x

Ogah Tenggelam Euforia Bungkam Filipina, Shin Tae-yong Minta Timnas Indonesia U-23 Fokus ke Myanmar

Sabtu, 14 Mei 2022 17:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, merasa puas atas kemenangan atas Filipina dan meminta anak asuhnya fokus ke laga kontra Myanmar.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merasa puas atas kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Filipina. Baginya anak asuhnya sudah menunjukkan kerja keras dalam laga tersebut. Meski begitu, ia meinginginkan anak asuhnya segera fokus ke laga berikutnya di SEA Games 2021. 

Timnas Indonesia U-23 berhasil menang telak atas Filipina. Skuat Garuda Muda menang dengan skor 4-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Jumat (13/05/22) kemarin.

Baca Juga

Empat gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Muhamad Ridwan pada menit ke-17', Rizky Ridho menit 44', Egy Maulana 74', dan Marselino Ferdinan 84'(pen).

Menanggapi kemenangan ini, Shin Tae-yong selaku pelatih sangat puas. "Pemain telah bekerja keras pada pertandingan ini," buka Shin Tae-yong.

Namun Shin Tae-yong mengingatkan anak asuhnya tidak cepat puas. Dia meminta Marc Klok dan kolega segera menaruh fokus untuk laga selanjutnya menghadapi Myanmar.

Baca Juga

"Selanjutnya kami fokus melawan Myanmar, kami tentu ingin meraih kemenangan dan lolos semifinal," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan kalau dirinya memang sangat mengandalkan kolektivitas tim, baik ketika bertahan maupun menyerang.

"Permainan sepak bola yang saya inginkan memang mengandalkan semua pemain, jadi tidak harus mengandalkan penyerang untuk mencetak gol," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Bahkan Shin Tae-yong menegaskan bahwa seorang pemain belakang pun tak hanya fokus bertahan.

Baginya seorang bek juga bisa memiliki peluang untuk mencetak gol.

"Bek pun tidak hanya bertahan dan striker menyerang saja. Semua posisi bisa mencetak gol," tambah pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Baca Juga

Indonesia masih menyisakan satu laga lagi melawan Myanmar, Minggu (15/05/22). Kemenangan melawan Myanmar juga tak kalah penting untuk meloloskan ke babak semifinal. Di Grup B persaingan juga masih ketat antara Malaysia, Singapura, dan Thailand.


1. Pelatih Myanmar Sindir Kualitas Wasit SEA Games

Logo Sea Games Vietnam.

Jelang laga krusial kontra timnas Indonesia U-23, pelatih Myanmar, Velizar Popov, mengungkapkan kekecewaan terhadap kinerja wasit di SEA Games 2021.

Dalam sebuah konferensi pers, Velizar Popov secara implisit menyoroti kualitas wasit saat timnya dikalahkan tuan rumah Vietnam 1-0 dalam lanjutan Grup A SEA Games 2021 cabor sepak bola, Jumat (13/5/22).

Baca Juga

“Kami tidak takut kepada tim mana pun, kecuali wasit,” ungkap Velizar Popov, dikutip dari laman VN Express, Sabtu (14/5/22).

“Saya kecewa dengan kinerja wasit, tetapi tidak bisa mengatakannya secara langsung karena saya akan didenda gara-gara itu," sambung Popov.

Pada kesempatan yang sama, Velizar Popov juga memuji kekuatan Vietnam U-23 yang diakuinya sebagai tim terkuat di Grup A SEA Games 2021.

“Jika saya harus memilih tim terkuat di turnamen ini, saya akan memilih Vietnam. Saya tidak terkesan dengan pemain tertentu tetapi saya cukup terkesan dengan tim ini dan kerja tim mereka," cetusnya.

Baca Juga

Popov meyakini dengan kekuatan yang dimiliki Vietnam U-23 saat ini, mereka bisa memenangi setiap pertandingan dengan mudah dan berpeluang besar untuk merebut medali emas cabor sepak bola.

Di laga kontra Vietnam, Myanmar, yang di atas kertas tak diunggulkan, sesungguhnya mampu memberikan perlawanan sengit kepada anak asuh Park Hang-seo.

Menerapkan gaya permainan defensif, Myanmar U-23 berhasil membatasi pergerakan Vietnam, bahkan setelah Do Hung Dung mencetak gol kemenangan untuk tuan rumah di menit ke-75.

Baca Juga

Berkat kemenangan atas Myanmar, Vietnam U-23 kini mengoleksi tujuh poin dan pada laga terakhir melawan Timor Leste mereka hanya butuh satu poin untuk melaju ke semifinal.


2. Jadwal Laga Penutup Grup A SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar

Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

Berikut jadwal laga penutup Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021, yang mempertaruhkan nasib timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Myanmar.

Sebagaimana diketahui, pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021, bergulir di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022.

Kurang lebih ada 40 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, termasuk sepak bola. Indonesia pun menjadi 1 dari 10 kontestan di cabor sepak bola.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A, sedang berjuang untuk lolos dari fase penyisihan grup bersama Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Hanya 2 negara terbaik di grup yang ke semifinal.

Pada Minggu (15/5/22), timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga pamungkas grup menantang Timnas Myanmar U-23 di Stadion Viet Tri, Vietnam, mulai pukul 16.00 WIB.

Baca Selengkapnya: Jadwal Laga Penutup Grup A SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar

MyanmarFilipinaTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini