x

Deretan Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia U-23 Bungkam Malaysia dan Raih Medali Perunggu SEA Games

Senin, 23 Mei 2022 03:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Deretan Fakta Menarik Pasca Timnas Indonesia U-23 Bungkam Malaysia dan Raih Medali Perunggu SEA Games. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

INDOSPORT.COM - Berikut deretan fakta menarik seusai Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Malaysia dan membawa pulang medali perunggu SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 baru saja meraih hasil positif saat bersua Malaysia di perebutan medali perunggu SEA Games 2021 pada Minggu (22/05/22) sore WIB.

Baca Juga

Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Shin Tae-yong secara mengejutkan memasang formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Ronaldo Kwateh dan Irfan Jauhari sebagai striker.

Skuat Garuda muda hanya tampil seadanya setelah ada beberapa pemain yang absen seperti Egy Maulana Vikri (cedera) dan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya serta Firza Andika (kartu merah).

Baca Juga

Meski begitu, permainan Timnas Indonesia U-23 justru terlihat baik dengan beberapa peluang berbahaya yang tercipta pada babak pertama.

Pasukan Shin Tae-yong akhirnya mampu pecah telur saat memasuki babak kedua. Tepatnya di menit ke-68, Ronaldo Kwateh mampu merobek jala gawang Malaysia.

Gol itu berawal dari Irfan Jauhari yang melakukan aksi dengan membawa bola hingga memasuki lini pertahanan Malaysia dan langsung memberikan umpan kepada Marselino Ferdinan.

Setelah itu, Marselino Ferdinan yang melihat Ronaldo Kwateh berlari ke arah kotak penalti tanpa pengawalan kemudian memberikan umpan manis.

Tanpa pikir panjang, Ronaldo Kwateh yang sedikit mendorong bola ke depan sukses melakukan sepakan terarah ke jala gawang Negeri Jiran.

Baca Juga

Akan tetapi, kemenangan Timnas Indonesia U-23 di depan mata sempat sirna setelah Malaysia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-80 lewat Muhammad Hadi Fayyadh.

Karena imbang skor imbang 1-1 bertahan hingga babak kedua selesai. Akhirnya laga harus dilanjutkan lewat drama adu penalti dan Timnas Indonesia U-23 sukses memenangkan laga dengan skor 4-3.

Setelah merebut medali perunggu SEA Games 2021, terdapat beberapa fakta menarik yang wajib kalian tahu. Apa saja itu?


1. Berikut Deretan Fakta Menarik Pasca Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia

Timnas Indonesia bertanding melawan Malaysia pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/05/22) sore WIB. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

- Raihan medali perunggu di SEA Games 2021 menjadi yang kelima sepanjang sejarah untuk Timnas Indonesia (sebelumnya mereka meraih medali perunggu pada edisi 1981, 1989, 1999, dan 2017).

- Shin Tae-yong mengikuti jejak Bernd Fischer, Anatoli Polosin, Bernhard Schumm, dan Luis Milla yang juga pernah mempersembahkan medali perunggu di SEA Games).

Baca Juga

- Medali perunggu SEA Games 2021 bersama Timnas Indonesia U-23 menjadi prestasi kedua yang dipersembahkan oleh Shin Tae-yong sejak dilantik pada Desember 2019 lalu. (sebelumnya, dirinya membawa skuat Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2020).

- Timnas Indonesia U-23 tercatat telah mencetak 12 gol dan kebobolan tujuh kali sepanjang ajang SEA Games 2021.

Baca Juga

- Kegagalan meraih medali perunggu di SEA Games 2021 menjadi yang ketiga kali untuk Malaysia (sebelumnya Negeri Jiran sempat gagal pada edisi 2013 dan 1965 silam).

Baca Juga

- Timnas Indonesia raih kemenangan pertama atas Malaysia di perebutan medali perunggu (sebelumnya selalu kalah di SEA Games 1985 dan 2005 silam).

- Ernando Ari Jadi pahlawan keberhasilan Timnas Indonesia raih medali perunggu setelah sukses menggagalkan dua tembakan penalti pemain Malaysia.


2. Hasil Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia

Timnas Indonesia bertanding melawan Malaysia pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

Timnas Malaysia U-23:

Muhammad Hadi Fayyadh (tidak gol)

Muhammad Hairiey Hakim (gol)

Luqman Hakim (tidak gol)

Harith Haiqal (gol)

Muhammad Mukhairi (gol).

Timnas Indonesia U-23:

Asnawi Mangkualam (tidak gol)

Muhammad Ridwan (gol)

Marselino Ferdinan (gol)

Saddil Ramdani (gol)

Marc Klok (gol).

SEA GamesMalaysiaTimnas IndonesiaErnando Ari SutaryadiShin Tae-yongRonaldo Kwateh

Berita Terkini