x

SEA Games: Bukan Paulo Gali, 3 Pemain Timor-Leste yang Siap Repotkan Timnas Indonesia U-23

Selasa, 10 Mei 2022 11:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Paulo Gali tidak memperkuat Timor-Leste saat lawan Indonesia di SEA Games 2021. Foto: MOHD RASFAN/AFP/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jadwal sepak bola SEA Games 2021 hari ini, Selasa (10/05/22) salah satunya akan menghadirkan laga Timnas Indonesia U-23 vs Timor-Leste.

Sebelumnya, skuat Garuda Muda sudah melakoni partai perdana mereka di SEA Games 2021 dengan melawan Vietnam pada 6 Mei lalu.

Baca Juga

Namun sayang dewi fortuna belum berpihak kepada mereka lantaran kebobolan tiga gol tanpa balas oleh salah satu unggulan di cabor ini.

Adalah Linh Nguyen Tien, Dung do Hung, dan Do le Van yang menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia U-23 yang berlaga malam itu.

Kekalahan dari wakil tuan rumah pun membuat Indonesia agak terseok-seok di awal perjalanannya di SEA Games 2021.

Baca Juga

Sampai tulisan ini dibuat, mereka masih bertengger di peringkat 4 klasemen sementara Grup A. Di sisi lain, Vietnam yang memulai langkahnya dengan mulus sempat tersandung oleh Filipina usai bermain imbang 0-0 pada 8 Mei lalu.

Meski begitu, Indonesia masih punya cukup peluang untuk finis di peringkat atas klasemen Grup A yang juga berisi Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Timor-Leste tersebut.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong pun harus tampil all out agar poin maksimal bisa diraih. Apabila gagal, tentu saja posisi mereka akan terpuruk di klasemen.

Baca Juga

Akan tetapi, Indonesia bukan satu-satunya yang bakal getol memburu angka di jadwal pertandingan sepak bola SEA Games 2021 hari ini.

Timor-Leste berada di posisi yang lebih ‘menderita’ lantaran mengantongi 0 poin dan telah melakoni dua pertandingan di Grup A. Masing-masing melawan Filipina dan Myanmar.


1. Timor-Leste Tanpa Paulo Gali di SEA Games 2021

Paulo Gali tidak memperkuat Timor-Leste saat lawan Indonesia di SEA Games 2021. Foto: MOHD RASFAN/AFP/Getty Images.

Sedikit lebih apes dari Timnas Indonesia U-23, Timor-Leste ditekuk 0-4 oleh Filipina di laga perdana, lalu tumbang tipis 2-3 di tangan Myanmar.

Berbicara soal statistik, Indonesia dan Timor-Leste sudah berjumpa dua kali di ajang SEA Games, yakni pada 2013 dan 2017.

Baca Juga

Untuk edisi 2013, Indonesia yang kala itu beranggotakan Kurnia Meiga, Bayu Gatra, Dedi Kusnandar, dkk, menahan imbang Timor-Leste dengan skor kacamata 0-0.

Sementara itu, pada 2017 Indonesia berhasil tampil sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0, berkat gol tunggal Marinus Wanewar.

Kini generasi pun telah berganti dan Timnas Indonesia U-23 siap mengukir sejarah lain melawan tim berjuluk O Sol Nascente tersebut.

Baca Juga

Meski bukan klub besar, Timor-Leste juga punya pemain andalan yang wajib diwaspadai setiap lawan,  Paulo Gali Freitas.

Hanya saja, pemain Lalenok United tersebut menjelma sebagai sosok kontroversial setelah terseret kasus pemalsuan umur di Piala AFF U-15 2019.

Namu Paulo Gali diketahui tidak berpartisipasi di SEA Games 2021 karena sedang menjalani trial di klub Spanyol, Antequera CF.

Baca Juga

Absennya Paulo Gali pun disayangkan oleh penggemar yang sudah menanti penampilannya melawan Indonesia di SEA Games 2021.

Akan tetapi, Timor-Leste masih punya sejumlah pemain yang mungkin bisa merepotkan skuat asuhan Shin Tae-yong di laga nanti malam. Siapa saja?


2. 3 Pemain Andalan Timor-Leste Lawan Indonesia

Pelatih Timor Leste, Fabio Magrao. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com.

John Frith Ornai

Salah satu pemain dengan eksistensi menonjol di level timnas. Ia sudah berpartisipasi di laga-laga Timor-Leste sejak level U-19, U-19, U-23, hingga senior.

Gelandang SLB Laulara tersebut juga tidak asing dengan Indonesia lantaran pernah berjumpa di laga FIFA Matchday beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Meski Timor-Leste kalah dalam dua partai yang masing-masing digelar pada 27 dan 30 Januari 2022 itu, John Frith Ornai tampil cukup lumayan dengan memberi sumbangsih satu assist untuk timnya.

Selain itu, menit bermainnya pun terbilang meyakinkan dengan tampil di setidaknya empat laga Timor-Leste di Piala AFF 2022 dan Piala AFF U-23 2022.

Mouzinho

Wajib diwaspadai dan bisa bikin Timnas Indonesia U-23 was-was lantaran sepak terjangnya sebagai mesin gol andal Timor-Leste.

Baca Juga

Di Piala AFF U-18 2019, pemain yang satu ini bahkan menyabet gelar top skor bersama Bagus Kahfi dan Dylan-Ruiz Dias dengan raihan 6 gol.

Selain itu, top skor Timor-Leste di Piala AFF U-23 2022 tersebut juga berkontribusi apik bagi timnya di SEA Games 2021, yakni menjadi salah satu aktor terciptanya dua gol kontra Myanmar tempo hari.

Cristevao Fernandes

Meski masih berusia 18 tahun, gelandang SLB Laulara ini sudah cukup sering mendapat panggilan membela timnas.

Baca Juga

Tugasnya di lapangan pun krusial yakni mengalirkan bola dari belakang ke depan, yang tentunya harus direndam Timnas Indonesia U-23 jika ingin menguasai permainan.

Bakal seperti apa sepak terjang Timor-Leste saat melawan Indonesia di laga lanjutan Grup A sepak bola SEA Games 2021? Pertandingan ini bisa disaksikan hari ini, Selasa (10/05/22) mulai pukul 19.00 WIB.

SEA GamesTimor LesteTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini