x

7 Sosok Kunci di Konsorsium Pemilik Baru Chelsea, Ada Fans Tottenham Hotspur!

Sabtu, 7 Mei 2022 12:52 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut sederet sosok penting di balik konsorsium Todd Boehly yang resmi menjadi pemilik baru Chelsea menggantikan Roman Abramovich.

INDOSPORT.COM – Berikut sederet sosok penting di balik konsorsium Todd Boehly yang resmi menjadi pemilik baru Chelsea menggantikan Roman Abramovich.

Nama Todd Boehly menjadi perbincangan seiring pengumuman Chelsea bahwa konsorsium yang dipimpinnya menjadi pemilik baru pengganti Roman Abramovich.

Baca Juga

Dalam rilis resmi klub, baik di laman resmi hingga media sosialnya, Chelsea mengumumkan bahwa konsorsium Todd Boehly telah menandatangani kesepakatan sebagai pemilik baru.

“Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub,” bunyi rilis resmi Chelsea.

Dari total investasi yang diajukan konsorsium Todd Boehly, total 2,5 miliar poundsterling akan digunakan untuk membeli saham klub dan hasil tersebut akan disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan.

Baca Juga

Dana tersebut akan disumbangkan untuk tujuan amal sebagaimana yang dikonfirmasi oleh pemilik sebelumnya, Roman Abramovich.

Selain itu, konsorsium Todd Boehly akan memberikan 1,75 miliar poundsterling dalam investasi untuk kepentingan klub seperti investasi di Stamford Bridge, akademi, tim wanita dan Kingsmeadow serta melanjutkan pendanaan untuk Chelsea Foundation.

Todd Boehly nyatanya tak sendiri sebagai pemilik baru Chelsea. Konsorsium yang ia pimpin ini dihuni oleh beberapa sosok kunci yang juga akan menentukan laju The Blues.

Baca Juga

Siapakah sosok-sosok di balik konsorsium itu? Berikut daftarnya.


1. Sosok Penting di Konsorsium Todd Boehly

Selebrasi pemain Chelsea juara Liga Champions UEFA, Sabtu (29/05/21).

1. Todd Boehly

Todd Boehly menjadi pimpinan dalam konsorsium ini. Ia merupakan pebisnis yang bergerak di bidang investasi. Diketahui, investasinya merambah segala sektor.

Salah satu investasinya adalah tim olahraga, di mana ia merupakan pemilik saham di tim bisbol Los Angeles Dodgers, tim basket Los Angeles Lakers, dan tim Esports bernama Cloud9.

Todd Boehly sendiri memiliki kekayaan 4,5 miliar dolar AS (Rp65 triliun). Diketahui, ia pernah mencoba mengakuisisi Chelsea pada 2019 yang berujung penolakan dari Roman Abramovich.

Baca Juga

Rekam jejaknya di bidang olahraga sehingga membawa Los Angeles Dodgers sukses besar membuatnya menjadi pimpinan dalam konsorsium ini.

2. Mark Walter

Rekan bisnis Todd Boehly lainnya yang masuk dalam konsorsium ini adalah Mark Walter. Ia memiliki kekayaan bersih sebesar 1,75 miliar dolar AS (Rp25 triliun).

Mark Walter adalah pendiri sekaligus CEO Guggenheim Partners, perusahaan tempat Todd Boehly bekerja dahulu. Perusahaan ini juga merupakan pemilik saham di LA Dodgers dan Los Angeles Lakers, seperti Todd Boehly.

Guggenheim Partners sendiri punya aset sebesar 325 miliar dolar AS (Rp4,7 ribu triliun), dan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Baca Juga

Sama dengan Todd Boehly, Mark Walter terbilang sosok yang dermawan dan gila olahraga. Hal ini diketahui dari pernyataannya yang memandang LA Dodgers sebagai langkah untuk menyejahterakan banyak orang.

3. Hansjorg Wyss

Hansjorg Wyss merupakan biliuner asal Swiss. Ia menjadi sosok pertama yang membongkar kabar bahwa Chelsea akan dijual Abramovich beberapa waktu lalu.

Pria berusia 86 tahun ini merupakan rekan bisnis Todd Boehly. Diketahui, ia memiliki kekayaan bersih sebesar 5,1 miliar dolar AS (Rp73 triliun).

Baca Juga

Hansjorg Wyss sendiri tak punya kiprah di olahraga. Dipercaya ia hanya akan memilih sedikit saham Chelsea dalam konsorsium ini dan tak akan punya pengaruh dalam pengambilan keputusan di tubuh manajemen.

Dilaporkan oleh jurnalis Swiss, Nicola Iimfield, Hansjorg Wyss hanya memandang Chelsea sebagai ladang bisnis semata.


2. Sosok Penting di Konsorsium Todd Boehly

Chelsea juara Liga Champions 2011-12.

4. Jonathan Goldstein

Jika ada satu figur di konsorsium Todd Boehly yang tak disukai oleh pendukung Chelsea, sosok itu adalah Jonathan Goldstein. Pasalnya, ia merupakan pendukung setia Tottenham Hotspur.

Sedikit tentang Jonathan Goldstein, dirinya merupakan seorang ahli dalam Real Estate, yang dimasukkan Todd Boehly dalam konsorsiumnya guna membangun Stamford Bridge.

Baca Juga

Selain itu, ia merupakan rekan bisnis Todd Boehly. Diprediksi, Goldstein akan menjadi mata dan telinga Todd Boehly, karena ia tinggal di London.

Dengan kata lain, Goldstein akan menjadi tangan kanan bagi konsorsium Todd Boehly yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat.

5. Daniel Finkelstein

Misi Todd Boehly memasukkan pendukung Chelsea dalam konsorsiumnya bukan isapan jempol belaka. Hal ini terlihat dari hadirnya Daniel Finkelstein.

Daniel Finkelstein merupakan pendukung setia Chelsea. Ia punya nama besar di sepak bola Inggris karena duduk di pemerintahan untuk mengawasi sepak bola Inggris.

Baca Juga

Satu hal yang menarik dari Daniel Finkelstein adalah kemampuannya menganalisa sepak bola menggunakan data. Sehingga kehadirannya diyakini bisa membantu Todd Boehly.

Danile Finkelstein juga diketahui merupakan seorang kolumnis bagi The Times dan selalu menggabungkan sepak bola dengan data dalam artikel-artikelnya.


3. Sosok Penting di Konsorsium Todd Boehly

Kemeriahan tim Chelsea merayakan kemenangan juara Liga Europa, 29/05/19. Resul Rehimov/Anadolu Agency/Getty Images

6. Barbara Charone

Barbara Charone merupakan pendukung Chelsea asal Chicago, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang PR (Public Relatioship) di kancah musik.

Ia sendiri direkrut oleh konsorsium Todd Boehly sebagai bagian di luar manajemen Chelsea yang akan mengurus citra klub terutama di dunia media.

Baca Juga

Sebagai seorang fans, Charone sangat menggilai Chelsea. Diketahui, ia memiliki potret Didier Drogba menendang penalti saat membawa The Blues menjuarai Liga Champions 2012.

Selain itu, Charone juga mengidolai sosok dua pelatih Chelsea, Thomas Tuchel dan Emma Hayes. Ia pun sangat menyukai Cobham yang tak akademi The Blues.

7. Jose Feliciano dan Behdad Eghbali (Clearlake Capital)

Dua nama ini menjadi dua sosok yang paling penting dalam konsorsium ini selain Todd Boehly. Jose Feliciano dan Behdad Eghbali merupaka pendiri dari perusahaan investasi bernama Clearlake Capital.

Sebagai informasi, beredar kabar bahwa Clearlake Capital adalah pemegang saham terbesar Chelsea dalam konsorsium ini. Perusahaan ini memegang 60 persen saham The Blues.

Baca Juga

Hadirnya Clearlake Capital sempat membuat pendukung Chelsea ragu. Namun, faktanya Behdad Eghbali merupakan seorang penggila sepak bola dan dirinya berkomitmen membangun The Blues bersama Todd Boehly.

Clearlake Capital sendiri memiliki aset bernilai 43 miliar dolar AS (Rp623 triliun). Dengan besarnya saham yang dimiliki, maka Jose Feliciano dan Behdad Eghbali akan menjadi penentu arah kebijakan Chelsea ke depannya.

ChelseaTottenham HotspurRoman AbramovichIn Depth SportsLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini