolehkan tiga pemain yang umurnya di atas 23 tahun.


1. Penuh Pertimbangan

Latihan Timnas U-23 di Korea Selatan.

Untungnya hal itu bukan masalah besar, karena Timnas U-23 punya pemain setipe Irfan Jaya yakni Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani hingga Ronaldo Kwateh.

"Kartu AS (pemain senior) cuma ada tiga, mau tidak mau satu nama tidak bisa dipilih," tutur pelatih yang pernah menukangi Korea Selatan di Piala Dunia tersebut.

Baca Juga

"Itu pertimbangan yang sangat lama untuk tidak memilih Irfan Jaya. Tetapi ada salah satu pertimbangan yakni Egy, Witan, Saddil, yang bisa bergabung ke timnas," tuntasnya.

Timnas U-23 akan bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games 2021.

Baca Juga

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas pada SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda adalah finalis pada edisi 2019, dimana kalah dari Vietnam di laga final.


2. Lebaran di Jakarta

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-23 sudah tiba di tanah air pasca menggelar pemusatan di Korea Selatan selama dua pekan.

Kini setibanya di Jakarta, Timnas Indonesia U-23 bukan untuk bersantai. Mereka kembali melakukan pemusatan latihan. Bahkan mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 di Jakarta.

"Tim U-23 Indonesia telah tiba di Tanah Air," tulis keterangan PSSI melalui akun Instagram resminya

"Setibanya di Jakarta, Garuda Muda akan melaksanakan pemusatan latihan dan berlebaran di Ibu Kota sebelum bertolak ke Vietnam untuk beraksi pada gelaran SEA Games 2021," tambah keterangan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 mendapat target yang cukup tinggi oleh PSSI di SEA Games ini. Dimana skuat Garuda Muda ditargetkan meraih medali emas.

Baca Juga
SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalIrfan JayaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini