x

3 Transfer Teraneh Chelsea dalam Sedekade Terakhir, Ada yang Cuma Main 1 Menit!

Kamis, 5 Mei 2022 06:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut tiga transfer teraneh dalam satu dekade terakhir klub Liga Inggris, Chelsea, di mana salah satunya adalah pemain yang hanya tampil satu menit saja.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga transfer teraneh dalam satu dekade terakhir klub Liga Inggris, Chelsea, di mana salah satunya adalah pemain yang hanya tampil satu menit saja.

Chelsea merupakan salah satu klub kaya yang gemar berburu pemain pada bursa transfer. Tak terhitung berapa banyak pemain yang telah didatangkan The Blues di era Roman Abramovich.

Baca Juga

Namun, tak seluruh pembeliannya berujung sukses. Ada beberapa pemain yang transfernya justru terkesan gagal dan aneh jika dipikir-pikir.

Salah satu contohnya adalah Tiemoue Bakayoko. Pada awal kepindahannya ke Chelsea pada 2017 dengan mahar 40 juta euro, pemain berkebangsaan Prancis ini sempat tampil brilian.

Hanya saja cedera perlahan menggerogotinya dan kesehatan mental yang terganggu membuat kariernya pun langsung jeblok bersama The Blues.

Baca Juga

Setahun berselang atau pada 2018, Bakayoko langsung dipinjamkan Chelsea ke berbagai klub. Sebut saja ada AC Milan dan AS Monaco.

Hanya saja penampilannya tak kunjung membaik. Bahkan, AC Milan yang meminjamnya saat ini berencana mengembalikannya ke Chelsea.

Dengan kata lain, transfer Bakayoko terbilang gagal dan sia-sia, karena tak memberi dampak baik secara finansial, maupun performa di lapangan.

Baca Juga

Nyatanya, Bakayoko bukanlah pembelian teraneh atau terburuk Chelsea. Masih ada beberapa transfer aneh yang pernah dilakukan The Blues dalam satu dekade terakhir.

Salah satu transfer anehnya adalah adanya pemain yang hanya tampil satu menit saja bagi Chelsea. Siapa sajakah transfer teraneh The Blues itu?


1. 1. Papy Djilobodji

Papy Djilobodji (kanan)

Papy Djilobodji bukanlah nama tenar di dunia sepak bola. Bahkan, tak mungkin rasanya jika Chelsea pernah mendatangkannya.

Namun, Chelsea pernah mendatangkannya apda 2015 silam di era Jose Mourinho. Tak tanggung-tanggung, dana 3,5 juta euro diberikan The Blues ke Nantes untuk mendapatkan jasanya.

Baca Juga

Semula banyak yang meyakini bahwa Djilobodji akan menjadi transfer cerdas bagi Chelsea, mengingat namanya yang tak tenar dan harganya yang murah.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Sejak kedatangannya, Djilobodji hanya tampil sekali bagi Chelsea dan itu pun hanya selama satu menit!

Baca Juga

Mourinho memainkan Djilobodji di laga Piala Liga Inggris melawan Walsall, di mana ia masuk pada masa injury time babak kedua menggantikan Radamel Falcao.

Sejak saat itu, Djilobodji dibuang oleh Chelsea, hingga akhirnya ia hijrah secara permanen pada 2016 ke Sunderland dengan mahar 9,5 juta euro, The Blues untung 6 juta euro.


2. 2. Eduardo

Logo Chelsea

Eduardo merupakan salah satu kiper legendaris Portugal. Hal ini tak lepas dari jasanya serta jumlah capsnya bersama negaranya itu.

Meski terbilang kiper legendaris, Eduardo nyatanya merupakan salah satu transfer terburuk Chelsea dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga

Ia didatangkan Chelsea pada 2016, dengan maksud menjadi kiper ketiga. Hanya saja, Eduardo tak pernah bermain sekali pun bagi The Blues.

Parahnya, Eduardo kemudian dipinjamkan Chelsea ke Vitesse Arnhem, klub Belanda yang jadi tempat peminjaman para pemain akademi The Blues.

Baca Juga

Saat dipinjamkan ke Vitesse pada 2018, Eduardo saat itu berusia 35 tahun! Peminjaman itu berakhir pada 2019, sekaligus berakhirnya perjalanannya bersama Chelsea.

Tercatat, Eduardo tak pernah sekali pun tampil bagi Chelsea, baik itu di laga resmi maupun pramusim, alias ia hanya berlatih dan menerima bayaran saja.


3. 3. Marco Amelia

Logo Chelsea

Masih dari posisi kiper. Transfer teraneh Chelsea dalam satu dekade terakhir untuk posisi ini adalah kala mendatangkan Marco Amelia.

Marco Amelia bukan nama sembarangan saat didatangkan Chelsea pada 2015. Ia merupakan kiper juara Piala Dunia 2006 dan mampu meraih beragam gelar bersama klub top seperti AC Milan.

Baca Juga

Pada Oktober 2015, Chelsea merekrut Marco Amelia secara gratis usai dirinya dilepas dan berstatus tanpa klub. The Blues menariknya guna menjadi kiper ketiga.

Namun lagi-lagi, Marco Amelia hanya menjalani kehidupan di Chelsea sebagai teman latihan saja selama satu musim. Tak pernah sekali pun ia dimainkan oleh The Blues.

Baca Juga

Hingga akhirnya pada 2016 Chelsea memutuskan untuk melepas Marco Amelia dan membuatnya berstatus tanpa klub.

Mungkin musim terburuk Chelsea pada 2015/16 yang sering kebobolan bisa jadi karena kehadiran Marco Amelia sebagai partner latihan kiper seperti Thibaut Courtois dan Asmir Begovic.

Bursa TransferChelseaAC MilanPapy DjilobodjiTiemoue BakayokoTRIVIASepak Bola

Berita Terkini