x

Termasuk 2 Tenaga Baru, Ini 3 Perubahan Radikal yang Dilakukan Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste

Selasa, 10 Mei 2022 14:33 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Termasuk 2 Tenaga Baru, Ini 3 Perubahan Radikal yang Dilakukan Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga perubahan radikal yang dilakukan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timor Leste dalam laga kedua Grup A SEA Games 2021.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan bersua Timor Leste dalam laga kedua Grup A SEA Games 2021 yang digelar di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/05/22) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga

Dalam duel tersebut, tidak ada pilihan selain kemenangan bagi Timnas Indonesia U-23 bila ingin lolos ke semifinal. Pasalnya, di laga perdana mereka malah menjadi bulan-bulanan tuan rumah Vietnam dengan skor 0-3.

Kemudian Timor Leste sendiri juga tampil buruk di laga perdana SEA Games 2021 karena kalah 0-4 dari Filipina. Tren buruk mereka berlanjut di laga kedua setelah kalah 2-3 dari Myanmar.

Baca Juga

Hal itu membuat tim besutan Fabio Magrao diprediksi bakal bermain habis-habisan saat bersua skuat Garuda Nusantara. Bila imbang atau kalah, mereka sudah dipastikan angkat koper lebih cepat.

Sementara itu, dalam partai hidup mati menghadapi Timor Leste, Shin Tae-yong kabarnya sudah mengantongi kekuatan calon lawannya.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan itu juga merasa beruntung karena punya waktu recovery yang cukup panjang. Selain itu, Timnas Indonesia U-23 mendapat kabar baik dengan kedatangan Asnawi Mangkualam dari Korea Selatan.

Hal itu membuat Shin Tae-yong dipastikan bakal membuat beberapa perubahan untuk memilih pemain yang layak dipasang dalam starting line up.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga perubahan radikal yang dilakukan Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste:


1. Perubahan Lini Belakang

Asnawi Mangkualam di TC Timnas Indonesia U-23.

Sebelumnya Muhammad Adi Satryo dipasang sejak menit awal oleh Shin Tae-yong. Namun penampilannya di bawah mistar kurang memuaskan yang membuat gawang skuat Garuda dibobol tiga kali oleh Vietnam.

Hal itu membuat Shin Tae-yong dipastikan akan memasang Ernando Ari sebagai penjaga gawang utama dalam menghadapi Timor Leste pada malam ini.

Baca Juga

Kemudian kedatangan Asnawi Mangkualam membuat Rio Fahmi dipastikan bakal tergusur. Sebelumnya ia dianggap sebagai biang kerok kekalahan telak dari Vietnam di laga perdana Grup A SEA Games 2021.

Baca Juga

Lini Tengah

Di lini tengah, Shin Tae-yong diprediksi tidak memainkan Marc Klok sebagai pemain inti. Gelandang Persib Bandung itu dinilai belum bisa berkolaborasi dengan baik bersama dua gelandang lainnya, yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Baca Juga

Hal itu membuat Marc Klok kemungkinan bakal digantikan oleh Marselino Ferdinan. Di laga sebelumnya, ia hanya tampil selama enam menit setelah masuk menggantikan Ronaldo Kwateh.


2. Lini Depan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Untuk tiga pemain di depan, ada dua perubahan yang kemungkinan terjadi. Shin Tae-yong bakal menggantikan peran Saddil Ramdani untuk Witan Sulaeman.

Duet Egy Maulana Vikri (kiri) dan Witan Sulaeman (kanan) siap membuat laga melawan Timor Leste menjdi lebih menarik. Hal itu setelah keduanya sama-sama punya kualitas dan menjadi rekan setim di klub Slovakia, FK Senica.

Sementara itu, perubahan terjadi untuk posisi ujung tombak. Timnas Indonesia U-23 diprediksi akan mengandalkan Ronaldo Kwateh sejak menit awal. Sebelumnya posisi ini diisi oleh Irfan Jauhari, namun ia belum bisa memenuhi harapan Shin Tae-yong dalam mencetak gol ketika dipasang starter.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Firza Andika; Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Ronaldo Kwateh.

Baca Juga
SEA GamesTimor LesteTimnas IndonesiaBola InternasionalEgy Maulana VikriAsnawi Mangkualam BaharWitan SulaemanTRIVIAMarselino FerdinanShin Tae-yongRonaldo Kwateh

Berita Terkini