x

Waduh! Chelsea Berpotensi Finis di Luar 4 Besar, Begini Perhitungannya

Senin, 9 Mei 2022 10:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Meski duduk di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris 2021/22, nyatanya Chelsea masih bisa finis di luar 4 besar atau zona Liga Champions. Kok bisa?

INDOSPORT.COM – Meski duduk di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris 2021/22, nyatanya Chelsea masih bisa finis di luar 4 besar atau zona Liga Champions. Kok bisa?

Chelsea saat ini mulai was-was. Ada potensi bahwa The Blues bisa saja terlempar dari 4 besar di tiga laga tersisa Liga Inggris 2021/22.

Baca Juga

Hal ini tak lepas dari posisi para rivalnya dalam perebutan dua tempat tersisa di 4 besar. Setidaknya, zona tersebut diperebutkan oleh tiga klub London, yakni Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Sebagaimana diketahui, saat ini Chelsea hanya unggul satu poin dari Arsenal di peringkat ke-4 dan lima poin dari Tottenham yang ada di peringkat ke-5.

Perubahan poin ini didapatkan setelah The Blues kembali menelan hasil pahit, yakni imbang melawan Wolverhampton Wanderers di pekan ke-35.

Baca Juga

Di sisi lain, Arsenal berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Leeds United, dan Tottenham meraih hasil imbang dalam lawatan ke markas Liverpool di pekan yang sama.

Dengan tiga pertandingan tersisa, poin Chelsea bisa saja disalip oleh Arsenal dan Tottenham di tiga pertandingan tersisa nanti.

Dengan kata lain, bisa saja Chelsea terlempar dari posisi 4 besar di akhir musim dan dua zona Liga Champions tersisa direbut oleh dua klub London Utara tersebut.

Baca Juga

Bagaimana perhitungan agar Chelsea terlempar dari 4 besar di akhir musim atau bagaimana cara The Blues bisa tampil di Liga Champions musim depan ketimbang Arsenal dan Tottenham? Begini perhitungannya.


1. Chelsea Bisa Terlempar dari 4 Besar

Andreas Christensen dan Edouard Mendy di laga Chelsea vs Arsenal (REUTERS/David Klein)

Di tiga laga tersisa, Chelsea bisa saja terlempar apalagi jika hasil yang mereka raih di tiga laga lanjutan tak begitu menguntungkan.

Sebagai informasi, saat ini Chelsea mengoleksi 67 poin dan disusul Arsenal dengan 66 poin serta Tottenham dengan 62 poin. Di tiga laga tersisa, perubahan poin ini masih bisa terjadi.

Berikut tiga laga tersisa masing-masing tim.

Baca Juga

Chelsea: Leeds United (tandang), Leicester City (kandang), Watford (kandang)
Arsenal: Tottenham Hotspur (tandang), Newcastle United (tandang), Everton (kandang)
Tottenham Hotspur: Arsenal (kandang), Burnley (kandang), Norwich City (tandang)

Terlihat dari tiga laga tersisa, posisi ketiga tim tak begitu menguntungkan, terutama di pertandingan selanjutnya. Dengan kata lain, ketiga tim harus meraih kemenangan di setiap laga demi 4 besar.

Melihat calon lawan Chelsea, pendukung The Blues wajar merasa pesimis. Pasalnya, tim kebangaannya itu punya rekor buruk saat menghadapi Leeds United dan Leicester City.

Di pertemuan pertama, Chelsea hanya bermain imbang dengan Leeds di Stamford Bridge. Mengingat saat ini The Whites berusaha keluar dari zona degradasi, maka The Blues kemungkinan sulit meraih poin maksimal di laga tandangnya Kamis (12/05/22) nanti.

Kemudian Chelsea juga akan menghadapi Leicester City. Dalam beberapa musim, The Foxes selalu bisa meraih poin atas The Blues.

Baca Juga

Dapat disimpulkan, dua laga lanjutan Chelsea ini akan menjadi penentu The Blues untuk lolos ke Liga Champions musim depan atau tidak.

Jika hanya meraih hasil imbang atau kalah di dua laga melawan Leeds dan Leicester, maka Chelsea berpotensi terlempar dari 4 besar.

Apalagi, Arsenal dan Tottenham hanya akan menjalani laga mudah di dua laga terakhirnya, yakni melawan tim papan bawah.

Meski demikian, Chelsea bisa memastikan tempat di 4 besar dengan berharap pada Arsenal nanti di laga selanjutnya. Bagaimana hitung-hitungannya?


2. Chelsea Berharap pada Arsenal

Perebutan bola di udara antara pemain Chelsea dan Arsenal.

Chelsea bisa saja memastikan tempat di 4 besar dengan berharap kepada Arsenal saat menjalani laga tunda melawan Tottenham pada Jumat (13/05/22) nanti.

Andai Chelsea bisa menang atau seri atas Leeds di beberapa hari sebelumnya, maka The Blues hanya perlu berharap pada Arsenal untuk bisa menang di laga Derby London Utara melawan Tottenham.

Jika dihitung, Chelsea akan mengoleksi 70 poin andai menang atas Leeds dan untuk sementara unggul empat poin atas Arsenal dan delapan poin dari Tottenham.

Baca Juga

Keunggulan poin itu cukup bagi Chelsea untuk mengunci 4 besar, dengan catatan Arsenal mengalahkan atau menahan imbang Tottenham di Derby London Utara pada Jumat (13/05/22) nanti.

Jika Arsenal menang atau imbang dari Tottenham, maka poin keduanya menjadi 67 poin dan 63 poin. Dengan dua laga tersisa, hanya The Gunners saja yang bisa menyalip poin Chelsea, bukan Spurs.

Jika Chelsea seri dengan Leeds, poinnya hanya akan menjadi 68 poin. Poin ini sudah cukup untuk memastikan The Blues ke empat besar, dengan catatan Arsenal juga wajib menang atas Tottenham.

Baca Juga

Dengan kata lain, duel Derby London Utara antara Tottenham dan Arsenal akan menjadi penentu Chelsea untuk memastikan tempat di 4 besar, selain bertaruh dengan hasil melawan Leeds.

Namun lain ceritanya jika Arsenal dan Tottenham imbang, dan Chelsea kalah atau imbang atas Leeds. Maka ketiga tim ini harus memastikan tempat di 4 besar di dua laga terakhir.

ChelseaArsenalTottenham HotspurIn Depth SportsLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini