x

Dibantai Brighton dan Gagal ke UCL, Manchester United Pecahkan 3 Rekor Terburuk di Liga Inggris

Minggu, 8 Mei 2022 09:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dibantai 4-0 oleh Brighton, Manchester United dipastikan gagal ke Liga Champions dan malah memecahkan 3 rekor terburuk sepanjang sejarah klub di Liga Inggris. (REUTERS/Ian Walton)

INDOSPORT.COM – Dibantai 4-0 oleh Brighton, Manchester United dipastikan gagal ke Liga Champions dan malah memecahkan 3 rekor terburuk sepanjang sejarah klub di Liga Inggris.

Hasil memalukan dialami Manchester United di lanjutan pekan ke-36 Liga Inggris, Sabtu (07/05/22) malam WIB.

Baca Juga

Seperti diketahui, Setan Merah harus bertandang ke markas Brighton & Hove Albion pada malam hari tadi, yang merupakan laga ke-37 mereka musim ini.

Sayangnya, meski menjalani laga kedua terakhir di Liga Inggris dan berbekal kemenangan telak 3-0 atas Brentford  di pekan sebelumnya, MU justru dipermalukan.

Kembali memainkan duet Raphael Varane dan Victor Lindelof di bek tengah dengan diapit Diogo Dalot dan Alex Telles, Man United sudah kebobolan di awal laga.

Baca Juga

Pada menit ke-15 sepakan keras Moises Caicedo dari luar kotak penalti tak bisa dibendung David de Gea untuk membuat Brighton unggul 1-0.

Gol itu sendiri membuat Caicedo mencatatkan rekor baru sebagai pemain ke-100 yang mencetak gol pertamanya di Premier League dengan menjebol gawang MU.

Mengandalkan Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak didukung trio Anthony Elanga, Juan Mata, dan Bruno Fernandes, MU coba membalas tapi berbagai upaya mereka tak membuahkan hasil.

Baca Juga

Di sisi lain, memanfaatkan buruknya pertahanan Setan Merah, The Seagulls juga terus melancarakan serangan demi memburu gol kedua.

Namun, pada akhirnya tak ada gol lain yang bisa diciptakan kedua tim dan laga babal pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Brighton.


1. Gagal Rebut Tiket Liga Champions

Cristiano Ronaldo di laga Liga Inggris Brighton vs Manchester United (REUTERS/Ian Walton)

Manchester United mengawali babak kedua dengan melakukan melakukan 2 perubahan sekaligus. Fred dan Edinson Cavani masuk menggantikan Elanga dan Nemanja Matic.

Namun, situasi bagi Setan Merah justru memburuk. Baru 4 menit babak kedua berjalan, gawang David de Gea kembali kebobolan, kali ini melalui Marc Cucurella.

Baca Juga

Sang bek kiri berdiri bebas tak terkawal di dalam kotak penalti MU, untuk mencetak gol kedua timnya dengan sepakan keras kaki kiri.

Menit ke-57, Brighton yang terus menggempur berhasil mencetak gol ketiganya ke gawang Manchester United lewat Pascal Gross.

Menerima umpan dari sayap kiri, Gross sukses melewati Raphael Varane dan Victor Lindelof sekaligus untuk menjebol gawang de Gea lewat sepakan mendatar ke sudut gawang.

Baca Juga

Meski demikian, petaka Setan Merah rupanya tak berhenti di situ. Empat menit setelah gol Gross, mereka kembali kebobolan untuk keempat kalinya.

Kali ini, upaya Dalot menyapu sepakan Danny Welbeck justru membuat bola membentur dada Leandro Trossard dan meluncur masuk ke gawang.

Gol Trossard itu pada akhirnya menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini. Brighton menutup pertandingan Liga Inggris ini dengan kemenangan telak 4-0.

Baca Juga

Dengan hasil ini, The Seagulls berada di posisi 9 klasemen sementara dengan 47 poin dari 36 laga. Sementara itu, Manchester United tertahan di posisi 6 dengan 58 poin dan dipastikan gagal merebut tiket ke Liga Champions.

Di sisi lain, hasil ini juga membuat Setan Merah mencatatkan 3 rekor terburuk sepanjang keikutsertaan mereka di Premier League. Apa saja? Berikut ulasannya:

 

2. 3 Rekor Terburuk di Premier League

Suasana pascalaga Brighton vs Manchester United di Liga Inggris (REUTERS/Ian Walton)

Kebobolan Terbanyak di Premier League

Kebobolan 4 gol dari Brighton di laga semalam membuat Manchester United kini tercatat sudah kemasukan 56 gol di Liga Inggris musim ini.

Angka 56 gol itu pun memecahkan rekor sebagai angka kebobolan terbanyak MU sepanjang keikutsertaan mereka di Premier League sejak kompetisi itu digelar pada 1992/1993.

Baca Juga

Angka 56 gol itu pun masih berpeluang bertambah lagi, mengingat MU masih memiliki 1 laga sisa musim ini yakni menghadapi Crystal Palace di pekan terakhir pada 22 Mei 2022.

Di sisi lain, Man United kini juga sudah kebobolan 4 gol dalam 12 laga Liga Inggris sejak Sir Alex Ferguson pensiun.

Baca Juga

Jumlah Poin Terkecil di Premier League

Kekalahan dari Brighton membuat Manchester United gagal mendapat tambahan angka. Mereka pun kini tertahan dengan 58 poin dan duduk di posisi 6 klasemen.

Raihan 58 poin itu memastikan MU bakal menutup musim ini dengan poin tersedikit sepanjang keterlibatan mereka di Premier League.

MU sendiri masih menyisakan 1 laga sisa musim ini, namun tambahan poin maksimal (3) hanya akan membawa mereka mengumpulkan 61 poin.

Potensi 61 angka itu masih di bawah jumlah poin terkecil MU sebelumnya yakni 64 poin yang tercipta di musim 2013/2014.

Baca Juga

Tim dengan Kekalahan Terbesar dari Brighton

Kemenangan 4-0 atas MU juga menghasilkan rekor bagi Brighton. Pasalnya, ini adalah kemenangan terbesar mereka di kasta teratas Liga Inggris.

Dilansir Opta, The Seagulls membutuhkan 356 pertandingan di kasta tertinggi untuk meraih kemenangan tersebut.

Di sisi lain, dengan demikian Manchester United pun juga mencatatkan rekor baru. Mereka menjadi tim pertama yang kalah 0-4 dari Brighton sekaligus tim yang menelan kekalahan dengan skor terbesar dari Brighton dalam sejarah Premier League.

Manchester UnitedBrighton & Hove AlbionLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini