x

De Bruyne Cetak 4 Gol, Ini 3 Laga Liga Inggris yang Diwarnai Quattrick dari Gelandang

Kamis, 12 Mei 2022 23:16 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut tiga laga Liga Inggris yang diwarnai oleh lesakkan empat gol dari gelandang pasca Kevin De Bruyne mencetak 4 gol ke gawang Wolves.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga laga Liga Inggris yang diwarnai oleh lesakkan empat gol dari gelandang pasca Kevin De Bruyne mencetak 4 gol ke gawang Wolves.

Kevin De Bruyne menjadi perbincangan usai mencetak Quattrick atau 4 gol saat Manchester City menggulung Wolverhampton Wanderers dengan skor 5-1, Kamis (12/05/22).

Baca Juga

De Bruyne mencetak hampir seluruh gol Man City di laga itu masing-masing di menit ke-7, menit ke-16, menit ke-24, dan menit ke-60.

Sejatinya De Bruyne bisa mencetak lima gol di laga ini. Hanya saja, satu tendangannya membentur tiang gawang Wolves.

Meski begitu, apa yang dicetak oleh pemain berusia 30 tahun itu terbilang sangat sensasional dan membuat Pep Guardiola selaku pelatihnya berdecak kagum.

Baca Juga

““Saya sangat kecewa dengan dia karena dia melewatkan gol kelima dengan membentur tiang,” canda Guardiola pasca laga.

“Saya sangat senang untuknya karena tentu saja mencetak empat gol di bagian yang menentukan liga sangat penting,” puji Guardiola seperti yang dikutip dari Planet Football.

Berkat torehan itu, De Bruyne masuk daftar 30 pemain yang pernah mencetak 4 gol dalam satu laga dalam sejarah Liga Inggris era Premier League.

Baca Juga

Di sisi lain, 4 golnya ke gawang Wolves itu membuat De Bruyne masuk daftar elite barisan gelandang yang pernah mencetak Quattrick.

Sebelum De Bruyne, setidaknya sudah tiga kali seorang pemain gelandang mencetak Quattrick di Liga Inggris. Siapa sajakah para pemain itu dan kapan Quattrick itu dilakukan? Berikut ringkasannya.


1. 1. Frank Lampard (Chelsea 6-1 Derby County 2007/08)

kiri-kanan: John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba foto bersama trofi Liga Champions (20/05/12).

Legenda Chelsea, Frank Lampard menjadi gelandang pertama yang mencetak 4 gol atau Quattrick dalam satu laga sepanjang sejarah Liga Inggris era Premier League.

Lampard mencetak Quattrick-nya itu di musim 2007/08, kala Chelsea menang 6-1 atas Derby County pada pekan ke-29 Liga Inggris, 13 Maret 2008.

Baca Juga

Saat itu, pria yang kini menukangi Everton itu mencetak Quattrick-nya di menit ke-26 lewat titik putih, menit ke-57, menit ke-66 dan menit ke-72.

Berkat empat golnya ke gawang Derby County itu, Lampard mengakhiri musim tersebut dengan sumbangan dua digit gol atau 10 gol.

Baca Juga

Sayangnya, 10 gol itu tak cukup membawa Lampard masuk daftar top skorer yang diisi oleh Cristiano Ronaldo, Emmanuel Adebayor, Fernando Torres, Roque Santa Cruz, dan Dimitar Berbatov.

Sedangkan secara kolektif, Quattrick Lampard itu tak berarti apa-apa karena Chelsea hanya finis di peringkat kedua di akhir musim di belakang Manchester United.


2. 2. Frank Lampard (Chelsea 7-1 Aston Villa 2009/10)

kiri-kanan: John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba foto bersama trofi Liga Champions (20/05/12).

Dua musim berselang, Frank Lampard kembali mencetak Quattrick dan menjadi Quattrick kedua dari seorang pemain gelandang di Liga Inggris.

Lampard mencetak Quattrick di musim 2009/10, tepatnya kala Chelsea menghajar Aston Villa dengan skor masif, yakni 7-1.

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge itu, Lampard mencetak 4 gol masing-masing di menit ke-15, menit ke-44 dan ke-62 lewat penalti, serta di menit ke-90+1.

Kemenangan itu terasa manis, karena hasil itu membuat Chelsea memperpendek jarak dengan Man United menjadi satu poin saja.

Baca Juga

Hingga akhirnya, di akhir musim Chelsea keluar sebagai juara Liga Inggris dengan keunggulan satu poin atas rival terberatnya di era itu.

Berkat empat golnya ke gawang Aston Villa di pekan ke-32 itu, Lampard pun masuk daftar jajaran top skor di akhir musim dengan 22 gol, berbeda tujuh gol dari Didier Drogba sebagai pencetak gol terbanyak musim tersebut.


3. 3. Georginio Wijnaldum (Newcastle United 6-2 Norwich City 2015/16)

Georginio Wijnaldum, pemain Paris Saint-Germain. Foto: REUTERS/Benoit Tessier

Georginio Wijnaldum juga merupakan seorang gelandang yang berhasil mencetak empat gol dalam satu laga jauh sebelum Kevin De Bruyne.

Wijnaldum mencetak empat gol dalam satu laga pada Liga Inggris 2015/16, kala dirinya membantu Newcastle United menghajar Norwich City dengan skor 6-2.

Baca Juga

Hal tersebut terjadi di awal-awal musim Liga Inggris 2015/16, tepatnya di pekan ke-9 yang berlangsung di St James Park (18/10/15).

Dalam duel tersebut, Wijnaldum mampu mencetak empat gol masing-masing di menit ke-14, menit ke-26, menit ke-66 dan menit ke-85.

Baca Juga

Empat gol itu menjadi ketiga kalinya seorang gelandang mencetak Quattrick di Liga Inggris, setelah Lampard yang melakukannya sebanyak dua kali.

Sayangnya catatan apik Wijnaldum itu diakhiri dengan terdegradasinya Newcastle setelah hanya finis di peringkat ke-18 di akhir musim.

ChelseaManchester CityFrank LampardNewcastle UnitedKevin De BruyneGeorginio WijnaldumLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini