x

Peta Persaingan Terbuka Lebar, Siapa yang Bakal Jadi Juara Liga Inggris dan Finis 4 Besar?

Minggu, 8 Mei 2022 13:24 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Peta persaingan di Liga Inggris 2021/22 makin terbuka lebar. Siapakah yang bakal menjadi juara di akhir musim dan finis di empat besar?

INDOSPORT.COM – Peta persaingan di Liga Inggris 2021/22 makin terbuka lebar. Siapakah yang bakal menjadi juara di akhir musim dan finis di empat besar?

Liga Inggris pekan ke-36 yang berlangsung sejak Sabtu hingga Minggu dini hari (08/05/22) menghadirkan beberapa kejutan yang mengubah peta persaingan.

Kejutan datang dari laga Liverpool vs Tottenham Hotspur, di mana kedua tim harus puas berbagi angka usai bermain imbang 1-1.

Baca Juga

Hasil imbang ini bukanlah hasil buruk dan hasil yang bagus bagi kedua tim. Sebab, Liverpool dan Tottenham tengah bersaing mengejar misi masing-masing.

Liverpool tengah dalam perebutan gelar juara dengan Manchester City. Hasil imbang kontra Tottenham ini membuat The Reds harus menunggu hasil rivalnya kala melawan Newcastle United, Minggu (08/05/22) malam WIB.

Sedangkan bagi Tottenham, hasil imbang ini membuat mereka hanya menjaga jarak dari Arsenal di peringkat keempat yang akan bertanding melawan West Ham United, Minggu (08/05/22) malam WIB.

Baca Juga

Beruntung bagi Tottenham, Chelsea yang berada di peringkat ke-3 gagal memperlebar jarak poin karena juga meraih hasil imbang 2-2 kala menjamu Wolverhampton Wanderers.

Sederet hasil ini pun membuat peta persaingan untuk menjadi juara dan merebut posisi empat besar makin memanas hingga akhir musim.

Dengan beberapa partai tersisa dan lawan yang akan dihadapi, siapakah tim yang berpeluang menjadi juara dan mengisi tempat di empat besar?


1. Persaingan Juara Mengerucut ke Man City

Selebrasi pemain Manchester City, Kevin De Bruyne usai mencetak gol ke gawang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: Reuters/Carl Recine

Dengan hasil yang diterima Liverpool kala menjamu Tottenham Hotspur, kini Manchester City dalam peluang untuk mengakhiri Liga Inggris sebagai juara.

Hal ini tak lepas dari fakta bahwa saat artikel ini dibuat, Man City dan Liverpool sama-sama mengoleksi 83 poin. Bedanya, The Cityzens baru memainkan 34 laga dan The Reds memainkan 35 laga.

Melihat jadwal yang ada, Man City baru akan menjalani laga ke-35 nya malam ini (08/05/22) kala menjamu tim papan bawah Newcastle United.

Baca Juga

Jika Man City menang atas Newcastle di laga ke-35 nya ini, maka The Cityzens akan unggul tiga poin atas Liverpool, dan unggul selisih gol.

Namun jika Man City kalah atau meraih hasil seri, maka persaingan pun akan berlanjut hingga akhir musim dan penentuan akan terlihat di tiga laga tersisa.

Baik Man City dan Liverpool akan menjalani tiga partai tersisa dengan lawan yang memiliki status berbeda. Jika dilihat dari jadwal yang ada, The Reds akan diuntungkan di tiga laga tersisa ini.

Liverpool hanya akan menghadapi Aston Villa, Southampton dan Wolverhampton Wanderers di tiga partai tersisanya di Liga Inggris.

Sedangkan Man City akan menghadapi Wolves, West Ham dan Aston Villa. Berkaca dari tiga partai itu, Liverpool punya peluang menyapu bersih laga terlebih dahulu karena dua lawannya merupakan tim di luar 10 besar.

Baca Juga

Nahas bagi Man City, lawan yang mereka hadapi dua di antaranya adalah tim delapan besar, dan baru akan menghadapi Aston Villa yang ada di luar 10 besar pada akhir musim.

Peluang secara matematis ini bisa saja berubah, jika menilik fakta bahwa Liverpool juga harus menjaga skuatnya, mengingat masih akan menghadapi dua final yakni Piala FA (14/05/22) dan Liga Champions (29/05/22).

Meski kalah poin Liverpool masih punya peluang untuk menjadi juara Liga Inggris, dengan catatan bergantung pada hasil yang didapat Man City di laga tersisanya.

Lantas, bagaimana dengan persaingan di 4 besar?


2. Persaingan 4 Besar Jadi Rebutan Trio London

Winger Liverpool, Mohamed Salah mendapat pengawalan ketat dari pemain Tottenham Hotspur. REUTERS/Phil Noble

Saat artikel ini dibuat, persaingan 4 besar hanya mengarah ke Trio London yakni Chelsea (67 poin), Arsenal (63 poin), dan Tottenham Hotspur (62 poin).

Perolehan poin ini masih bisa berubah, karena Arsenal baru akan menjalani pertandingan ke-36 nya kala menjamu Leeds United, Minggu (08/05/22) malam WIB.

Jika Arsenal menang atas Leeds, maka The Gunners akan memangkas jarak dengan Chelsea di peringkat ke-3 menjadi 1 poin dan menjauhi Tottenham dengan keunggulan empat poin.

Baca Juga

Secara matematis, di dua laga tersisa, peluang meraih 4 besar masih terbuka lebar. Saah satu dari trio London ini bisa saja mengucapkan selamat tinggal ke Liga Champions jika tergelincir.

Alhasil, untuk mengetahui jawaban siapa yang bakal finis 4 besar, harus melihat laga tersisa yang akan dilewati trio London ini di pertandingan ke-36, ke-37 dan ke-38.

Berikut bagannya:

Chelsea: Leeds (tandang), Leicester City (kandang), Watford (kandang)
Arsenal: Tottenham (tandang), Newcastle United (tandang), Everton (kandang)
Tottenham Hotspur: Arsenal (kandang), Burnley (kandang), Norwich City (tandang)

Jika melihat laga tersisa, maka Chelsea yang akan lebih diunggulkan untuk menyegel tempat di empat besar terlebih dahulu, karena Arsenal dan Tottenham akan saling tikam di pekan ke-36.

Chelsea hanya akan melawan dua tim yang tak punya misi apapun saat berhadapan dengan Leicester dan Watford. Hanya saja, ganjalan besar akan datang saat bertandang ke markas Leeds.

Baca Juga

Sedangkan Arsenal harus melawan dua tim yang punya misi besar, yakni Tottenham yang ingin ke-4 besar dan Everton yang ingin lolos dari degradasi.

Sedangkan Tottenham juga akan menghadapi lawan lebih mudah. Selain Arsenal, Spurs hanya akan menghadapi tim papan bawa seperti Burnley dan Norwich City saja.

Jika dihitung, Chelsea bisa memastikan tempat di empat besar tepat pada pekan ke-36 saat Arsenal dan Tottenham saling tikam, dengan catatan The Blues menang atas Leeds.

Sedangkan Arsenal dan Tottenham harus saling tikam dan meraih poin maksimal di setiap laga tersisa untuk meraih satu spot di Liga Champions musim depan.

LiverpoolChelseaArsenalManchester CityTottenham HotspurIn Depth SportsLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini