x

4 Kiprah Pelatih Lokal bersama Timnas Indonesia di SEA Games, Siapa yang Paling Harum Namanya?

Senin, 23 Mei 2022 11:23 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa pelatih lokal yang berkiprah bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games:

Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan saat berhadapan dengan Malaysia di perebutan tempat ketiga atau medali perunggu cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga

Bermain di Stadion My Dinh, Vietnam, Minggu (22/05/22) sore WIB, Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 4-3 melalui adu penalti atas Malaysia.

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 hingga waktu normal. Padahal di sepanjang babak pertama, Timnas Indonesia U-23 sendiri rajin melancarkan ancaman.

Namun pertahanan disiplin Malaysia membuat barisan penyerang Skuad Garuda Muda kesulitan membongkarnya. 

Baca Juga

Sebaliknya Malaysia yang bermain pragmatis mengusung serangan balik. Akan tetapi pola menyerang mereka juga tidak efektif, sehingga bisa dipatahkan oleh para pemain Timnas Indonesia U-23.

Hingga akhirnya kedua tim tak bisa mencetak gol di babak pertama. Skor 0-0. Memasuki babak kedua, giliran Malaysia yang bermain lebih agresif.

10 menit pertama mereka mengancam gawang Timnas Indonesia U-23, akan tetapi beberapa kali serangan Malaysia mampu diredam.

Baca Juga

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-68. Timnas Indonesia U-23 mencetak gol lebih dahulu ke gawang Malaysia, lewat aksi Ronaldo Kwateh. Skor 1-0.

Jelang akhir babak kedua, Malaysia menyamakan skor di menit ke-81. Umpan silang Harimau Malaya sempat mengenai pemain Indonesia, dan berbelok arah. 

Skor berubah jadi 1-1 yang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Pemenangpun harus ditentukan melalui adu penalti.

Timnas Indonesia U-23 mampu menjalankan dengan sukses. Dari lima penendang, hanya satu yang gagal, sedangkan Malaysia dua penendang. Skor 4-3 untuk kemenangan Merah Putih.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2021. 

Sebelumnya, Timnas Indonesia beberapa kali mampu meraih medali perak karena mereka berhasil masuk final namun kalah. Seringnya, pencapaian itu justru saat dilatih oleh pelatih lokal.

Berikut beberapa pelatih lokal yang berkiprah bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games:


1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan, pelatih Rans Cilegon FC. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com

Rahmad Darmawan pernah menjadi salah satu pelatih lokal terbaik yang pernah menangani Timnas Indonesia U-23.

Bisa dibilang ia adalah spesialis ajang SEA Games. Sebab, dua kali ia ditunjuk untuk melatih Skuad Garuda Muda untuk bermain di pesta olahraga multi cabang Asia Tenggara tersebut.

Pertama terjadi di tahun 2011 ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games. Rahmad Darmawan sebagai juru taktik, berhasil mengumpulkan materi pemain terbaik, di tengah gejolak dualisme PSSI.

Kala itu, Rahmad Darmawan dipilih Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk menggantikan posisi Alfred Riedl yang digeser sementara sebagai Direktur Teknik Timnas Indonesia.

Setelah ditunjuk, ia memilih pemain-pemain muda bertalenta untuk melakukan pemusatan latihan seperti Andik Vermansah, Titus Bonai, Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Oktovianus Maniani, hingga Patrich Wanggai.

Hasilnya cukup menjanjikan. Di babak penyisihan grup A, mereka melewatinya dengan banyak kemenangan. 

Di antaranya menang 6-0 vs Kamboja, menang 2-0 atas Singapura, menang 3-1 atas Thailand. Namun kalah dari Malaysia di laga terakhir fase grup.

Memasuki babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 tampil gemilang melawan Vietnam. 

Gol dari tendangan bebas Wanggai dan gol Tibo membawa Tim Garuda Muda ke final untuk bertemu Malaysia di partai puncak. 

Timnas Indonesia U-23 pun digadang-gadang bakal menjadi juara setelah penampilan sempurna kontra tim dari Negeri Paman Ho.

Di final, Timnas Indonesia U-23 di awal-awal pertandingan bermain baik. Mereka bahkan sempat unggul lebih dahulu melalui gol Gunawan Dwi Cahyo, yang membuat publik Stadion Utama GBK bersorak kegirangan.

Namun Malaysia bukan tanpa perlawanan karena terbukti mampu menyamakan skor melalui Asraruddin Putra Omar. Skor 1-1 bertahan hingga perpanjangan waktu dan pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Di babak tos-tosan, Malaysia menang 4-3. Dua penendang Timnas Indonesia U-23 yang gagal adalah Gunawan Dwi Cahyo dan Ferdinand Sinaga. Harimau Malaya pun berpesta di Jakarta meraih medali emas.

Edisi 2013

Rahmad Darmawan kembali dipercaya untuk menangi Timnas Indonesia U-23 di edisi selanjutnya SEA Games 2013 di Myanmar.

Persiapan berlangsung mulus. Rangkaian pemusatan latihan dan uji coba digelar oleh Badan Tim Nasional, demi bisa meraih medali emas di Myanmar.

Sayang penampilan Timnas Indonesia U-23 ketika turnamen sudah dimulai justru tak meyakinkan. 

Sebab di babak penyisihan grup, mereka gagal mendulang banyak poin penuh. Mereka menang 1-0 atas Kamboja, dikalahkan 4-1 oleh Thailand dan imbang 0-0 lawan Timor Leste.

Kepastian lolos ke semifinal baru didapat pada laga terakhir ketika mengalahkan tuan rumah Myanmar 1-0.

Di semifinal, mereka mereka berhadapan dengan Malaysia. Menang adu penalti 4-3. Di final kembali takluk dari Thailand dengan skor 1-0. Timnas Indonesia U-23 lagi-lagi harus meraih medali perak.


2. Aji Santoso

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri dalam jumpa pers jelang melawan Myanmar U-23 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (06/12/19).

Aji Santoso menjadi pelatih lokal yang paling disorot saat menangani Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games pada 2015 lalu di Singapura.

Bagaimana tidak, dualisme yang terjadi di sepak bola Indonesia membuat dirinya mempunyai keterbatasan dalam memilih pemain untuk dibawa.

Alhasil persiapan Timnas Indonesia U-23 terganggu. Kendati demikian, di babak penyisihan grup Skuad Garuda Muda mampu finis di peringkat kedua, dan lolos ke semifinal.

Sayang, di semifinal mereka harus kalah dari Thailand dengan skor 5-0, dan diperebutan peringkat ketiga atau medali perunggu juga kalah dari Vietnam. 

Timnas Indonesia U-23 pun harus pulang dengan tangan kosong.

Indra Sjafri

Timnas Indonesia U-23 bangkit kembali di ajang SEA Games edisi 2019 bersama pelatih lokal, kali ini adalah Indra Sjafri.

Prestasi menterengnya dimana pernah membawa Timnas Indonesia U-19 dan U-22 juara Piala AFF, membuat publik percaya bahwa Coach IS bisa membawa pulang medali emas dari Filipina.

Di babak penyisihan grup B, Timnas Indonesia U-23 sukses finis di peringkat kedua di bawah Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Di semifinal, mereka berhadapan dengan Myanmar. Tim besutan Indra Sjafri sempat kesulitan menaklukan Myanmar, sampai harus lewat perpanjangan waktu meski hasilnya menang 4-2.

Di final, Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan negara yang pernah satu grup di babak penyisihan yakni Vietnamm, yang lolos usai mengalahkan Kamboja 4-0.

Skuad Garuda Muda tak bisa berbuat banyak. Mereka kalah 3-0. Evan Dimas cs harus puas kembali meraih medali perak.


3. Bertje Matulapelwa

Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

Nama Bertje Matulapelwa mungkin menjadi salah satu pelatih lokal yang paling dikenang oleh publik sepak bola Tanah Air sepanjang masa.

Bagaimana tidak, ia mampu memberikan medali emas SEA Games pertama untuk sepak bola Timnas Indonesia pada tahun 1987. 

Skuad Garuda memperoleh medali emas setelah di final mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di Stadion Utama Senayan, 20 September 1987.

Gol semata wayang dicetak oleh Ribut Waidi menit ke-91. Ribut membuat Stadion Utama Senayan bergemuruh. 

Pasalnya, sejak SEA Games digelar 1959 (kala itu bernama Southeast Asian Peninsula Games), Indonesia belum pernah jadi juara.

Langkah Indonesia menuju partai final sebenarnya amat berliku. Pada fase penyisihan, Ricky Yakobi dkk. maju ke semifinal dengan status runner-up di bawah juara bertahan Thailand.

Saat penyisihan, kedua tim bermain imbang 0-0. Indonesia memastikan satu tempat di empat besar setelah meraih kemenangan 2-0 atas Brunei Darussalam.

Pada babak semifinal, Garuda bersua Burma (sekarang Myanmar) dan menang telak 4-1. Pada laga lain, Malaysia menghantam Thailand 2-0. 

Timnas Indonesia bertemu Malaysia dan dimenangkan oleh tim Merah Putih.

Aji SantosoIndra SjafriRahmad DarmawanMalaysiaTimnas Indonesia U-23SEA Games 2021

Berita Terkini